Perbankan Syariah

Profil Program Studi Perbankan Syariah

Kata Sambuatan Ketua Program Studi Perbankan Syariah


Assalamu'alaikum warohmatullahi Wabarakatuh

Salam sejahtera untuk kita semua,

Raja SaktiSelamat datang di situs resmi Program Studi Perbankan Syariah Universitas Potensi Utama. Prodi Perbankan Syariah Universitas Potensi Utama mulai berdiri sejak tahun 2014. Hingga saat ini Program Studi Perbankan Syariah telah memiliki berbagai prestasi yang sangat berkembang, salah satunya adalah mengadakan perogram pengabdian masyarakat melalui seminar-seminar yang di adakan di sekolah-sekolah menengah atas dan di lingkungan masyarakat melalui kegiatan gotong royong dan penanaman pohon.

Prestasi ini tidak terlepas dari keseriusan berbagai kalangan di Universitas Potensi Utama terutama di Prodi Perbankan Syariah untuk memberikan yang terbaik dalam melayani Mahasiswa, baik dalam bidang pengembangan akademik maupun pengembangan bidang Pendidikan. Dengan dukungan dosen-dosen yang berkualitas baik dari dalam maupun luar negeri, kami Perbankan Syariah kearah yang lebih baik. Berbagai upaya kerjasama dengan pihak-pihak yang keterkaitan dengan Prodi Perbankan Syariah kearah yang lebih baik. Berbagai upaya kerjasama dengan pihak-pihak yang keterkaitan dengan Prodi Perbankan Syariah baik dari pihak pemerintah maupun non pemerintah semakin berkembang.

Selain itu, kami juga terus mengupayakan peningkatan sarana dan prasarana pembelajaran yang membuat mahasiswa merasa nyaman di kampus untuk terus mengembangkan potensi mereka. Apalagi fasilitas yang disediakan oleh Universitas Potensi Utama juga sudah cukup memadai.

Selanjutnya kami mengharap kritikan dan saran kepada seluruh Tenaga Pendidik, Yayasan, Dosen, Staff dan Mahasiswa kepada kami untuk bisa menjadi acuan dan masukan kepada kami dalam proses pengembangkan Prodi Perbankan Syariah lebih lanjut dan semoga situs ini dapat memberikan informasi yang Anda butuhkan tentang Program Studi Perbankan Syariah lebih lanjut dan semoga situs ini dapat memberikan informasi yang Anda butuhkan tentang Program Studi Perbankan Syariah Universitas Potensi Utama.

Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarakatuh

Ketua Program Studi Perbankan Syariah

Universitas Potensi Utama


         ttd

 

(Raja Sakti Putra Harahap M.E.I)

 

Program Studi Perbankan Syariah

Program Studi Perbankan Syariah Universitas Potensi Utama secara resmi berdiri pada tahun 2014, dengan keluarnya SK Pendirian dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 424/E/O/2014. Penyelenggaraan Kuliah Pertama Program Studi Perbankan Syariah Universitas Potensi Utama pada bulan September 2015 dan saat ini telah Terakreditasi oleh BAN-PT.

 

Visi

Pada Tahun 2020 Menjadi program studi Perbankan Syariah yang unggul di tingkat Sumatera dan mampu berperan serta di tingkat Nasional.

 

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan yang berkualitas dalam bidang Perbankan Syariah yang sesuai dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
  2. Melaksanakan penelitian dalam bidang Perbankan Syariah yang dapat dipublikasikan pada tingkat Nasional.
  3. Melaksanakan kegiatan dan layanan yang bermanfaat bagi masyarakat dalam bidang Perbankan Syariah.

 

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang unggul, profesional dan bermental wirausaha dalam bidang Perbankan Syariah.
  2. Menghasilkan lulusan yang mempunyai landasan teori keilmuan yang kuat dan kemampuan praktis yang tinggi dalam bidang Perbankan Syariah.
  3. Menghasilkan karya ilmiah dan hasil penelitian lainnya dalam bidang Perbankan Syariah yang dipublikasikan pada tingkat Nasional.
  4. Terjalinnya kerjasama dengan masyarakat, industri, pemerintah dan stakeholder lainnya pada tingkat Nasional.


Sekilas Tentang Perbankan Syariah

Program Studi Perbankan Syariah merupakan program pendidikan yang mengajarkan hukum islam (syariah) mengenai tatacara perbankan yaitu dalam hal peminjaman uang atau meminta kembali pinjaman, mempelajari konsep investasi pada usaha yang dibenarkan dalam islam, dan mempelajari konsep akat kerjasama pengembangan usaha berdasarkan hukum islam.

 

Kompetensi

  1. Memahami Mampu mengaplikasikan antara teorisasi keuangan dan perbankan dalam praktik perbankan syariah
  2. Mampu memahami praktik dan alur kerja diperbankan syariah
  3. Mampu memahami lembaga-lembaga keuangan syariah
  4. Memiliki sikap dan moral yang baik, tangguh, unggul dan mandiri demokratis dan profesional
  5. Menguasai subtansi dan metodologi dasar keilmuan
  6. Menguasai dan mampu merancang, melaksanakan dan mengevaluasi bidang pekerjaan di Industri perbankan syariah
  7. Menjadi tenaga profesional di bidang syariah yang menguasi bidang pekerjaan.

 

Karir Bidang Perbankan Syariah

    1. Sebagai Frontliner perbankan (Teller dan Customer Services)
    2. Account Officer Perbankan (Marketing Pinjaman dan Simpanan)
    3. Deskman Perbankan (Administrasi dan Akunting)
    4. Asuransi dan Multifinance Syariah
    5. Lembaga keuangan bukan bank lainnya
    6. Koperasi Simpan Pinjam
    7. Wirausaha

Leave us a Comment