Universitas Potensi Utama Punya Program Studi Yang Belum Ada di Perguruan Tinggi Sumatera Utara

AF MedanUniversitas Potensi Utama merupakan salah satu Institusi Pendidikan Swasta berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 424/E/O/2014 tanggal 17 September 2014. Universitas Potensi Utama memiliki 5 Fakultas yaitu Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Fakultas Seni dan Desain, Fakultas Psikologi, Fakultas Ilmu Politik dan Kependidikan serta Fakultas Bisnis Syariah.

Universitas Potensi Utama mempunyai Visi yaitu Pada Tahun 2020 menjadi Universitas yang unggul di tingkat Sumatera dan mampu berperan serta di tingkat Nasional sedangkan Misinya adalah melaksanakan pendidikan yang berkualitas di tingkat Sumatera, melaksanakan penelitian yang dapat dipublikasikan pada tingkat Nasional serta melaksanakan kegiatan dan layanan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Manurut Kabag. Humas Universitas Potensi Utama, ada Program Studi di Universitas Potensi Utama yang merupakan Program Studi satu-satunya di Sumatera Utara. Program Studi tersebut adalah Ilmu Hubungan Internasional yang berada di Fakultas Ilmu Politik dan Kependidikan serta Program Studi Televisi dan Film yang berada di Fakultas Seni dan Desain dimana kedua program studi tersebut berjenjang pendidikan Strata 1 (S1).

Program Studi Ilmu Hubungan Internasional (HI) adalah program pendidikan yang mempelajari tentang hubungan antar Negara (Internasional), termasuk peran negara, organisasi pemerintah, organisasi non-pemerintah, dan perusahaan multinasinal. Pada Program Studi Ilmu Hubungan Internasional akan dipelajari seluruh aspek dari ilmu-ilmu sosial yang meliputi bidang Politik, Hukum, Komunikasi, Ekonomi hingga Seni dan Budaya. Kompetensinya atau kemampuan yang dimiliki mahasiswa sepertinya kemampuan dalam menganalisis Global, yaitu kemampuan yang berorientasi pada pengembangan konsep-konsep dasar dan kerangka analisis umum yang diperlukan untuk memaknai dan menjelaskan fenomena keseharian Hubungan Internasional. Mahasiswa mampu dalam Bernegoisasi Global yaitu kemampuan bernegoisasi untuk mengambil keuntungan dari perubahan-perubahan global, Mahasiswa juga mempunyai kemampuan sebagai Manajer Global yaitu kemampuan mengambil dan mengelola keputusan secara tepat di tengah tantangan perubahan global serta Ahli dalam berkomunikasi Global yaitu kemampuan mengembangkan hubungan secara tidak terbatas dengan anggota masyarakat global yang lain. Untuk karirnya di dunia kerja para alumni Program Studi HI dapat menjabat sebagai Diplomat, Konsultan di Perusahaan Multinasional (MCNs), Kedubes Asing dan Lembaga Internasional (PBB, ASEAN, World Bank) serta sebagai Public Relations.

Untuk Program Studi Televisi dan Film (TF) akan memberikan kualifikasi dan kompetensi kepada mahasiswa untuk dapat menghasilkan kreator audio visual, memiliki wawasan dan sikap berkesenian, kemampuan profesional, tanggung jawab sosial serta kemampuan analisis untuk menangani keahlian bidang film, animasi dan fotografi. Pada Program Studi ini akan dipelajari kemampuan untuk merencanakan program produksi televisi dan film, kemampuan untuk membuat produksi program televisi dan film, kemampuan melakukan penyuntingan pascaproduksi, kemampuan melakukan riset perilaku media khalayak, kemampuan untuk melakukan riset produksi program televisi dan film serta kemampuan menerapkan etika dan hukum dalam kegiatan penyiaran televisi dan film. Karir kedepannya bagi lulusan Program Studi ini adalah peluang kerja dibidang penyiaran, pariwisata, informasi dan komunikasi, Production House (PH) dan studio film, konsultan biro periklanan, desainer hiburan, periklanan dan jasa konsultan.

Diharapkan dengan adanya Program Studi tersebut di Universitas Potensi Utama akan banyak membantu bagi perusahaan ataupun Pemerintah Daerah yang membutuhkan Sumber Daya Manusia khususnya dibidang Televisi dan Film dan juga bidang Hubungan Internasional. Untuk peluang kerja tentunya sangat berpeluang besar karena masih sangat sedikit masyarakat yang mempunyai kemampuan dibidang ini... pungkas Asbon.

Nah bagi adik-adik yang punya bakat dibidang Ilmu Hubungan Internasional ataupun Televisi dan Film tidak susah lagi harus kuliah di luar pulau Sumatera Utara, sudah ada di Universitas Potensi Utama Medan.

Leave us a Comment