Televisi dan Film

Profil Program Studi Televisi dan Film

 Kata Sambutan Ketua Program Studi Televisi dan Film


Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarakatuh

Salam Sejahtera untuk kita semua,

Selamat datang di website resmi Universitas Potensi Utama Program Studi Televisi dan Film (Prodi TF). Kami civitas akademik Universitas Potensi Utama khususnya Prodi TF mengucapkan rasa syukur kepada Allah S.W.T atas rahmat-Nya sehingga Kampus Universitas Potensi Utama tetap menjadi lembaga pendidikan pilihan bagi seluruh masyarakat Indonesia khususnya Kota Medan dan menjadi Prodi TF satu-satunya yang ada di Sumatera Utara. Program Studi Televisi dan Film mulai berdiri sejak STMIK Potensi Utama berubah bentuk menjadi Universitas Potensi Utama tepatnya pada tahun 2014.

Hingga saat ini Prodi TF banyak mengalami berbagai perkembangan seperti mengadakan seminar-seminar, workshop dan pameran karya serta pemutaran film. Prestasi ini tidak terlepas dari berbagai kalangan di Universitas Potensi Utama dan dengan dukungan dari dosen-dosen yang berkualitas baik dari dalam maupun luar negeri sehingga Prodi TF bisa terus berkarya untuk mempertahankan dan semakin mengembangkan Prodi Televisi dan Film kearah yang lebih baik. Berbagai upaya kerjasama dengan pihak-pihak yang berkaitan  dengan Prodi Televisi dan Film baik dari Stasiun Televisi Negeri, Stasiun Televisi Swasta ataupun Production House (PH) lainnya.

Kami berharap Prodi TF memberikan solusi komprehensif bagi pengembangan ilmu pertelevisian kepada Calon Mahasiswa maupun Stakeholder karena melihat semakin berkembangnya dunia pertelevisian, memotivasi Kami untuk mengelola Prodi ini secara lebih baik, dan secara terus menerus meningkatkan mutu dan standart pendidikannya dalam melahirkan insan-insan lulusan yang cerdas intelektual, cerdas spiritual dan cerdas emosional sehingga nantinya mampu memenuhi kebutuhan masyarakat pengguna / Stakeholder di Dunia Industri Perfilman. Prodi TF akan selalu memotivasi, mendorong mahasiswa menjadi lulusan yang memiliki kreativitas, rasa, cipta dan karsa yang tinggi kepada seluruh pengguna yang menghandalkan kemampuan di bidang Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni sebagai kekuatan dalam membangun kesejahteraan masyarakat.

Semoga situs ini dapat memberikan informasi yang Anda butuhkan tentang Program Studi Televisi dan Film Universitas Potensi Utama. Segala kritik maupun saran demi kemajuan Prodi TF  Universitas Potensi Utama dapat Anda sampaikan.

Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarakatuh

Ketua Program Studi Televisi dan Film

Universitas Potensi Utama

 

 ttd

 

(Sri Wahyuni, S.Kom)

 

Program Studi Televisi dan Film

Program Studi Televisi dan Film Universitas Potensi Utama secara resmi berdiri pada tahun 2014, dengan keluarnya SK pendirian dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 424/E/O/2014. Penyelenggaraan Kuliah Pertama Program Studi Televisi dan Film Universitas Potensi Utama pada bulan September 2015 dan saat ini telah Terakreditasi oleh BAN-PT.

 

Visi

Pada Tahun 2020 Menjadi Program Studi Televisi dan Film yang unggul di Ringkat Sumatera dan Mampu berperan serta ditingkat Nasional.

 

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan yang berkualitas dalam bidang Televisi dan Film yang sesuai dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan  dan Teknologi.
  2. Melaksanakan penelitian dalam bidang Televisi dan Film yang dapat dipublikasikan pada tingkat Nasional.
  3. Melaksanakan kegiatan dan layanan yang bermanfaat bagi Masyarakat dalam bidang Televisi dan Film.

 

Sekilas Tentang Televisi dan Film

Program Studi Televisi dan Film memberikan kualifikasi dan kompetensi kepada mahasiswa untuk dapat menghasilkan kreatoraudio visual, memiliki wawasan dan sikap berkesenian , kemampuan profesional, tanggungjawab sosial serta kemampuan analisis untuk menangani keahlian bidang Film, Televisi, Animasi dan Fotografi.

 

Kompetensi

  1. Kemampuan untuk merencanakan program produksi televisi dan film
  2. Kemampuan untuk membuat produksi program televisi dan film
  3. Kemampuan melakukan penyutingan pascaproduksi
  4. Kemampuan melakukan riset perilaku media khalayak
  5. Kemampuan untuk melakukan riset produksi program televisi dan film
  6. Kemampuan menerapkan etika dan hukum dalam kegiatan penyiaran televisi dan film

 

Karir Bidang Televisi dan Film

  1. Mengisi peluang kerja dibidang penyiaran
  2. Mengisi peluang kerja pada bidang pariwisata
  3. Mengisi peluang kerja pada bidang informasi dan komunikasi
  4. Mengisi peluang kerja di production house (PH) dan studio film
  5. Menciptakan peluang kerja mandiri untuk konsultan biro periklanan
  6. Menciptakan peluang kerja mandiri desainer hiburan
  7. Mengisi peluang kerja dibidang periklanan
  8. Pelayanan jasa konsultan.

Leave us a Comment