STMIK Potensi Utama Juara I Lagi Kontes Robot Regional

Robot STMIK Potensi Utama Mendapat juara pertama dalam devisi Kontes Robot Indonesia (KRI) Dengan Robot ciptaan mereka ANTS P-U. Terlihat dalam gambar mahasiswa foto bersama usai mengikuti Kontes Robot tingkat Regional 1 Sumatera (2010) yang diselenggarakan di GOR Depati Bahrein, Pangkal Pinang (Bangka Belitung) belum lama ini.

Club Robotik STMIK Potensi Utama kembali menjuarai kontes robot tingkat Regional I Sumatera 2010 yang diselenggarakan di GOR Depati Bahrein, Pangkal Pinang (Bangka Belitung) pada 30 April hingga 1 Mei 2010 kemarin, setelah sebelumnya meraih juara umum Growth Center Line Following Robot Competition II 2009.

Mereka kembali mengukir prestasi yang gemilang mendapat juara pertama dalam divisi Kontes Robot Indonesia (KRI) dengan robot ciptaan mereka ANTS P-U dan juara II untuk divisi berkaki LASKAR P-U, sementara empat ciptaan lainnya belum mendapat nomor yakni dalam kategori Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) divisi beroda 76G P-U, divisi Battle MeEd@BeE¬_PU09, Robot Seni Indonesia (KORINDO) 3A P-U. Berkat hasil kerja mereka itu, empat robot hasil ciptaan mahasiswa STMIK Potensi Utama ini ANTS P-U, LASKAR P-U, PU3-DELI, 3A P_U, akan mengikuti kompetisi robot tingkat Nasional pada tanggal 19-20 Juni 2010 mendatang.

Koordinator Club Robotik Teknik Potensi Utama, Iwan Fitrianto R, M.Kom didampingi Kabag Humas Asbon Hendra menjelaskan, ajang ini merupakan kali ketiganya dengan 6 divisi yang diikuti STMIK Potensi Utama berpartisipasi dalam mendapatkan perkembangan yang sangat baik serta prestasi meningkat.

"Dalam Konteks ini 2 divisi robot yang meraih juara dalam kompetisi regional 1, yakni Kontes Robot Indonesia (KRI) dengan nama tim ANTS P-U terdiri dari 4 robot kategori Membangun Candi Prambanan menggunakan balok dan rapi dalam waktu maksimal 3 menit dan meraih 19 point. Sedangkan, Kontes Robot Cerdas Indonesia divisi Berkaki (KRCI) dengan nama tim LASKAR P-U, berhasil memadamkam api menggunakan blower dengan waktu secepat 36 detik," Kata Iwan di Kampus STMIK Potensi Utama Jl. Yos Sudarso km. 6,5 Medan.

Ditambahkan Iwan, Keberhasilan ini diawali 3 tahun yang lalu mahasiswa kita yang mengikuti Kontes Robot Indonesia (KRI) 2008 mengirimkan robotnya bernama SILUMAN dan berhasil mendapatkan juara III untuk Best Design tingkat Regional 1 Sumatera di Poltek Caltex, Riau. Kemudian pada tahun yang sama juga mengirimkan D-BATAX dan berhasil meraih juara I yang diselenggarakan Kopertis Wil. I Sumut – NAD.

Selanjutnya tahun 2009 Mengirimkan Robotnya untuk divisi KRI dengan nama CLIMB P-U, divisi Beroda dengan nama SAVIOUR, divisi Berkaki dengan nama LASKAR P-U, DIVISI Expert Singe dengan nama DRIMTHRU pada divisi Expert Singe mendapat juara 1Tingkat Regional 1 Sumatera yang diadakan di Poltek Caltex Riau – Pekan Baru dan kemudian meraih juara Umum Growth Centre Line Following Robot Competition II 2009.

Menurut Iwan, trial eror yang selalu dilakukan dalam proses pembuatan robotic yang bisa mencapai 3 bulan lebih itu sangat sesuai dengan prestasi ini. Karena diwilayah Regional saja banyak pesaing-pesaing yang cukup tangguh untuk dikalahkan, apalagi untuk tingkat nasional. Hal ini semakin menambah mahasiswa bersemangat dan terpacu untuk memperlihatkan kemampuan.

Disinggung tentang teknik pembuatan Iwan menambahkan, Pemrogtraman/pembuatan Robot ini menggunakan C++(C-Compiler), di Vice yakni menganalisa AVR Controler, yang bahannya terbuat dari Aluminium, akrilik, motor DC, sensor jarak dll. "Untuk biaya pembuatan robot ini mencapa Rp100 juta lebih, yang masing-masing divisi seperti ANTS P-U yang terdiri dari 4 unit memakan biaya Rp. 60 Juta, dimana masing-masing robot tidak lebih dari 50 kg,"terang iwan lagi.

Begitupun, meski biaya yang dikeluarkan yayasan cukup besar Alhamdulillah tidaklah sia-sia, ternyata mahasiswa yang tergabung dalam club robotik mampu meraih juara dengan hasil yang memuaskan dan kini tengah mempersiapkan diri untuk kompetisi tingkat nasional juni mendatang. "kita harapkan mereka dapat mengukir prestasi ditingkat nasional dan membawa harum nama Sumatera Utara," Cetus Iwan.

Sementara Kabag Humas STMIK Potensi Utama Asbon Hendra ketika dimintai tanggapannya menjelaskan, dari tahun ke tahun potensi mahasiswa STMIK Potensi Utama yang berhasil menciptakan robot semakin bertambah." Hal ini tidak terlepas dari pembinaan yang kita lakukan dalam UKM Robotik sejak 2007 lalu. Pihak yayasan selalu mensuport setiap mahasiswa yang ingin melakukan uji coba dan pembuatan robot," katanya.

Leave us a Comment