Teknik Informatika

Profil Program Studi Teknik Informatika

 

Kata Sambutan Ketua Program Studi Teknik Informatika

 

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarakatuh

 Salam Sejahtera untuk kita semua,

 

Budi_Triandi_M.KomSelamat datang di situs resmi Universitas Potensi Utama Program Studi Teknik Informatika atau Prodi TI. Prodi TI Universitas Potensi Utama mulai berdiri sejak tahun 2003. Hingga saat ini telah memiliki berbagai prestasi dan perkembangan. Salah satunya adalah prestasi Prodi TI yang mendapatkan akreditasi B dari BAN PT. Prestasi ini tidak terlepas dari keseriusan berbagai kalangan di Universitas Potensi Utama terutama di Prodi TI untuk memberikan yang terbaik dalam melayani mahasiswa, baik dalam bidang pengembangan akademik maupun perngembangan bidang pendidikan. Dengan dukungan dosen-dosen yang berkualitas baik dari dalam maupun luar negeri, kami optimis bisa terus berkarya untuk mempertahankan dan semakin mengembangkan Prodi TI ke arah yang lebih baik. Berbagai upaya kerjasama dengan pihak-pihak yang berkaitan dengan Prodi TI baik dari pihak pemerintah maupun non pemerintah semakin berkembang.

Selain itu, kami juga terus mengupayakan peningkatan sarana dan prasana pembelajaran yang membuat mahasiswa merasa nyaman di kampus untuk terus mengembangkan potensi mereka. Apalagi fasilitas yang disediakan oleh Universitas Potensi Utama juga sudah cukup memadai. Sejauh ini, seperti Sistem Informasi Akademik, e-Library, e-Learning, e-Journal dan akses internet secara gratis didalam lingkungan kampus Universitas Potensi Utama. Prodi TI telah mempunyai fasilitas Laboratorium yang menjadi sentral kegiatan dan pengembangan kualitas akademik dosen dan mahasiswa khususnya dibidang IT. Berbagai kegiatan pun dilakukan dengan sarana akses informasi perpustakaan dan internet yang sangat cepat. Berbagai karya tulis dalam bentuk buku dan jurnal.

Selain itu, kami juga terus mengembangkan jaringan alumni. Mereka yang sudah tersebar dan bekerja di berbagai lembaga memperkuat jejaring yang selama ini telah dibangun oleh Program studi. Harapan kami mahasiswa yang tercatat aktif sedang menempah ilmu akan mendapatkan manfaat dan pelayanan optimal untuk mempersiapkan masa depan mereka sebagai generasi penerus kemajuan masa depan bangsa.

Semoga situs ini dapat memberikan informasi yang Anda butuhkan tentang Program Studi Teknik Informatika Universitas Potensi Utama. Segala kritik maupun saran demi kemajuan Program Studi Teknik Informatika Universitas Potensi Utama dapat Anda sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarakatuh

 

Ketua Program Studi Teknik Informatika

Universitas Potensi Utama

 

 ttd

 

 (Budi Triandi, M.Kom)

 

Program Studi Teknik Informatika

       Program Studi Teknik Informatika Universitas Potensi Utama secara resmi berdiri pada tanggal 9 Juli 2003, dengan keluarnya SK Pendirian dari Menteri Pendidikan Nasional No. 103/D/02/2003. Penyelenggaraan Kuliah Pertama Program Studi Teknik Informatika  Universitas Potensi Utama pada bulan Oktober 2003 dan saat ini telah Terakreditasi oleh BAN-PT dengan Peringkat B.

 

Visi

Pada Tahun 2020 Menjadi program studi Teknik Informatika khususnya dalam bidang Komputasi Cerdas, Komputasi Nirkabel, dan Keamanan komputer yang unggul di tingkat Sumatera dan mampu berperan serta ditingkat Nasional.

 

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan yang berkualitas dalam bidang Teknik Informatika khususnya dalam bidang Komputasi Cerdas, Komputasi Nirkabel, dan Keamanan komputer yang sesuai dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
  2. Melaksanakan penelitian dalam bidang Teknik Informatika yang dapat dipublikasikan pada tingkat Nasional.
  3. Melaksanakan kegiatan dan layanan yang bermanfaat bagi masyarakat dalam bidang Teknik Informatika.

 

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang unggul, profesional dan bermental wirausaha dalam bidang Teknik Informatika khususnya dalam bidang Komputasi Cerdas, Komputasi Nirkabel, dan Keamanan komputer.
  2. Menghasilkan lulusan yang mempunyai landasan teori keilmuan yang kuat dan kemampuan praktis yang tinggi dalam bidang Teknik Informatika khususnya dalam bidang Komputasi Cerdas, Komputasi Nirkabel, dan Keamanan komputer.
  3. Menghasilkan karya ilmiah dan hasil penelitian lainnya dalam bidang Teknik Informatika yang dipublikasikan pada tingkat Nasional.
  4. Terjalinnya kerjasama dengan masyarakat, industri, pemerintah dan stakeholder lainnya pada tingkat Nasional.
 

Sekilas Tentang Teknik Informatika

Teknik Informatika merupakan disiplin ilmu bagian dari Ilmu Komputer, yang pada dasarnya merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik khusus menangani masalah transformasi atau pengolahan fakta-fakta simbolik (data) dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi komputer. Transformasi itu berupa proses-proses logika dan sistematika untuk mendapatkan solusi dalam menyelesaikan berbagai masalah, sehingga dengan memilih Program Studi Teknik Informatika, lulusan menjadi terlatih berpikir secara logis dan sistematis untuk dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan pekerjaan apapun. Seiring dengan perkembangan teknologi komputer yang sangat cepat, maka program pendidikan pada Program Studi Teknik Informatika diarahkan mampu menguasai ilmu dan keterampilan rekayasa informatika yang berlandaskan pada kemampuan untuk memahami, menganalisis, menilai, menerapkan, serta menciptakan piranti lunak (software) dalam hal pengolahan data dengan komputer. Di samping itu, lulusan diharapkan memiliki kemampuan untuk merencanakan suatu jaringan dan sistem komputer, serta menguasai dasar-dasar Ilmu dan Teknologi Informasi sebagai landasan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dimasa yang akan datang.

 

Bidang Peminatan Teknik Informatika

1.  Kecerdasan Buatan     

     Kecerdasan Buatan atau Intelegensi Artifisial (Artificial Intelligence atau hanya disingkat AI) yaitu merupakan kecerdasan entitas ilmiah. Sistem seperti ini pada umumnya dianggap bagian dari perkembangan teknologi komputer. Kecerdasan diciptakan dan dimasukkan ke dalam suatu mesin (komputer) agar dapat melakukan pekerjaan seperti yang dapat dilakukan manusia. Beberapa macam bidang yang menggunakan kecerdasan buatan antara lain sistem pakar, permainan komputer (games), logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan dan robotika.

 

2. Multimedia

       Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar,animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga dapat menghasilkan sebuah sistem yang dapat mengendalikan (navigation), berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika, Multimedia juga digunakan dalam bidang permainan komputer (games), dan juga untuk memmbuat website. Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran dan pelatihan dalam sistem e-learning, baik dalam kelas maupun secara personal atau otodidak. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi/iklan.

 

3. Jaringan Komputer dan Sistem Terdistribusi

     Jaringan Komputer (Network) adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi data dan informasi, berkomunikasi dan dapat mengakses informasi. Sistem terdistibusi merupakan sebuah sistem dimana komponennya berada pada jaringan komputer. Komponen tersebut saling berkomunikasi & melakukan koordinasi hanya dengan pengiriman pesan (message passing). Sistem ini melibatkan lebih dari satu komputer dalam suatu infrastruktur jaringan baik local, internet bahkan wireless. Beberapa macam bidang menggunakan Jaringan Komputer dan Sistem Terdistribusi aplikasi mobile untuk bisnis, analisis dan perancangan jaringan pemrograman web lanjut, sistem layanan berbasis lokasi, infrastruktur layanan mobile, teknologi nirkabel dan aplikasi smartphone.

 

Kompetensi

  1. Memiliki Dasar keilmuan dalam bidang Teknik Informatika.
  2. Dapat menyelesaiakn permasalahan dengan bantuan Teknologi Informasi.
  3. Dapat memodelkan persoalan dan solusinya dalam bidang Teknik Informatika
  4. Memiliki kemampuan untuk menganalisis, merancang dan membangun perangkat lunak (Software).
  5. Memiliki dasar teori yang kuat dan mampu membangun aplikasi-aplikasi dalam bidang Multimedia.
  6. Memiliki dasar teori yang kuat dan mampu membangun aplikasi-aplikasi dalam bidang Kecerdasan Buatan
  7. Memiliki dasar teori yang kuat dan mampu membangun aplikasi-aplikasi dalam bidang Jaringan Komputer dan Sistem Terdistribusi.
  8. Menguasai berbagai tools (kakas) Pemrograman, kakas Basis Data, kakas Multimedia, kakas Jaringan Komputer, dan kakas Kecerdasan Buatan.
  9. Memiliki kepekaan dan mampu beradaptasi terhadap perkembanganTeknologi Informasi dan Komunikasi.
  10. Mampu menuliskan hasil-hasil karya dalam sebuah tulisan ilmiah.
  11. Memiliki sikap profesional dalam bekerja.
  12. Mampu berkomunikasi dengan baik.
  13. Mampu bekerja sama dalam sebuah tim untuk menyelesaikan persoalan.
  14. Memiliki jiwa kewirausahaan terutama dalam bidang Teknik Informatika.
  15. Memiliki penguasaan Bahasa Inggris yang baik.
  16. Memiliki kemampuan berorganisasi yang baik.
  17. Memiliki kemampuan dalam bidang Olah Raga.
  18. Memiliki kemampuan dalam mengembangkan bakat dibidang Seni.

 

Karir Bidang Informatika

  1. Software Engineer/Developer
  2. System Analyst/Developer
  3. Web Engineer/Developer
  4. Computer Network Specialist
  5. Database Specialist
  6. IT Manager
  7. IT Support/Consultan
  8. Guru/Dosen/Trainer IT
  9. ERP Consultant
  10. IT Help Desk
  11. Project Manager
  12. Computer Operator
  13. Web Chief Editor
  14. Web Administrator
  15. Manager Web Content
  16. Unix Administration Manager
  17. Director Software
  18. Java Developer
  19. Network Administrator
  20. System Architect
  21. Network Administrator
  22. Web Designer &  Graphic Designer
  23. Junior Programer

 

 

Leave us a Comment