Ada Fakultas Bisnis Syariah di Universitas Potensi Utama

Foto untk berita tentang fakultas Bisnis SyariahSaat ini, perekonomian dunia sudah banyak menggunakan prinsip bisnis syariah. Tidak hanya di Indonesia, diluar negeri prinsip bisnis syariah ini juga sudah banyak digunakan oleh perusahaan maupun perbankan. Dalam dunia perbankan, selain telah dibuka perbankan konvensional juga sudah banyak perbankan sistem syariah. Hal ini membuat peluang lapangan pekerjaan di bidang bisnis syariah semakin luas baik di Indonesia maupun diluar negeri. Tapi tentunya hanya mereka (masyarakat) yang sudah siap pakai di bidang bisnis syariah saja bisa menangkap peluang lapangan kerja tersebut. Sayangnya, hal itu masih terkendala dengan masih minimnya perguruan tinggi yang membuka Program Studi Perbankan Syariah dan Ekonomi Syariah.

Melihat hal tersebut di atas, maka Universitas Potensi Utama Medan berupaya menjawab tantangan itu dengan membuka Fakultas Bisnis Syariah. Hal ini mengingat belum banyaknya perguruan tinggi yang membuka Fakultas Bisnis Syariah. Hal ini mengingat belum banyaknya perguruan tinggi yang membuka Program Studi Perbankan Syariah dan Ekonomi Syariah baik di Medan maupun di daerah lain di Sumatera Utara. Di Fakultas Bisnis Syariah Potensi Utama, terdapat 2 Program studi yaitu Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah  Pendidikan Strata 1 (S1). Dengan adanya Program Studi Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah di Potensi Utama, diharapkan akan membantu Perbankan Syariah yang ada di Medan khususnya dan Sumatera Utara umumnya dalm mendapatkan SDM yang berkualitas.

"Kita berupaya maksimalkan menciptakan SDM lulusan Universitas Potensi Utama yang siap pakai di dunia kerja bisnis syariah melalui Program Studi Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah," Ujar Asbon Hendra, M.Kom, Kabag Humas Universitas Potensi Utama. Dijelaskan, Program Studi Ekonomi Syariah merupakan program pendidikan yang mempersiapkan mahasiswa menjadi para ahli dibidang ekonomi Islam, Hukum Bisnis Islam, Konsultan Bisnis Islam, Pengamat Ekonomi perspektif syariah serta dapat menjadi ekonomi berbasis syariah. Untuk kariernya didunia kerja, para alumni Program Studi Ekonomi Syariah akan menjadi wirausahawan mandiri yang mampu mendirikan dan mengembangkan bisnis berbasis Islam, menjadi tenaga pelaksana pembangunan ekonomi berlandaskan Islam di instansi baik pusat maupun daerah, menjadi tenaga profesional dilembaga bisnis syariah, lembaga keuangan non bank, lembaga ekonomi bisnis.

Juga dapat menjadi tenaga peneliti dan konsultan diberbagai lembaga penelitian dan lembaga swadaya masyarakat yang bergerak dalam pengembangan bisnis berbasis Islam serta menjadi tenaga pendidik di berbagai lembaga pendidikan, tingkat menengah maupun tinggi yang menyebarkan pengetahuan ekonomi Islam. Sedangkan untuk Program Studi Perbankan Syariah merupakan program pendidikan yang mengajarkan Hukum islam (Syariah) mengenai tatacara perbankan yaitu dalam hal peminjaman uang atau meminya kembali pinjaman, mempelajari konsep investasi pada usaha yang dibenarkan dalm Islam, dan mempelajari konsep akad kerjasama pengembangan usaha berdasarkan Hukum Islam,

Karier ke depannya bagi lulusan Program Studi Perbankan Syariah ini peluang kerja menjadi Frontliner Perbankan (Teller dan Customer Services). Account Officer Perbankan  (Teller dan Customer Services), Account Officer Perbankan (Marketing Peminjaman dan Simpanan), Deskman Perbankan (Administrasi dan Akunting), Asuransi dan Multifinance Syariah, Lembaga keuangan bukan bank lainnya dan bekerja di Koperasi Simpan Pinjam. "Dibukanya Fakultas Bisnis Syariah dengan Program Studi Ekonomi Syariah dan Perbankan Syariah di Universitas Potensi Utama bisa membantu masyarakat yang berkeinginan melanjutkan pendidikan Starata 1 (S1) serta menambah ilmu di Bisnis Syariah," tambah Asbon.

Apalagi. lanjut Asbon, bagi yang lulsan Madrasyah Aliyah Negeri  (MAN) ataupun Lulusan Madrasyah Aliyah Swasta (MAS) yang ingin menambah wawasan dibidang hukum Islam tentunya Program Studi ini akan membantu sekali kedepannya. "Hadirnya Fakultas Bisnis Syariah di Universitas Potensi Utama diharapkan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat, seiring trus berkembangnya prinsip bisnis syariah di Indonesia dan Dunia.

 

Leave us a Comment