Tim Robot Universitas Potensi Utama Siap Hadapi KRI Tingkat Nasional

TIM KRI-SARAF PU STMIK POTENSI UTAMA Nasional 2013Setelah sukses meraih prestasi gemilang di tingkat Regional 1 Sumatera, tim Potensi Utama Robotik Club (PURC) Medan akhirnya berhak tampil di Kontes Robot Indonesia (KRI) dan Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI) 2013.

Event bergengsi bagi mahaiswa yang memiliki bakat robotik itu akan dihelat di GOR Jatidiri Universitas Dian Nuswantoro, Semarang tanggal 6-9 Juni mendatang. Kini berbagai persiapan terus dilakukan tim PURC guna memenuhi target prestasi di ajang tersebut. Seperti diketahui, tim PURC Medan berhak tampil di tingkat Nasional setelah berprestasi di tingkat Pulau Sumatera, dimana tim PURC dengan nama robotnya SARAF_P-U berhasil menduduki tingkat ketiga untuk Divisi Kontes Robot Indonesia (KRI). Sedangkan untuk Divisi Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), tim PURC dengan nama robotnya GAR_P-U berhasil menduduki posisi kedua. Ditingkat Nasional tim Potensi Utama akan bersaing dengan robot-robot terpilih yang tampil juara pada Regional 1 hingga V.

“Kami merasa bangga karena tim PURC menjadi satu-satunya yang akan mewakili Provinsi Sumatera Utara di tingkat Nasional. Maka dari itu, tim terus dipersiapkan dengan matang hingga keberangkatan ke Semarang nanti,” ujar Kabag Humas Universitas Potensi Utama, Asbon Hendra S.Kom. Dikatakan, persiapan tim dilakukan mulai dari pembenaan hardware maupun software robot, hingga penerapan strategi dalam bertanding. “Tidak kalah penting adalah persiapan fisik dan mental personil tim”,tambahnya. “Tim robotic ini didukung sepenuhnya oleh Yayasan Universitas Potensi Utama untuk maju ke tingkat Nasional. Apalagi kegiatan robotik di kampus sangat sejalan dengan misi Universitas Potensi Utama dalam mengembangkan teknologi dan melatih mahasiswa untuk berorganisasi, bertalenta, dan bermental baja”, pungas Asbon.

Koordinator tim robotik PURC, Iwan Fitrianto Rahmad, M.Kom, mengatakan persiapan yang dilakukan sudah matang dan optimal. Bahkan persiapan telah dilakukan jauh-jauh hari dalam menyempurnakan kinerja robot dengan berbagai strategi dan manuver gerakan robot. “Dengan persiapan yang matang, kami optimis anak-anak akan tampil lebih baik lagi di tingkat Nasional nanti. Kami berharap bisa memenuhi target meraih prestasi membanggakan di tingkat Nasional”, ucapnya. Kesiapan juga disampaikan langsung personil tim PURC. Menurut Alan, salah satu personil tim, kali ini mereka mempersiapkan robot baru dan strategi baru untuk bertanding di tingkat Nasional. Robot baru dimaksud adalah robot manual dan otomatis yang diciptakan baru. “Robot baru ini ada sedikit perbedaan dengan yang lama. Kalau yang lama masih menggunakan konsep half rotation, sedangkan yang baru sudah full rotation. Artinya, robot dapat berputar 360 derajat baik base ataupun body, sehingga mempermudah peletakan objek yang dibawa robot untuk dimasukkan ke target”, jelasnya.

“Pengerjaan robot baru yang akan diperlombakan di tingkat Nasional ini sudah 100% untuk mekanik, 90% untuk elektronika, dan baru 70% untuk program. Ditargetnya sebelum berangkat ke Semarang semua persiapan sudah matang,” timpal marwan personil lainnya. Ditanya soal target di tingkat Nasional nanti, Alan dan Marwan mengaku tidak muluk-muluk. Menurut mereka, bisa membawa pulang piala untuk dipersembahkan bagi kampus tercinta itu sudah lebih dari cukup.

Leave us a Comment