Universitas Potensi Utama Masih Berhak Memegang Sertifikat ISO 9001:2008

Mempertahankan komitmen terhadap ISO 9001:2008 tidak semudah membalikkan telapak tangan, berbagai usaha dan kerja keras telah dilakukan oleh seluruh Manajemen di Universitas Potensi Utama. Semangat mereka tak pernah berhenti hingga detik ini. Setelah berhasil memperoleh sertifikat ISO 9001:2008 untuk Implementasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) dari TUVRheinland-Germany pada tanggal 10 Februari 2009, maka seluruh manajemen selalu mendokumentasikan hasil kerja sesuai dengan klausul-klausul (aturan) yang berlaku pada ISO 9001:2008.

TUVRheinland merupakan salah satu Badan Sertifikasi Internasional yang mempunyai kewenangan mengeluarkan sertifikat bagi institusi yang telah berkomitmen untuk mengimplementasikan klausul-klausul ISO (International Organization for Standarization). Selain mempunyai kewenangan untuk mengeluarkan sertifikat ISO, TUVRheinland juga mempunyai kewenangan untuk memastikan apakah seluruh klausul ISO tersebut tetap diimplementasikan dalam pelaksanaan prosedur kerja setiap harinya di institusi yang telah disertifikasi. Untuk itu TUVRheinland melakukan kegiatan Survaillance Audit (pemeriksaan) setiap 6 bulan atau 1 tahun sekali.

Universitas Potensi Utama merupakan Perguruan Tinggi yang telah disertifikasi ISO 9001:2008 dan pada tanggal 8 Agustus 2009 kembali dikunjungi oleh Tim Auditor dari TUVRheinland dalam rangka Survaillance Audit yang pertama. Tim Survaillance Audit dari TUVRheinland dipimpin langsung oleh Bapak M. Yasier Muda Hasibuan sebagai Lead Auditor dan Ibu Nyimas Yanqoritha sebagai Expert Auditor.

Acara ini dibuka oleh Bapak Bob Subhan Riza, ST yang merupakan Ketua Gugus Kendali Mutu (GKM) Universitas Potensi Utama dan dihadiri oleh seluruh manajemen serta Tim Auditor. Sambutan dilanjutkan oleh M. Yasier Muda Hasibuan yang menjelaskan proses Survaillance Audit untuk melihat komitmen Universitas Potensi Utama dalam implementasi ISO 9001:2008 yang ditunjukkan melalui Kontrol Dokumen, Persyaratan Pelanggan (mahasiswa, alumni, orang tua mahasiswa, dosen, perusahaan), Prosedur Mutu dan Instruksi Kerja.

Dalam audit ini kami akan memastikan, apakah Universitas Potensi Utama yang sudah di sertifikasi ISO 9001:2008 masih berkomitmen terhadap klausul-klausul yang ada. Untuk itu, dalam Survaillance Audit ini jika terdapat temuan-temuan, maka digolongkan menjadi tiga, yaitu : temuan observasi yang hanya berupa saran-saran saja dan tidak membahayakan apapun, temuan minor yang bisa membahayakan proses selanjutnya dan yang terakhir temuan mayor yakni kesalahan besar yang menyimpang dari aturan atau klausul. ," ungkap Bapak Yasier Muda Hasibuan".

Pada Survaillance Audit ini bagian kerja yang diperiksa oleh Tim Auditor seperti : Rektor Universitas (Top Management), Ketua GKM (Management Representative), Puket 1 (Kurikulum dan Program Studi), Puket 2 (SDM, Teknisi dan Lab), Puket 3 (Kemahasiswaan dan Humas). Sedangkan bagian kerja yang lain seperti : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), Perpustakaan, Pembelian, Perawatan, Supplier, Kebersihan, Keamanan akan di Survaillance Audit 6 bulan berikutnya.

Setelah diaudit oleh Tim Auditor, terdapat empat temuan minor yang ada di Universitas Potensi utama yang harus segera di perbaiki. Temuan minor tersebut terkait pada aktifitas Program Studi. Untuk temuan observasi ada sembilan yang terdapat pada masing-masing bagian kerja. Observasi yang terjadi merupakan saran yang diberikan oleh Auditor untuk improvement kegiatan Sistem Manajemen Mutu di Universitas Potensi Utama.

Meski terdapat temuan minor dan beberapa temuan observasi, namun Universitas Potensi Utama yang terletak di Jl. K.L. Yos Sudarso Km 6,5 No. 3-A Medan, dinyatakan masih memegang teguh komitmen ISO 9001:2008 dan masih berhak memegang sertifikat ISO 9001:2008. Dikatakan oleh M. Yasier Muda Hasibuan, bahwa semua temuan dan obeservasi itu tidak perlu dikhawatirkan karena akan memacu mereka (Universitas Potensi Utama) dalam meningkatkan pelayanan yang lebih baik. Lebih lanjut ia mengatakan bahwa Universitas Potensi Utama sudah bagus pada Survaillance Audit ini, diharapkan untuk Survaillance Audit 6 bulan berikutnya harus mampu mempertahankan komitmen implementasi ISO 9001:2008.

Leave us a Comment