Kompetensi Penguasaan Bahasa Asing Mahasiswa Universitas Potensi Utama Diakui Dunia Internasional

photo alliance prancisGuna mempersiapkan mahasiswa yang berpikir global di era globalisasi, mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional Universitas Potensi Utama dibekali penguasaan kompetensi bahasa asing, sebagai wujud nyata menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean 2016. Menurut Kabag Humas Universitas Potensi Utama Asbon Hendra, M.Kom kepada wartawan. Fakultas Ilmu Politik dan Kependidikan merupakan satu dari lima fakultas di Universitas Potensi Utama. Fakultas ini memiliki dua Program Studi yaitu Ilmu Hubungan Internasional dan Pendidikan Bahasa Inggris.

 

"Universitas Potensi Utama merupakan satu-satunya Universitas yang mendapat kepercayaan dari DIKTI membuka Program Studi Ilmu Hubungan Internasional di Sumut", katanya. Sebagai fakultas baru dilingkungan Universitas Potensi Utama, Fakultas Ilmu Politik dan Kependidikan terus melakukan inovasi dan terobosan-terobosan untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Sejumlah upaya telah dan akan terus dilakukan pihak fakultas, seperti menjalin kerjasama dengan perusahaan, instansi dan lembaga pendidikan. Adapun jalinan kerjasama telah berhasil dilakukan dengan menggandeng sejumlah lembaga pendidikan tinggi seperti Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara dan lembaga pendidikan dan kebudayaan Perancis, Alliance Francaise de Medan.

"Ilmu Hubungan Internasional Universitas Potensi Utama memiliki keunggulan ditinjau dari kompetensi lulusannya dibandingkan dengan prodi sejenis di institusi lain. Selain menguasai kompetensi utama yang berhubungan dengan Ilmu Hubungan Internasional, mahasiswa juga dibekali dengan kompetensi khusus berupa penguasaan bahasa asing yang digunakan di Perserikatan Bangsa Bangsa, seperti Bahasa Inggris, Perancis, Jepang, Arab dan China", sebut Asbon. Selain itu, Prodi Ilmu Hubungan Internasional merupakan Prodi sampling eksternal Audit dilakukan lembaga Audit Internasional, TUV Rheinland, Germany pada tahun 2016. Dimana lembaga ini merekomendasikan Universitas Potensi Utama menyandang sertifikasi ISO 9001:2008 dalam hal Quality Management System.

Disamping itu, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris juga telah melakukan sejumlah kerjasama dengan sejumlah lembaga pendidikan menengah dan tinggi. "Untuk meningkatkan penguasaan kompetensi bahasa inggris, Universitas Potensi Utama memiliki Unit Kegiatan Mahasiswa bernama Potensi Utama English Club (PUEC). Selain itu, katanya, Prodi Hubungan Internasional juga memiliki beberapa matakuliah penunjang yang dikembangkangkan dalam taraf Internasional seperti, Bisnis Internasional, Hukum Internasional, Politik Luar Negeri, dan lain sebagainya. Terbayang, betapa luasnya pengetahuanmu tentang segala isu-isu yang berkembang dari berbagai macam negara", ucapnya.

Sedangkan Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris merupakan program pendidikan yang menghasilkan para pendidik dibidang bahasa inggris yang memiliki skill serta kemampuan dalam mentransformasikan ilmu pengetahuan dan wawasan dalam berkomunikasi menggunakan bahasa inggris terhadap peserta didik.

Leave us a Comment