Psikologi (S-1)

Profil Program Studi Psikologi

Kata Sambutan Ketua Program Studi Psikologi


Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarakatuh

 Salam Sejahtera untuk kita semua,

Zuraida MSelamat datang di situs resmi Universitas Potensi Utama Program Studi Psikologi. Program Studi Psikologi Universitas Potensi Utama mulai berdiri sejak tahun 2014. Program Studi Psikologi berusaha untuk memberikan yang terbaik dalam melayani Mahasiswa/I, baik dalam bidang pengembangan akademik maupun pengembangan bidang pendidikan. Dengan dukungan dosen-dosen yang berkualitas baik dari dalam maupun luar negeri, Kami optimis bisa terus berkarya dan mengembangkan Program Studi Psikologi ke arah yang lebih baik dengan harapan menjadi Program Studi Psikologi yang unggul di tingkat Sumatera dan mampu berperan serta di tingkat Nasional.

 Peranan Program Studi Psikologi Universitas Potensi Utama menyediakan pelayanan konseling baik Mahasiswa/I Universitas Potensi Utama maupun untuk masyarakat sekitarnya. Program Studi Psikologi juga melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dan penelitian bagi para Dosen dan turut mengikutsertakan Mahasiswa/I untuk melakukan kegiatan penelitian. Program Studi Psikologi mengupayakan peningkatan sarana dan prasarana pembelajaran yang membuat Mahasiswa/I merasa nyaman dikampus untuk terus mengembangkan potensi mereka. Adapun fasilitas yang disediakan oleh Universitas Potensi Utama juga sudah cukup memadai. Sejauh ini, seperti Sistem Informasi Akademik e-Journal, e-Library dan Ruang Konseling.

Selain itu, kami juga mengembangkan jaringan kerjasama, seperti beberapa Universitas Swasta baik dalam maupun di luar Sumatera serta beberapa sekolah, lembaga konseling dan beberapa perusahaan yang bertaraf Nasional. Harapan kami Mahasiswa/I yang tercatat aktif sedang menempuh ilmu akan mendapatkan manfaat dan pelayanan optimal untuk mempersiapkan masa depan mereka sebagai generasi penerus kemajuan masa depan bangsa.

Semoga situs ini dapat memberikan informasi yang Anda butuhkan tentang Program Studi Psikologi Universitas Potensi Utama. Segala kritik maupun saran demi kemajuan Program Studi Psikologi Universitas Potensi Utama dapat Anda sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Wassalammu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Ketua Program Studi Psikologi

Universitas Potensi Utama

 

   ttd

 

(Zuraida, M.Psi)

 

Program Studi Psikologi

Program Studi Psikologi Universitas Potensi Utama secara resmi berdiri pada tahun 2014, dengan keluarnya SK Pendirian dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 424/E/O/2014. Penyelenggaraan Kuliah Pertama Program Studi Psikologi Universitas Potensi Utama pada bulan September 2015 dan saat ini telah Terakreditasi oleh BAN-PT.

 

Visi

Pada Tahun 2020 Menjadi program studi Psikologi yang unggul di tingkat Sumatera dan mampu berperan serta di tingkat Nasional.

 

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan yang berkualitas dalam bidang Psikologi yang sesuai dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
  2. Melaksanakan penelitian dalam bidang Psikologi yang dapat dipublikasikan pada tingkat Nasional.
  3. Melaksanakan kegiatan dan layanan yang bermanfaat bagi masyarakat dalam bidang Psikologi.

 

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang unggul, profesional dan bermental wirausaha dalam bidang Psikologi.
  2. Menghasilkan lulusan yang mempunyai landasan teori keilmuan yang kuat dan kemampuan praktis yang tinggi dalam bidang Psikologi.
  3. Menghasilkan karya ilmiah dan hasil penelitian lainnya dalam bidang Psikologi yang dipublikasikan pada tingkat Nasional.
  4. Terjalinnya kerjasama dengan masyarakat, industri, pemerintah dan stakeholder lainnya pada tingkat Nasional.


Sekilas Tentang Psikologi

Program Studi Psikologi merupakan bagian keilmuan Psikologi Sosial, membahas tentang analisis dan membuat rancangan teoritis intervensi perilaku sosial sebagai proses interaksi individu dengan lingkungan sosialnya seperti gambaran manusia dalam konteks sosial dan kelompok.

 

Kompetensi

  1. Memahami pengetahuan dasar psikologi
  2. Mengusai teknik pengamatan
  3. Mampu menggunakan alat pengukuran psikologi
  4. Peka terhadap permasalahan bio-psiko-sosial dalam Koneks Indonesia
  5. Mampu melakukan penelitian
  6. Menghayati kode etik keilmuan dan penelitian.

 

Karir Bidang Psikologi

  1. Guru Konseling
  2. Personel Training
  3. Human Service
  4. Advertising dan Riset Pasar
  5. Karir Konselor
  6. Administrasi
  7. Public Relations
  8. Behavior Analyst
  9. Keperawatan
  10. Bantuan Rehabilitasi
  11. HRD
  12. Pekerjaan Terkait Manajemen.

Leave us a Comment