Seminar dan Toefl Test Universitas Potensi Utama Sukses

photo-toeflSeminar Business Commuunication dan TOEFL Test Universitas Potensi Utama bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara (USU), diikuti 1.000 mahasiswa, baru-baru ini berlangsung sukses.

Menurut Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Potensi Utama, Dina Irmayanti, S.Pd., M.Hum, Seminar dan TOEFL ini digelar mengingat penguasaan bahasa Inggris yang didukung dengan sertifikat kompetensi dari lembaga terpercaya merupakan hal penting di era globalisasi. "TOEFL atau Test of English as a Foreign Language merupakan salah satu tes kompetensi bahasa Inggris yang diakui oleh banyak institusi pendidikan dan industri di seluruh dunia", katanya.

Saat ini, sambung Dina, lebih dari 2.500 institusi pendidikan dari 70 negara menggunakan tes ini sebagai salah satu persyaratan dalam seleksi calon mahasiswa baik itu di level S1, S2 maupun S3. TOEFL merupakan salah satu tes yang dirancang dan dikembangkan ETS (Educational Testing Service) yang bertempat di Princeton, New Jersey. Tes ini digunaan untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris orang-orang yang bukan penutur asli bahasa Inggris. "Selain digunakan sebagai persyaratan untuk melanjutkan pendidikan, TOEFL juga digunakan untuk seleksi dan penempatan kerja di sejumlah instansi baik negeri maupun swasta dan sebagai persyaratan untuk mendapatkan program-program beasiswa seperti Fullbright, LPDP. Tes ini juga merupakan dokumen pendukung (contributing document) bagai orang-orang yang ingin bepergian ke negara-negara berbahasa Inggris, baik untuk berlibur, ataupun bekerja", sebut Dina lagi.

Mengingat pentingnya sertifikasi kompetensi TOEFL ini, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Potensi Utama bekerjasama dengan fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sumatera Utara, menyelenggarakan Seminar Business Communication dan TOEFL Test. "Seminar dan test ini dibagi menjadi dua periode, periode pertama digelar 14 Mei 2016 di Gedung Prof. Ahmad Ridwan, Ph.D, Fakultas Ilmu Budaya dan Periode kedua 21 Mei 2016 di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sumatera Utara. "Acara seminar dan TOEFL Test ini mendapat animo yang cukup besar dari masyarakat, tidak hanya dari kalangan civitas akademika Universitas Potensi Utama saja, tapi dari berbagai kalangan seperti siswa sekolah menengah atas, mahasiswa tinggi di Medan seperti USU, UMSU, UNIMED, UINSU", ucap dina lagi.

"Bahkan yang lebih menarik lagi dari kalangan umum seperti dosen, alumni, pegawai. Hal ini dapat menjadi indikator bahwa masyarakat telah menyadari pentingnya penguasaan bhasa Inggris yang didukung dengan sertifikasi TOEFL. Jumlah keseluruhan peserta seminar dan TOEFL Test ini mencapai kurang lebih 1.000 peserta," tutur Asbon Hendra Kabag Humas Universitas Potensi Utama. Begitu pun, tegas Asbon Hendra, bagi mahasiswa Universitas Potensi Utama sendiri, TOEFL Test merupakan salah satu syarat wajib yang harus dipenuhi oleh mahasiswa yang ingin menyelesaikan pendidikan mereka. "Bahasa Inggris merupakan matakuliah wajib yang diajarkan sejak dari semester pertama dan di akhir masa studi, mereka harus mengikuti TOEFL Test. Hasil dari tes ini juga menjadi Progres Monitoring bagi institusi," tuturnya.

Seminar ini menghadirkan narasumber, Drs Parlindungan Purba dari USU, Mr. Nick Ni, M.Sc dari National Taiwan University dan Ashari P Swondo, S.Pd., M.Hum dari Universitas Potensi Utama. Drs Parlindungan Purba, M.Hum. mengangkat topik, "Windows as the windows of the World" membahas tentang pentingnya penguasaan bahasa Inggris di era globalisasi, dan tips untuk meningkatkan skill berbahasa Inggris, yang meliputi Listening, Speaking, Reading dan Writing, dan juga pentingnya pemahaman budaya dari penutur asli bahasa Inggris. Sedangkan, Mr. Nick Ni, M.Sc mengangkat Tema "Business Communication", menganjak semua pesrta untuk mengubah mindset dari mencari pekerjaan menjadi menciptakan lapangan pekerjaan. Beliau juga memberikan tips untuk memulai usaha, peluang, tantangan dan hambatan yang mungkin dihadapi seorang pebisnis. Sedangkan pembicara ketiga, Ashari P Swondo, S.Pd., M,Hum menjelaskan acara ini diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan serta memotivasi mahasiswa tentang pentingnya penguasaan bahasa Inggris dan sertifikasi kompetensi TOEFL.

"Seminar ini juga dapat memberikan pilihan yang lebih beragam kepada mahasiswa, jika ingin memenangkan persaingan dalam dunia kerja, mereka harus memiliki nilai tambah, salah satunya adalah dengan menguasai bahasa Inggris yang didukung oleh  sertifikat kompetensi TOEFL atau jika ingin memulai usaha, mereka dapat menerapkan strategi komunikasi bisnis yang telah dipaparkan oleh narasumber." tuturnya.

Leave us a Comment