Universitas Potensi Utama Implementasikan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 – 2008

Foto IsoISO bermula dari IOS ( International Organization Standarization ), yaitu sebuah organisasi Internasional yang mengkhususkan diri dalam hal standarisasi. ISO didirikan pada tanggal 23 Februari 1947 di Geneva, Swiss. Terdapat beberapa jenis standarisasi yang telah dibentuk oleh organisasi ini yang mencakup berbagai hal.

Salah satu jenis Standarisasi ISO adalah ISO 9001 yang merupakan Standarisasi Sistem Manajemen Mutu dan merupakan persyaratan Sistem Manajemen yang paling populer didunia. ISO 9001 telah mengalami beberapa kali revisi dan revisi yang terbaru adalah ISO 9001 : 2008.

Salah satu ciri penerapan ISO 9001 : 2008 adalah diterapkannya pendekatan proses yang bertujuan untuk meningkatkan efektifitas Sistem Manajemen Mutu. Pendekatan ini mensyaratkan suatu Organisasi atau Perusahaan untuk melakukan Identifikasi, Penerapan, Pengelolaan dan Melakukan Peningkatan Berkesinambungan ( Continual Improvement ). Civitas Akademika Universitas Potensi Utama berkomitmen untuk mengimplementasikan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 – 2008 yang telah disertifikasi oleh Tim Survaillance Audit dari  TUV Rheinland sejak Februari 2009 hingga sekarang.

Hal ini dibuktikan dengan kembalinya Universitas Potensi Utama mendapatkan Sertifikat ISO 9001:2008 dari TUV Rheinland untuk Sistem Manajemen Mutunya dengan nomor ID : 9105051074 saat dilakukannya audit oleh tim Survaillance Audit dari TUV Rheinland yaitu bapak Andi Kautsar dan Bapak A. Manan Aruli yang dilaksanakan pada tanggal 06 Februari 2013 di Kampus Universitas Potensi Utama. Ini merupakan bagian usaha kerja keras seluruh Manajemen di Universitas Potensi Utama sehingga kembali mendapatkan sertifikat ISO 9001: 2008 dari TUV Rheinland. TUV Rheiland merupakan satu badan sertifikasi Internasional yang mempunyai kewenangan mengeluarkan sertifikat bagi Institusi yang telah berkomitmen untuk mengimplementasi klausul-klausul ISO ( International Organization for Standardization )

Kebijakan mutu yang diterapkan yakni berkomitmen menyelenggarakan Pendidikan , Penelitian dan Pengabdian Masyarakat serta menyediakan Sumber Daya yang berkualitas dalam Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi yang sesuai dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dengan melakukan perbaikan terus menerus dalam Sistem Manajemen. Selain Komitmen pada Penyusunan dan Implementasi ISO 9001 – 2008 , juga menetapkan kebijakan mutu Perguruan Tinggi serta menjalankannya, memastikan penetapan Sasaran Mutu yang dijalankan secara Konsisten, melakukan Tinjauan Manajemen secara berkala dan memastikan tersedianya Sumber Daya yang Berkualitas.

        Dengan Sertifikasi ISO 9001 – 2008 maka Universitas Potensi Utama berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi Mahasiswa, jika terjadi kesalahan harus diperbaiki sesuai standar pelayanan pendidikan yang berkualitas sehingga bermanfaat bagi Mahasiswa, Masyarakat dan Perusahaan. Manfaat Penerapan ISO 9001 – 2008 adalah meningkatkan kepercayaan pelanggan, jaminan kualitas produk dan proses, produktivitas Perusahaan dan Market Gain, meningkatkan motivasi, moral dan kinerja karyawan, sebagai alat Analisa Kompetitor Perusahaan, meningkatkan hubungan saling menguntungkan dengan pemasok, meningkatkan Cost Efeciency dan Keamanan Produk, meningkatkan Komunikasi Internal , meningkatkan Image Positif Perusahaan, Sistem Terdokumentasi serta sebagai Media untuk Pelatihan dan Pendidikan.

Leave us a Comment