Desain Komunikasi Visual

Profil Program Studi Desain Komunikasi Visual

Kata Sambutan Ketua Program Studi Desain Komunikasi Visual


Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarakatuh

Salam Sejahtera untuk kita semua,

Selamat datang di website resmi Universitas Potensi Utama Program Studi Desain Komunikasi Visual. Website ini dimaksudkan untuk memberikan informasi pada seluruh calon Mahasiswa dan Stakeholder  yang berkaitan dengan sejarah, perkembangan dan kegiatan yang dilakukan oleh Prodi Desain Komunikasi Visual termasuk Visi, Misi Tujuan serta sumber daya Prodi Desain Komunikasi Visual. Prodi Desain Komunikasi Visual Universitas Potensi Utama mulai berdiri pada tahun 2014.

Program Studi Desain Komunikasi Visual adalah program studi yang berlandaskan pada ilmu desain berbasis komunikasi visual dan estetika yang memanfaatkan serta memberdayakan elemen-elemen visual sebagai alat untuk mengefektifkan atau mengefesiensikan suatu pesan atau informasi yang akan dikomunikasikan agar pesan tersebut dapat mempengaruhi atau merubah perilaku seseorang sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Selain informatif, komunikatif dan persuasif tentu saja melalui pemahaman yang baik mengenai budaya Nusantara. Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan khususnya ilmu desain diharapkan mahasiswa bukan saja mampu membuat suatu karya tetapi juga dapat merujuk kepada riset ataupun penelitian.

Program Studi Desain Komunikasi Visual juga telah memiliki berbagai prestasi seperti mengadakan seminar-seminar, workshop, pameran karya dan lainnya. Prestasi ini tidak terlepas dari berbagai kalangan di Universitas Potensi Utama Khususnya Prodi Desain Komunikasi Visual. Selain itu, peluang pekerjaan dalam Desain Komunikasi Visual juga sangat menjanjikan karena media komunikasi baik cetak atau elektronik berkembang pesat dan akan selalu membutuhkan tenaga kreatif yang memahami desain komunikasi visual.

Akhir kata selamat mengakses berbagai informasi, semoga informasi yang didapatkan menjadi pertimbangan dalam menentukan pilihan yang tepat untuk menjadikan Prodi Desain Komunikasi Visual sebagai temapat meningkatkan Keterampilan dan Kreatifitas khususnya dalam ilmu desain. Selanjutnya kami mengharap segala kritik maupun saran demi kemajuan Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Potensi Utama dapat Anda sampaikan.

Semoga bermanfaat.

 

Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarakatuh

 

Ketua Program Studi Desain Komunikasi Visual

Universitas Potensi Utama

 

 ttd

 

 (Titin Setiawati, S.Kom)


Program Studi Desain Komunikasi Visual

Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Potensi Utama secara resmi berdiri pada tahun 2014, dengan keluarnya SK Pendirian dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 424/E/O/2014. Penyelenggaraan Kuliah Pertama Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Potensi Utama pada bulan September 2015 dan saat ini telah Terakreditasi oleh BAN-PT.

 

Visi

Pada Tahun 2020 Menjadi program studi Desain Komunikasi Visual yang unggul di tingkat Sumatera dan mampu berperan serta di tingkat Nasional.

 

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan yang berkualitas dalam bidang Desain Komunikasi Visual yang sesuai dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
  2. Melaksanakan penelitian dalam bidang Desain Komunikasi Visual yang dapat dipublikasikan pada tingkat Nasional.
  3. Melaksanakan kegiatan dan layanan yang bermanfaat bagi masyarakat dalam bidang Desain Komunikasi Visual.

 

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang unggul, profesional dan bermental wirausaha dalam bidang Desain Komunikasi Visual.
  2. Menghasilkan lulusan yang mempunyai landasan teori keilmuan yang kuat dan kemampuan praktis yang tinggi dalam bidang Desain Komunikasi Visual.
  3. Menghasilkan karya ilmiah dan hasil penelitian lainnya dalam bidang Desain Komunikasi Visual yang dipublikasikan pada tingkat Nasional.
  4. Terjalinnya kerjasama dengan masyarakat, industri, pemerintah dan stakeholder lainnya pada tingkat Nasional.


Sekilas Tentang Desain Komunikasi Visual

Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa untuk menyampaikan pesan untuk tujuan tertentu (tujuan informasi ataupun tujuan persuasi yaitu mempengaruhi perilaku). Desain Komunikasi Visual (DKV) merupakan seni berkomunikasi dengan menggunakan bahasa rupa untuk menyampaikan suatu pesan dan disampaikan melalui media yang bertujuan menginformasikan, mempersuasi, mempengaruhi hingga merubah perilaku sasaran sesuai dengan yang diinginkan. Desain Komunikasi Visual (DKV) ini bisa dibilang bagian dari Seni Rupa Modern dan bukan merupakan bagian Seni Rupa Murni diantaranya Modelling, Iklan, Ilustrasi. DKV dapat dikatakan merupakan ilmu yang mempelajari konsep komunikasi untuk menyampaikan pesan/gagasan secara visual melalui media dengan berlandaskan kreatifitas.

 

Kompetensi

  1. Mampu menganalisis, merencanakan, dan merancang suatu karya Desain Komunikasi Visual yang dapat mengkomunikasikan pesan secara efektif, estetis dan strategis melalui cara yang kreatif, analitis serta inovatif
  2. Menguasai berbagai teknik komunikasi melalui multimedia, metode komunikasi audio visual, perangkat keras, perangkat lunak, dan tools berbasis Teknologi Informasi di bidang Desain Komunikasi Visual.
  3. Peka dan tanggap terhadap situasi dan kondisi budaya, sikap, serta perilaku sosial lainnya yang berkembang di masyarakat.
  4. Mempunyai kemampuan komunikasi, bekerja secara mandiri,maupun bekerja dalam tim.
  5. Mempunyai sikap serta kemampuan kepemimpinan dan wirausaha dengan integritas yang tinggi.
  6. Mempunyai sikap profesional dan belajar berkelanjutan dalam menghadapi perubahankemajuan ilmu teknologi informasi dan komunikasi.

 

Karir Bidang Desain Komunikasi Visual

  1. Biro Desain (Grapic House)
  2. Biro Iklan (Advertising)
  3. Percetakan dan Penerbitan (Gramedia,Tempo, dsb)
  4. Rumah Produksi Multimedia
  5. Biro Animasi
  6. Pertelevisian
  7. Humas / Public Relation lembaga swasta dan pemerintah
  8. Wiraswasta dan lainnya

 

Leave us a Comment