Prodi Sistem Informasi UPU Siap Bersaing Di Dunia Kerja

Ka.Prodi Sistem Informasi bersama Alumni dan  Jajaran Dosen Universitas Potensi Utama MedanProgram Studi (Prodi) Sistem Informasi Universitas Potensi Utama (UPU) siap bersaing di dunia kerja, apa lagi prodi ini sejak berdiri tahun 2003, hingga saat ini telah memiliki berbagai prestasi dan perkembangan. Salah satunya adalah mendapatkan akreditasi B dari BAN-PT. Kaprodi Sistem Informasi UPU, Mas Ayoe Elhias, M.Kom mengatakan akreditasi ini merupakan hal penting bagi setiap prodi untuk memberi jaminan bahwa prodi terakreditasi sesuai standar mutu ditetapkan BAN-PT. Dia menjelaskan, Prodi Sistem Informasi cukup banyak diminati. Ini merupakan bentuk kepercayaan masyarakat kepada prodi Sistem Informasi dalam mempersiapkan lulusannya. Melalui kualitas Prodi Sistem Inofrmasi siap menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), sebab prodi telah membekali alumninya sesuai kebutuhan pasar kerja.

"Cara Kami mempersiapkan lulusan Sistem Informasi salah satunya kurikulum yang mengarah KKNI, mahasiswa akan dibekali dengan kemampuan kompetensi yang baik. Upaya lainnya Program Studi Sistem Informasi memiliki beberapa dosen yang memenuhi standar keahlian yang diakui dikalangan Internasional seperti Database Administration Fundamental (MTA) dan pelatihan profesional lainnya," sebut Masayoe Elhias lagi.  Dikatakannya, di sinilah prodi Sistem Informasi benar menjalankan mutu dan kualitas sesuai dengan visi dan misi program studi Sistem Informasi dalam menghadapi MEA, serta beberapa dosen Sistem Informasi juga telah memenangkan penelitian dosen pemula. Peran KKNI secara umum dapat menyatakan kualifikasi ketenagakerjaan Indonesia dan mampu menampung kebutuhan pihak terkait atau pengguna lulusan dan ketenagakerjaan dengan memperoleh kepercayaan luas.

Dosen yang mengajar harus mempunyai bekal kompetensi keterampilan berupa hardskill dan softskill yang baik sehingga dapat memberikan kualitas pengajaran yang baik pula. Prodi Sistem Informasi mempunyai kurikulum berbasis KKNI, urai Mas Ayoe Elhias, dimana seorang lulusan tingkat strata - I harus memiliki level kompetensi yang diakui oleh dunia industri dan mempunyai kecakapan softskill dan hardskill. Capaian pembelajaran merupakan supply kepada mahasiswa yang ditetapkan oleh institusi dan kompetensi ditetapkan oleh pengguna alumni. "Pada saat sekarang ini program studi Sistem Informasi telah meluluskan kurang lebih 1800 alumni. yang telah terserap berkerja 75 persen sesuai dengan kompetensi. Lulusan setidaknya mampu berbahasa Inggris dan penguasaan Teknologi Komputer terupdate.

Mampu menguasai Teknologi dibidang segala bidang dan pasti memiliki attitude yang baik pula. Setidaknya diharapkan alumni Sistem Informasi Universitas Potensi Utama mampu menghadapi MEA dalam mendapatkan peluang keja bertaraf Nasional".

Leave us a Comment