Universitas Potensi Utama Mendapatkan Program Beasiswa Bidikmisi dari Dikti

Beasiswa Bidik Misi1Beasiswa Bidikmisi adalah program bantuan biaya pendidikan yang diberikan Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mulai tahun 2010 kepada mahasiswa yang memiliki potensi akademik memadai dan kurang mampu secara ekonomi. Beasiswa Bidikmisi merupakan program 100 Hari Kerja Menteri Pendidikan Nasional yang dicanangkan pada tahun 2010. Perguruan Tinggi yang mendapat bantuan Bidikmisi yaitu perguruan tinggi di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Agama. Pada tahun 2011 mahasiswa baru penerima Bidikmisi bertambah menjadi 30.000 di 117 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta dengan adanya tambahan anggaran dari APBN - Perubahan. Pada tahun 2012  Bidikmisi dilanjutkan dikembangkan menjadi 30.000 calon mahasiswa penerima yang diselenggarakan di 87 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta dibawah Kemdikbud dan program Bidikmisi yang dikelola oleh Kementerian Agama.

Untuk Beasiswa Bidik Misi 2013 sendiri pemerintah berencana memberikan tambahan kuota untuk rekruitmen penerima sebanyak 60.000 siswa. Hal ini menjadi angin segar bagi siswa yang kurang mampu untuk dapat melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Indonesia. Beasiswa Bidik Misi 2013 sebagai salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia adalah dengan memberikan Beasiswa bagi siswa SMA/SMK/MA untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Beasiswa Bidik Misi diberikan oleh Dikti kepada siswa yang kurang mampu, namun memiliki prestasi yang baik di sekolah. Sesuai motto Dikti, menggapai asa memutus rantai kemiskinan. Program ini mempunyai misi untuk menghidupkan harapan bagi masyarakat kurang mampu dan memiliki potensi akademik memadai untuk dapat menempuh pendidikan sampai ke jenjang Pendidikan Tinggi.

Bantuan yang diberikan dalam program ini terdiri atas Bantuan biaya hidup yang diserahkan kepada mahasiswa sekurang-kurangnya sebesar Rp 600.000,- (enam ratus ribu rupiah) per bulan yang ditentukan berdasarkan Indeks Harga Kemahalan daerah lokasi PTN dan Bantuan biaya penyelenggaraan pendidikan yang dikelola PTN sebanyak-banyaknya Rp 2.400.000,- (dua juta empat ratus ribu rupiah) per semester per mahasiswa. Tahun 2012 , Universitas Potensi Utama - Medan mendapatkan kuota Beasiswa Bidikmisi sebanyak 6 orang untuk Program Studi Sistem Informasi yaitu Yunita Permatasari dari SMA Hang Tuah Medan, Agustia Murni dari SMKN 6 Medan, Dani Manesah dari SMA Tarbiyah Islamiyah, Muhammad Imam Nur dari SMKN 5 Medan, Nuzulia Ainun dari SMKS Yaspi Labuhan Deli, Rizky Wahyuni dari SMKN 3 Medan . Alhamdulillah Untuk Tahun 2013 ini kembali Universitas Potensi Utama - Medan mendapatkan Kuota Program Beasiswa Bidikmisi yaitu 4 orang untuk Program Studi Sistem Informasi (S1) dan 4 orang untuk Program Studi Manajemen Informatika (D3).

            Kembalinya Universitas Potensi Utama - Medan menerima Program Beasiswa Bidikmisi disebabkan karena Program Studi Sistem Informasi (S1) dan Program Studi Manajemen Informatika (D3) sudah Terakreditasi B sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh Dikti bahwasannya Program Studi yang berhak menerima Program Beasiswa Bidikmisi adalah Program Studi yang sudah Terakreditasi B. Untuk itu bagi siswa-siswi maupun masyarakat yang berminat mendapatkan Beasiswa Bidikmisi di Universitas Potensi Utama - Medan syaratnya harus melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi di Universitas Potensi Utama - Medan serta mendaftarkan diri ke Universitas Potensi Utama - Medan dengan Alamat Jl. K.L Yos Sudarso Km 6,5 No. 3A Tanjung Mulia Medan. Nanti akan diseleksi apakah berhak atau tidak menerima Beasiswa Bidikmisi tersebut.

Leave us a Comment