Mau Ahli Dibidang Sistem dan Manajemen Industri, Kuliah di Teknik Industri Universitas Potensi Utama

Gambar untu Prodi Teknik IndustriSemakin banyaknya industri-industri dibuka di kota Medan khususnya dan Sumatera Utara umumnya tentunya akan membutuhkan lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang mempunyai keahlian di bidang Industri tersebut. Apalagi sekarang sudah ada lokasi khusus bagi para Investor baik dari dalam negeri maupun luar negeri yang mau membuka  industri, salah satu lokasinya adalah Kawasan Industri Medan (KIM) baik yang berada di daerah Medan Utra, Tanjung Morawa maupun di daerah lainnya. Hal ini tentunya menjadi peluang yang sangat besar bagi para lulusan Perguruan Tinggi yang mempunyai Program Studi yang mempunyai Program Studi yang berhubungan dengan Industri. Salah satu Program Studinya adalah Teknik Industri.

Universitas Potensi Utama dalam melihat prospek tersebut sekarang dan punya niat membantu pihak pengguna lulusan di Perud\sahaan Industri tersebut dalam mendapatkan ahli dalam bidang Industri maka membuka Program Studi Teknik Industri berjenjang pendidikan Satrata 1 (S1), dimana Proggram Studi tersebut berada di Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Potensi Utama.

"Dibukanya Program Studi Teknik Industri di Universitas Potensi Utama Medan adalah kedepannya akan membantu Perusahaan Industri yang berada di Kawasan Industri Medan umunya dan Sumatera Utara Khususnya dalam memilih Sumber Daya Manusia yang handal dalam bidang Teknik Industri serta kemampuan dalam Teknologi Informasinta juga. Apalagi Universitas Potensi Utama lokasinya sangat begitu dekat dengan Kawasan Industri Medan yang berada di daerah Medan Utara yaitu di daerah Mabar sehingga peluang kerja bagi para lulusan Universitas Potensi Utama akan semakin besar untuk bisa bekerja di Kawasan Industri Medan tersebut" demikian menurut Asbon Hendra, M.Kom selaku Kabag. Humas Universitas Potensi Utama.

Kalau berbicara tentang Program Studi Teknik Industri di Universitas Potensi Utama, Program Studi Teknik Industri ini merupakan pencabangan dari Keilmuan Teknik Mesin yang awalnya berfokus bagaimana mengelola tidak hanya mesin-mesin manufaktur saja tetapi secara lebih dari hal tersebut yaitu bagaimana mengelolah sebuah sistem manufaktur sebagai sebuah sistem yang terintegrasi. Mengingat pada saat ini memang dibutuhkan seorang ahli yang tidak hanya mengerti konsep dasar permesinan tetapi juga danggup mengelola aliran prosuksi, penjadwalan, biaya dan lain sebagainya yang dibutuhkan dalam mengelola sebuah sistem manufaktur. Lulusan Sarjana Teknik Industri harus dibekali dengan keterampilan dan keahlian dalam bidang Sistem Industri dan Manajemen Industri.

Program Studi Teknik Industri ini merupakan program pendidikan yang mengajarkan Lulusan agar mampu mengidentifikasikan, memformulasikan dan memecahkan masalah-masalah sistem-sistem integral menggunakan alat-alat pokok analitikal, komputasional, dan/atau eksperimenta, mempunyai wawasan luas memahami dampak penerapan keilmuan Teknik Industri terhadap konteks global/social, mampu berkomunikasi secara efektif , dapat bekerjasama dalam kelompok yang bersifat multi disiplin, baik dalam peran sebagai pemimpin maupun anggota kelompok, mampu menerapkan teknik dan alat analisis baru yang diperlukan dalam menjalankan praktek profesi ke teknik Industriannya, memahami dan menyadari tanggung jawab profesi dan etika serta memahami dan menyadari tentang pentingnya belajar berkelanjutan. Karir kedepannya bagi lulusan Program Studi Teknik Industri ini peluang kerjanya menjadi Supervisor Produksi, Quality Sistem Manajemen (Quality Assurance), Inventory Management, Personnel Management dan Project Management.

"Semoga dengan adanya Program Studi Teknik Industri di Universitas Potensi Utama bisa membantu masyarakat yang berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan Strata 1 (S1) dalam bidang Teknik Industri dan membantu pihak perusahaan-perusahaan industri yang ada baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Leave us a Comment