STMIK Potensi Utama Menjadi Universitas Potensi Utama

Universitas Potensi Utama Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer "STMIK Potensi Utama" merupakan salah satu institusi Pendidikan Swasta dibawah naungan Yayasan Potensi Utama Medan yang berdiri pada tahun 2003 berdasarkan Izin Dirjen Pendidikan Tinggi (DIKTI) dengan SK. No. 103/D/O/2013, Alhamdulillah sekarang berubah menjadi Universitas Potensi Utama sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 424/E/O/2014 tanggal 17 September 2014 dengan 5 Fakultas yaitu :

 

 

  1. Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Program Studinya yaitu : Teknik Industri (S1), Teknik Informatika (S1), Sistem Informasi (S1) dan Manajemen Informatika (D3).
  2. Fakultas Seni dan Desain, Program Studinya yaitu : Televisi dan Film (S1), Desain Komunikasi Visual (S1) dan Desain Interior (S1).
  3. Fakultas Psikologi, Program Studinya yaitu : Psikologi (S1).
  4. Fakultas Ilmu Politik dan Kependidikan, Program Studinya yaitu : Pendidikan Bahasa Inggris (S1) dan Ilmu Hubungan Internasional (S1).
  5. Fakultas Bisnis Syariah, Program Studinya yaitu : Ekonomi Syariah (S1) dan Perbankan Syariah (S1).

     Dengan motto "Kami Hadir untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa", dari mulai berdiri Universitas Potensi Utama sudah membuka 3 (tiga) Program Studi yaitu Program Studi Teknik Informatika dengan jenjang pendidikan S1, Sistem Informasi dengan jenjang pendidikan S1 dan Manajemen Informatika dengan Jenjang Pendidikan D3 sudah mendapatkan Akreditasi dari BAN-PT dengan nilai B (Baik). Universitas Potensi Utama dalam meningkatkan pelayanan dan Sistem Manajemennya telah mendapatkan Sertifikasi ISO 9001:2008 dari TUV Rheinland  Jerman. Jumlah Mahasiswa keseluruhan dari 3 program studi yang sudah ada sekarang berjumlah 3164 orang Mahasiswa yang tersebar pada 3 (tiga) Program Studi Manajemen Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Informatika. Semua Mahasiswa diasuh dan dibimbing oleh 192 orang dosen tetap dan tidak tetap (luar biasa) yang berkompeten dibidangnya dengan jenjang pendidikan S3, S2 dan S1.

     Penyelenggaraan pendidikan sudah melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pelaksanaan proses belajar mengajar, melaksanakan penelitian dan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Untuk meningkatkan kualitas Proses Belajar Mengajar (PBM) pihak manajemen/penyelenggara telah menyediakan dan meningkatkan kuantitas serta kualitas sarana dan prasarana untuk perkuliahan teori dan praktikum yang dilengkapi dengan perpustakaan, LCD Proyektor, peralatan praktikum komputer pentium IV dengan monitor LCD, kemudahan akses Internet dengan Wifi dan Hotspot. Meningkatkan ilmu pengetahuan Dosen dan Pegawai melalui pelatihan-pelatihan serta melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dan S3 dimana menjadi Universitas Potensi Utama diharapkan akan membantu masyarakat memilih tempat kuliah maupun bagi stakeholder serta Pemerintah dalam mendapatkan Lulusan yang berkualitas dan berkompeten dibidangnya masing-masing.

 

Leave us a Comment