Universitas Potensi Utama Sosialisasi IFDA 2016 Ke – 9

Foto IFDA 2016-1Direktorat Industri Hasil Hutan dan Perkebunan dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia bekerjasama dengan Himpunan Desain Meuble Indonesia melaksanakan perlombaan desainer furniture diseluruh Indonesia dengan nama Indonesia Furniture Design Award (IFDA) 2016 yang merupakan penyelenggaraan yang ke-9. Menurut Ketua Himpunan Desain Meuble Indonesia (HDMI) Bambang Kartono, pihak kementerian menunjuk dan mempercayakan Universitas Potensi Utama sebagai tuan rumah untuk sosialisasi perlombaan tersebut.

"Kementerian Perindustrian dan HDMI menunjuk Universitas Potensi Utama sebagai tempat sosialisasi IFDA 2016 karena memiliki program studi Desain Interior, dimana para desainer furniture banyak dihasilkan, sekaligus Program Desain Interior Universitas Potensi Utama juga sudah terdaftar di Asosiasi Program Studi Desain Interior (APSDI)," katanya. Universitas Potensi Utama, sambungnya merupakan tempat pertama di Kota Medan yang ditunjuk untuk pelaksanaan sosialisasi IFDA. "Ini merupakan Sosialisasi IFDA pertama sekali yang dilakukan di Pulau Sumatera, atau diluar pulau Jawa dan Kalimantan, hal ini berangkat dari pengalaman tahun 2015. Dimana ada peserta dari wilayah Sumatera yang ikut perlombaan dan masuk nominasi, sehingga dinilai perlu sosialisasi lebih meluas, dengan harapan dapat menjangkau calon peserta lebih banyak," urainya lagi.

Bambang Kartono sebagai pemateri dalam sosialisasi IFDA 2016 tersebut menambahkan, Kementerian Perindustrian menunjuk dirinya untuk menjelaskan secara detail peraturan dan persyaratan yang harus dipenuhi dalam perlombaan tersebut. Kegiatan Sosialisasi IFDA 2016 di Universitas Potensi Utama mengundang para desainer furniture di Kota Medan, mahasiswa/i Desain Interior, mahasiswa Desain Komunikasi Visual, Himpunan Desain Interior Indonesia (HDII), Perguruan Tinggi yang memiliki jurusan yang terkait dengan Teknik Sipil, Arsitektur, dan Sekolah Menengah Kejuruan Bangunan. Bambang Kartono menjelaskan, IFDA 2016 tahun ini mengangkat tema bahan baku rotan dengan kombinasi material lain, dengan kategori furniture sarana pendidikan (kursi dan meja sekolah / kampus). Peserta terbuka untuk umum, dan Gratis atau tanpa dipungut biaya, serta bagi peserta maupun team yang masuk nominasi, akan di undang ke Jakarta untuk mengikuti workshop pembuatan proto type, semua biaya ditanggung sepenuhnya dari Kementerian Perindustrian.

Dalam kesempatannya Dekan Fakultas Seni dan Desain Universitas Potensi Utama Muhammad Rusdi Tanjung, S.Kom, M.Ds menjelaskan, mahasiswa Program Studi Desain Interior dan Desain Komunikasi Visual Universitas  Potensi Utama harus mengikuti perlombaan ini. Dengan demikian dapat mengasah kemampuan dan mengembangkan minat dalam menghasilkan karya, serta dapat saling bertukar informasi kepada para desainer  furniture Indonesia. Apalagi perlombaan ini gratis dan bisa dilakukan dalam team, bahkan dibiayai penuh oleh kementerian untuk ikut workshop di Jakarta, bahkan dapat uang puluhan juta rupiah jika berhasil menang,"tandasnya.

Leave us a Comment