STMIK Potensi Utama Juara Kompetisi Roket

Mahasiswa STMIK Potensi Utama meraih juara "The Best Design" dalam Kompetisi Roket Indonesia yang digelar Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) bekerjasama dengan Ditjen Dikti akhir bulan Juni di Pantai Pandansimo, Srandakan, Bantul.

"Ini pertama kali mengikuti dan bisa menjuarai untuk kategori best design dan mampu mengalahkan beberapa kontestan lain yang sudah tiga tahun mengikuti kontes ini. Cukup puas kali ini masih bisa berprestasi dan target tahun depan bisa menjuarai kontes roket nasional," ujar seorang pembimbing Tim Roket, Iwan Fitrianto R M.Kom, kepada MedanBisnis dikampus II STMIK Potensi Utama, Jum'at(2/7).

Disebutkan beberapa kriteria penilaian yang ditetapkan panitia (LAPAN) antara lain untuk uji fungsionalitas yang berupa uji tekanan, uji vibrasi dan uji self run, yang apabila memenuhi dapat melanjutkan ketahapan selanjutnya dihari kedua yaitu uji peluncuran hingga diakhiri dengan uji presentasi.

Menurutnya, club roket yang ada ini baru setahun belakangan terbentuk aktif dan saat ini masih tergabung dalam club robotik di STMIK Potensi Utama. "Jadi diwaktu awal tim roket masih mengalami hambatan dan gangguan dalam hal telementri atau pengiriman data jarak jauh yang menggunakan frekuensi radio, sempat terjadi beberapa kegagalan namun akhirnya dengan tekad yang kuat mendapatkan solusi sehingga tim roket siap untuk berangkat Bertanding dan berhasil," ujarnya.

Tim roket 3 A P_U, kata dia terdiri dari tiga mahasiswa yang menjadi tim inti adalah Hadi Ismanto mahasiswa semester 8, Oji Andriono dan Adi Romansyah, keduanya duduk di semester 4 dan jurusan Teknik Informatika. Dan ini merupakan salah satu tim andalan STMIK Potensi Utama dan terus meraih prestasi.

Ketua Humas STMIK Potensi Utama, Asbon Hendra menjelaskan sesuai misi ditahun 2010 "Menuju Prestasi" banyak prestasi yang sudah diraih baik untuk kontes robot, kontes roket, olahraga panjat dinding dan lintas salam.

"Saat ini memang semakin banyak mahasiswa STMIK Potensi Utama yang menunjukkan potensi besar mahasiswa yang bisa dikembangkan dan pihak kampus dan yayasan jelas mendukung penuh demi prestasi yang akan diraih," tegasnya.

Leave us a Comment