Teknik Industri

Profil Program Studi Teknik Industri

Kata Sambutan Ketua Program Studi Teknik Industri

 

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarakatuh

 Salam Sejahtera untuk kita semua,

Yuli Setiawannie MTSelamat datang di website resmi Universitas Potensi Utama Program Studi Teknik Industri. Program Studi Teknik Industri Universitas Potensi Utama berdiri pada akhir tahun 2015 berhadapan dengan akan dilaksanakannya transformasi ekonomi menuju Komunitas Ekonomi ASEAN (ASEAN Economic Community/AEC), yakni sebuah konsep perdagangan bebas di wilayah Asia Tenggara.

Dengan bergabungnya Negara-negara di Asia Tenggara kedalam AEC, terdapat beberapa implikasi yang berlaku pada setiap anggota ASEAN, diantaranya : bebasnya aliran barang, bebasnya aliran jasa, bebasnya aliran investasi, bebasnya aliran kapital dan bebasnya aliran tenaga kerja ahli dengan demikian Program Studi Teknik Industri perlu menyiapkan lulusan yang kompetensi, berdaya saing, kreatif dan inovatif agar dapat menjawab tantangan masyarakat AEC 2015 dan pasar global. Program Studi Teknik Industri berdiri atas dasar SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 424/E/O/2014 pada tanggal 17 September 2014. Program Studi Teknik Industri memperoleh Sertifikasi dengan Akreditasi C. Visi Program Studi "Pada Tahun 2020 Menjadi Program Studi Teknik Industri yang unggul di tingkat Sumatera dan mampu berperan serta di tingkat Nasional". Program Studi Teknik Industri saat ini masih menjadi pilihan mahasiswa baru dari SMA favorit baik di Sumatera Utara maupun diluar Sumatera Utara.

Jumlah mahasiswa baru pada saat pembukaan program studi yaitu 65 orang Tahun Akademik 2015/2016. Juga disediakan beasiswa dari Universitas yang proporsional dengan jumlah mahasiswa. Tersedia sarana untuk melaksanakan kegiatan tridharma yang mencukupi dan persentase semua dosen berpendidikan S2. Pencapaian ini didasarkan kepada komitmen yang kuat dari segenap civitas akademika untuk mencapai visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi. Kurikulum relevan dengan visi menjadi pusat  pengembangan ilmu pengetahuan Teknik Industri berwawasan technopreneurship dan dirancang sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia pada kurikulum inti.

Dibidang penelitian sudah didapatkan beberapa hibah dari pemerintah dan juga menghasilkan karya ilmiah dilingkup Nasional dan Internasional. Jenjang kepangkatan Lektor Kepala dan Guru Besar masih perlu ditingkatkan. Program pengabdian kepada masyarakat dilakukan bekerjasama dengan IKM/UKM yang menjadi mitra Program Studi  dan juga melibatkan dan alumni, yang semua kegiatan ini membantu terciptanya suasana civitas akademika yang akrab dan dinamis.

Untuk itu Program Studi juga meningkatkan jumlah dana beasiswa dari luar untuk mahasiswa, meningkatkan kompetensi dosen dalam penelitian dan PKM, mengembangkan kurikulum dengan memanfaatkan kerjasama dengan perguruan tinggi lain, industri, asosiasi profesi Badan Kejuruan Teknik Industri - Persatuan Insinyur Indonesia (BKTI-PII), Badan Kerjasama Penyelenggara Program Studi Teknik Industri (BKSTI) dan Ikatan Sarjana Teknik dan Manajemen Industri (ISTMI), demikian juga meningkatkan kerjasama dengan instansi luar dalam berbagai lembaga/asosiasi profesional skala Nasional.

 

Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarakatuh

 

 

 

Ketua Program Studi Teknik Industri

 

Universitas Potensi Utama

 

 

 

 ttd

 

 

 (Yuli Setiawani, MT)

 

Program Studi Teknik Industri

Program Studi Teknik Industri Universitas Potensi Utama secara resmi berdiri pada tahun 2014, dengan keluarnya SK Pendirian dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 424/E/O/2014. Penyelenggaraan Kuliah Pertama Program Studi Teknik Industri Universitas Potensi Utama pada bulan September 2015 dan saat ini telah Terakreditasi oleh BAN-PT.

 

Visi

Pada Tahun 2020 Menjadi program studi Teknik Industri yang unggul di tingkat Sumatera dan mampu berperan serta di tingkat Nasional.

 

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan yang berkualitas dalam bidang Teknik Industri yang sesuai dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
  2. Melaksanakan penelitian dalam bidang Teknik Industri yang dapat dipublikasikan pada tingkat Nasional.
  3. Melaksanakan kegiatan dan layanan yang bermanfaat bagi masyarakat dalam bidang Teknik Industri.

 

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang unggul, profesional dan bermental wirausaha dalam bidang Teknik Industri.
  2. Menghasilkan lulusan yang mempunyai landasan teori keilmuan yang kuat dan kemampuan praktis yang tinggi dalam bidang Teknik Industri.
  3. Menghasilkan karya ilmiah dan hasil penelitian lainnya dalam bidang Teknik Industri yang dipublikasikan pada tingkat Nasional.
  4. Terjalinnya kerjasama dengan masyarakat, industri, pemerintah dan stakeholder lainnya pada tingkat Nasional.


Sekilas Tentang Teknik Industri

Program Studi Teknik Industri merupakan pencabangan dari keilmuan Teknik Mesin yang pada awalnya berfokus kepada bagaimana mengelola tidak hanya mesin-mesin manufaktur tetapi secara lebih makro yaitu sebuah sistem manufaktur sebagai sebuah sistem terintegrasi. Mengingat pada saat itu memang dibuthkan seorang ahli yang tidak hanya mengerti konsep dasar permesinan tetapi juga sanggup mengelola Aliran Produksi, Penjadwalan, Biaya dan lain sebagainya yang dibutuhkan untuk Mengola sebuah sistem manufaktur. Lulusan sarjana Teknik Industri dibekali dengan keterampilan dan keahlian dalam bidang Sistem Industri dan Manajemen Industri.

 

Kompetensi

  1. Mampu mengidentifikasikan, memformulasikan dan memecahkan masalah-masalah sistem integralmenggunakan alat-alat pokok analitikal, komputasional, dan/atau eksperimental.
  2. Mempunyai wawasan luas sehingga dapat memahami dampakpenerapan keilmuan teknik industri terhadap konteks global/sosial.
  3. Mampu berkomunikasi secara efektif.
  4. mampu bekerjasama dalam kelompok yang bersifat multidisplin, baik dalam peran sebagai pemimpin maupun anggota kelompok.
  5. Mampu menerapkan teknik dan alat analisis baru yang diperlukan dalam menjalankan praktek profesi ke teknik industriannya.
  6. Memahami dan menyadari tanggung jawab profesi dan etika.
  7. memahami dan menyadari tentang pentingnya belajar berkelanjutan.

 

Karir Bidang Teknik Industri

 

  1. Supervisor Produksi
  2. Quality Sistem Management (Quality Assurance)
  3. Inventory Management
  4. Personnel Management
  5. Project Management

 

yang unggul di tingkat Sumatera dan mampu berperan serta di tingkat Nasional

Leave us a Comment