3 Program Studi di Universitas Potensi Utama Terakreditasi B (Baik)

Foto berita akreditasi  Universitas Potensi UtamaSaat ini setiap Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta harus melakukan akreditasi. Kemendiknas sudah menetapkan bila suatu Program Studi (prodi) dari suatu Perguruan Tinggi (PT) baik negeri maupun swasta tidak melakukan akreditasi, setelah tahun 2012, maka prodi tersebut tidak akan diperbolehkan mengeluarkan ijazah. Dan UU Perguruan Tinggi juga sudah mewajibkan akreditasi sebagai syarat pemberian izin bagi Perguruan Tinggi.

Akreditasi diperlukan untuk menjamin mutu dari suatu lembaga pendidikan baik swasta maupun negeri. Untuk masyarakat umum, akreditasi ini bisa menjadi alat untuk mengukur kesiapan suatu Perguruan Tinggi dalam melakukan proses Pendidikan di Perguruan Tinggi masing-masing.

Akreditasi merupakan upaya pemerintah untuk menstandarisasi dan penjaminan mutu bagi alumni suatu Perguruan Tinggi, sehingga kualitas antar Perguruan Tinggi tidak terlalu bervariasi sesuai kebutuhan kerja. Akreditasi Perguruan Tinggi dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT), dan terdiri dari 2 Akreditasi, yaitu Akreditasi Program Studi (Prodi) dan Akreditasi  Perguruan Tinggi/Institusi.

Penilaian Akreditasi Prodi didasarkan pada 7 standar, antara lain :

  1. Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran serta strategi pencapaian
  2. Tata Pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu BAN-PT
  3. Mahasiswa dan lulusan, ini biasanya dilihat quesioner para lulusanny, IP yang diraih  para mahasiswa, rekrutmen mahasiswa
  4. Sumber Daya Manusia (SDM) seperti jumlah dosen, kualifikasi dosen dan pengembangan dosen
  5. Kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik
  6. Pembiayaan, sarana dan prasarana serta sistem informasi
  7. Penelitian (jurnal-jurnal, karya ilmiah, dll) pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dan kerjasama.

Melihat point yang disyaratkan oleh akreditasi tersebut, tentunya membuat setiap            Perguruan Tinggi tidak sembarang menyiapkan suatu prodi. Kesiapan dari kurikulum maupun tenaga pengajar serta tenaga pembantu non akademik juga perlu diperhatikan. Belum lagi kesiapan secara administrasi Perguruan Tinggi tersebut yang sangat penting untuk berjalannya suatu organisasi. Sayangnya saat ini masih banyak program studi Perguruan yang belum terakreditasi.

Agar dapat mengeluarkan ijazah, sebuah Program Studi harus minimal terakreditasi C, kalau tidak terakreditasi maka Perguruan Tinggi tersebut tidak bisa mengeluarkan ijazah. Akreditasi berlaku selama 5 tahun, dan sebelum 5 tahun harus sudah diakreditasi ulang agar tidak kadaluarsa.  Bagaimana jika akreditasi terlanjur kadaluarsa? Akreditasi kadaluarsa artinya nilai akreditasinya sudah tidak berlaku, dan tidak  bisa menerbitkan ijazah.

Apalagi pada saat sekarang ini lowongan kerja di beberapa perusahaan maupun lowongan CPNS beberapa alumni prodi tertentu baru merasakan saat ijazahnya ditolak karena berasal dari prodi yang tidak/belum terakreditasi. Artinya jaminan mutu lulusannya masih diragukan dan tidak bisa distandarisasi. Bahkan beberapa lowongan Kementrian, mensyaratkan minimal ijazah S1 terakreditasi B yang bisa mendaftar.

Menurut Asbon Hendra, M.Kom sebagai Kabag. Humas Universitas Potensi Utama, Alhamdulillah Universitas Potensi Utama untuk Program Studinya yaitu Program Studi      Teknik Informatika dengan jenjang pendidikan S1, Sistem Informasi jenjang pendidikan S1 dan Manajemen Informatika dengan jenjang pendidikan D3 sudah mendapatkan Akreditasi dari BAN-PT dengan nilai B (Baik). Selain sudah Terakreditasi dengan nilai B (Baik), Universitas Potensi Utama dalam meningkatkan pelayanan dan Sistem Manajemen Mutu telah mendapatkan Sertifikasi ISO 9001:2008 dari TUV Indonesia sehingga bisa membantu Alumninya dalam melamar pekerjaan baik di Perusahaan maupun mendaftar lowongan CPNS. Namun upayakan juga nilai IPK Alumninya tinggi serta perkuat kapasitas diri dalam soft skill dan kemampuan bidang lain agar bisa bersaing dengan pelamar lain, terutama dari prodi Perguruan Tinggi yang terakreditasi lebih tinggi. Karena ada beberapa bursa kerja mensyaratkan hal tersebut.

Bagi adik-adik yang mau kuliah dan pengen info selengkapnya, dapat langsung ke kampus Universitas Potensi Utama alamat Jl. K.L.Yos Sudarso Km.6,5 No. 3 A Tanjung Mulia Medan atau bisa lihat www.potensi-utama.ac.id

 

Leave us a Comment