Sistem Informasi

Profil Program Studi Sistem Informasi

 

Kata Sambutan Ketua Program Studi Sistem Informasi

 

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarakatuh

Salam Sejahtera untuk kita semua,

Masayoe Elhias M.KomSelamat datang di situs resmi Universitas Potensi Utama di Program Studi Sistem Informasi Universitas Potensi Utama atau Prodi SI. Prodi SI Universitas Potensi Utama mulai berdiri sejak tahun 2003. Hingga saat ini telah memiliki berbagai prestasi dan perkembangan. Salah satunya adalah prestasi Prodi SI yang mendapatkan akreditasi B dari BAN PT. Akreditasi ini merupakan hal yang penting bagi setiap Program Studi, untuk memberikan jaminan bahwa Program Studi yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT, sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggaraan Program Studi yang tidak memenuhi standar. Mendorong Program Studi/Perguruan Tinggi untuk terus menerus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi. Mutu Program Studi sarjana merupakan totalitas keadaan dan karakteristik masukan, proses dan produk atau layanan Program Studi sarjana yang diukur dari sejumlah standar sebagai tolak ukur penilaian untuk menentukan dan mencerminkan mutu institusi Perguruan Tinggi. Selain itu Program Studi Sistem Informasi berupaya juga dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh Mahasiswa/i Sistem Informasi. Serta meningkatkan sarana dan prasarana dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan mutu dan suasana belajar yang kondusif.

         Semoga dengan adanya website ini diharapkan dapat memberikan informasi yang Anda butuhkan tentang Program Studi Sistem Informasi Universitas Potensi Utama. Segala kritik maupun saran demi kemajuan Program Studi Sistem Informasi Universitas Potensi Utama dapat Anda sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarakatuh

Ketua Program Studi Sistem Informasi

Universitas Potensi Utama

 

  ttd

 (Mas Ayoe Elhias Nst, M.Kom)

 

Program Studi Sistem Informasi

 

            Program studi Sistem Informasi Universitas Potensi Utama secara resmi berdiri pada tanggal 9 Juli 2003, dengan keluarnya SK pendirian dari Menteri Pendidikan Nasional No. 103/D/02/2003. Penyelenggaraan kuliah pertama program studi Sistem Informasi Universitas Potensi Utama pada bulan oktober 2003. Kemudian SK pendirian ini sudah diperpanjang kembali dan sudah terakreditasi oleh BAN-PT dengan peringkat B.

Visi

Pada tahun 2020 menjadi Program Studi Informasi khususnya dalam bidang Sistem Informasi Korporasi dan Sistem Informasi Grafis yang unggul ditingkat Sumatera dan mampu berperan serta di tingkat Nasional.

               Misi

  1. Melaksanakan pendidikan yang berkualitas dalam bidang Sistem Informasi khususnya dalam bidang Sistem Informasi Korporasi dan Sistem Informasi Grafis yang sesuai dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
  2. Melaksanakan penelitian dalam bidang Sistem Informasi yang dapat dipublikasikan pada tingkat Nasional.
  3. Melaksanakan kegiatan dan layanan yang bermanfaat bagi masyarakat dalam bidang Sistem Informasi.

           Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang unggul, profesional dan bermental wirausaha dalam bidang Sistem Informasi khususnya dalam bidang Korporasi dan Sistem Informasi Grafis.
  2. Menghasilkan lulusan yang mempunyai landasan teori keilmuan yang kuat dan kemampuan praktis yang tinggi dalam bidang Sistem Informasi khususnya dalam bidang bidang Korporasi dan Sistem Informasi Grafis.
  3. Menghasilkan karya ilmiah dan hasil penelitian lainnya dalam bidang Sistem Informasi yang dipublikasikan pada tingkat Nasional.
  4. Terjalinnya kerjasama dengan masyarakat, industri, pemerintah dan stakeholder lainnya pada tingkat Nasional.

 

Sekilas Tentang Sistem Informasi

            Sistem Informasi merupakan disiplin ilmu bagian dari ilmu komputer, Bidang ini merupakan bidang khusus untuk mengumpulkan data dan memprosesnya menjadi informasi yang berguna bagi organisasi dengan menggunakan prinsip sistem. Perancangan sistem informasi merupakan pengembangan sistem baru dari sistem lama yang ada, dimana masalah-masalah yang terjadi pada sistem lama diharapkan sudah teratasi pada sistem yang baru.

 

Bidang Peminatan Sistem Informasi


1. Komputerisasi Akuntansi

          Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah sebuah sistem informasi yang menangani segala sesuatu yang berkenaan dengan Akuntansi. Akuntansi sendiri sebenarnya adalah sebuah sistem informasi. Fungsi penting yang dibentuk SIA pada sebuah organisasi antara lain :

  • Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.
  • Memproses data menjadi informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
  • Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.

Subsistem SIA memproses berbagai transaksi keuangan dan transaksi nonkeuangan yang secara langsung mempengaruhi pemrosesan transaksi keuangan.

 

2. Sistem Informasi Grafis

We bring information to life” (menjadikan tampilan sebuah informasi lebih hidup dan interaktif) adalah motto dari Bidang Peminatan Sistem Informasi Grafis. Dengan Aplikasi Grafis yang merupakan hasil kombinasi dari fitur-fitur teks, suara, gambar dan animasi yang disajikan dengan interaktif. Kompetensi dalam bidang Sistem Informasi Geografis (SIG) menekankan pada kemampuan lulusan dalam perancangan dan pembuatan sistem Informasi Geografis. SIG adalah sistem informasi yang mengelola data spasial dan memiliki kemampuan membangun, menyimpan, mengelola, dan menampilkan informasi berbasis geografis. Teknologi SIG belakangan ini banyak digunakan untuk melakukan investigasi ilmiah, pengelolaan sumber daya alam, perencanaan pembangunan dan wilayah, penanganan bencana, kartografi, dan perencanaan jalan.

 

Lulusan bidang kompetensi Sistem Informasi Geografis dapat berprofesi sebagai peneliti, pengajar, tenaga ahli dalam pemetaan berbasis geografis dan berprofesi sebagai konsultan bidang sistem informasi data spasial. Lulusan bidang kompetensi ini berpeluang untuk bekerja pada Badan Perencanaan Daerah (Bappeda), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Kementerian Kehutanan, Badan Pertanahan Nasional (BPN), perusahaan pertambangan dan energi, dan perusahaan-perusahaan swasta lain yang bergerak dalam bidang pemetaan dan sistem informasi data spasial. Bidang peminatan ini akan membekali mahasiswa keahlian dan keterampilan dalam merancang dan membuat sistem informasi dengan gambar-gambar, suara, animasi dan aplikasi internet.

 

3. Sistem Bisnis Cerdas

Apa itu Sistem Bisnis Cerdas?

Kecerdasan? Sulit didefenisikan, namun berkaitan dengan :

  1. Penalaran (Reasoning)
  2. Pembelajaran (learning)
  3. Kemampuan Adaptasi (Adaptivity)

       Sistem Bisnis Cerdas didefinisikan sebagai kecerdasan yang ditunjukkan oleh suatu entitas buatan didalam sistem informasi. Sistem seperti ini umumnya dianggap komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan dalam sistem Bisnis Cerdas adalah Sistem Pakar, Data Mining dan Knowledge Management System.

 

Kompetensi

  1. Memiliki dasar keilmuan dalam bidang Sistem Informasi.
  2. Dapat menyelesaikan permasalahan dengan bantuan Sistem informasi.
  3. Dapat memodelkan persoalan dan solusinya dalam bidang Sistem Informasi.
  4. Memiliki kemampuan untuk menganalisis, merancang dan membangun perangkat lunak (software).
  5. Memiliki dasar teori yang kuat dan mampu membangun aplikasi-aplikasi dalam Komputerisasi Akuntansi.
  6. Memiliki dasar teori yang kuat dan mampu membangun aplikasi-aplikasi dalam bidang Sistem Informasi Grafis.
  7. Memiliki dasar teori yang kuat dan mampu membangun aplikasi-aplikasi dalam bidang Sistem Bisnis Cerdas.
  8. Menguasai berbagai tools (kakas) Pemrograman, kakas Basis Data, kakas Komputerisasi Akuntansi, kakas Sistem Informasi Grafis, dan kakas Sistem Bisnis Cerdas.
  9. Memiliki kepekaan dan mampu beradaptasi terhadap perkembangan Teknologi Sistem Informasi.
  10. Mampu menuliskan hasil-hasil karya dalam sebuah tulisan ilmiah.
  11. Memiliki sikap profesional dalam bekerja.

 

Karir Bidang Sistem Informasi

  1. Infrastructure Engineering
  2. Software Engineering
  3. Website Developer
  4. Sistem Informasi
  5. E-Business Specialist
  6. System Analis
  7. Analisis Databases

 

Leave us a Comment