STMIK Potensi Utama Juara Kontes Robot Indonesia dan Kontes Robot Pemadam Api Indonesia Tahun 2013 Tingkat Regional 1

STMIK-Potensi-Utama-Juara-KRI-KRPAI-Tingkat-RegionalKerja keras Tim Robotik STMIK Potensi Utama dalam merakit Robot tidak sia-sia. Kembali Tim Robotik STMIK Potensi Utama melaju ke Tingkat Nasional Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) beroda tahun 2013 di Semarang Tanggal  13 – 16 Juni 2013 mendatang. Tim Robotik STMIK Potensi Utama yang akan bertanding tingkat Nasional nanti adalah tim SARAF–P-U untuk Kontes Robot Indonesia dan tim GAR_P-U untuk Kontes Robot Pemadam Api Indonesia Divisi Beroda . Tim SARAF– P-U dan GAR – PU saat Kontes Robot Indonesia Regional 1 tingkat Sumatera yang diadakan tanggal 18 – 19 April 2013 di Gelanggang Olahraga (GOR) Saburai, Bandar Lampung, berhasil meraih juara 2 dan 3.

Kontes tersebut diikuti 66 tim dari 27 perguruan tinggi seluruh Sumatera. Rinciannya 10 tim dalam kategori KRI (Kontes Robot Indonesia), 7 tim KRSBI (Kontes Robot Sepak Bola Indonesia), 6 tim KRSI (Kontes Robot Seni Indonesia), 24 tim KRPAI (Kontes Robot Pemadam Api Indonesia) Divisi Beroda dan 19 tim KRPAI (Kontes Robot Pemadam Api Indonesia) Divisi Berkaki. Koordinator PURC ( Potensi Utama Robotik Club ) STMIK Potensi Utama Iwan Fitrianto, M. Kom didampingi Kabag. Humas STMIK Potensi Utama Asbon Hendra, S. Kom menjelaskan, ajang Nasional ini sudah yang ke 5 kali diikuti oleh Tim Robotik STMIK Potensi Utama untuk Kontes Robot Indonesia dan yang ke 4 kalinya untuk Kontes Robot Pemadam Api Indonesia Divisi Beroda.

Ditambahkan, masing-masing Divisi sudah mempersiapkan diri kembali dengan matang karena ajang bergengsi tingkat Nasional ini dapat meningkatkan pengetahuan Mahasiswa STMIK Potensi Utama mengenai Teknologi Robotik. “ Trial Eror yang selalu dilakukan dalam proses pembuatan Robotik yang bisa menghabiskan waktu tiga bulan lebih itu sangat sesuai dengan prestasi yang akhirnya diraih. Sebab diwilayah Regional saja banyak pesaing-pesaing cukup tangguh untuk dikalahkan, apalagi untuk tingkat Nasional Mahasiswa akan semakin bersemangat dan terpacu untuk memperlihatkan kemampuan anak daerah bisa lebih baik ” tegas Iwan.

Iwan juga menjelaskan prestasi–prestasi yang pernah diraih Tim Robotik STMIK Potensi Utama yaitu tahun berawal dari Kontes Robot Indonesia 2008 maka Club Robotik STMIK Potensi Utama mengirimkan robot nya dengan nama “SILUMAN” dan berhasil mendapat juara III dan Best Design tingkat Regional I Sumatra di Poltek Caltex Riau- Pekanbaru selain itu juga pada tahun yang sama Kopertis Wil I SUMUT-NAD mengadakan kontes robot pengikut garis GROWTH CENTRE LINE FOLLOWING ROBOT COMPETITION 2008 dan Club Robotik STMIK Potensi Utama berhasil menjadi Pemenang Juara I dengan nama robotnya “D-BATAX”.

Pada tahun 2009 Club Robotik STMIK Potensi Utama mengirimkan robot nya untuk divisi KRI dengan nama CLIMB P-U, divisi beroda dengan nama SAVIOUR, divisi berkaki dengan nama LASKAR PU, divisi Expert Single dengan nama DRIM THRU, pada divisi Expert Single menjadi Juara I tingkat Regional I Sumatra yang diselenggarakan di Poltek Caltex Riau-Pekan Baru selain itu juga Kopertis Wilayah 1 SUMUT-NAD mengadakan kontes robot pengikut garis dan harus dapat memasukkan bola tenis ke penampung yang telah disediakan oleh GROWTH CENTRE LINE FOLLOWING ROBOT COMPETITION II 2009. Club Robotik STMIK Potensi Utama berhasil menjadi Juara umum Kompetisi Robot GROWTH CENTRE LINE FOLLOWING ROBOT COMPETITION II 2009 Memperebutkan Piala Kopertis Wilayah I SUMUT-NAD untuk Tingkat Perguruan Tinggi. Pada tanggal 30 April-1 Mei 2010 telah berlangsung kontes Robot tingkat Regional 1 di Pangkal Pinang tepatnya di GOR Depati Bahrein (Bangka Belitung), Tim Robot STMIK Potensi Utama untuk Kontes Robot Indonesia (KRI) meraih Juara 1 dengan nama Robotnya ANTS PU dan berhak untuk bertanding di Tingkat Nasional Tepatnya di kota Malang di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) pada tanggal 19 – 20 Juni 2010 sedangkan untuk Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) Tim Robot STMIK Potensi Utama Meraih Juara 2 dengan Nama Robotnya LASKAR PU. Tahun 2012 Juara 2 Kontes Robot Indonesia dan Kontes Robot Cerdas Indonesia Regional 1 Sumatera di Politeknik Negeri Batam, Juara 1 dan 2 Kontes Line Following Robot Competition dan juara 1 Robot Kreatif Universitas Sumatera Utara Serta Desain Terbaik Minangkabau Robot Contest, Politeknik Negeri Padang. Tahun 2012 juara Harapan Kontes Robot Indonesia, juara 2 Kontes Robot Cerdas Indonesia, Desain Terbaik Robot Cerdas Indonesia Divisi Beroda Regional 1 Sumatera di STMIK Potensi Utama serta Juara 1 dan 2 Dies Natalis Line Follower Contest Politeknik Negeri Medan.

       Sementara Kabag Humas STMIK Potensi Utama Asbon Hendra, S.Kom ketika dimintai tanggapannya menjelaskan , dari tahun ke tahun potensi dan prestasi Mahasiswa STMIK Potensi Utama yang berhasil menciptakan robot serta meraih juara dibidang robot semakin bertambah. “ Hal ini tidak terlepas dari Pembinaan yang di lakukan Oleh Pihak Yayasan Potensi Utama yang selalu mensupport setiap Mahasiswa yang ingin melakukan uji coba dan pembuatan Robot serta mengikuti Kompetisi Robot baik tingkat Regional maupun Nasional “.

Leave us a Comment