Program Studi Teknik Informatika Universitas Potensi Utama Menjadi Program Studi Unggulan Wujudkan Impian Masyarakat Kota Medan

MAHASIProgram Studi Teknik Informatika Universitas Potensi Utama secara resmi berdiri pada tanggal 9 Juli 2003, dengan keluarnya SK Pendirian dari Menteri Pendidikan Nasional No. 103/D/02/2003. Sejak berdiri pada tahun 2003 Hingga saat ini telah memiliki berbagai prestasi dan perkembangan. Salah satunya adalah prestasi Prodi TI yang mendapatkan akreditasi B dari BAN PT. Prestasi lain yang telah dicapai oleh Program Studi Teknik Informatika yaitu Program Studi Teknik Informatika mampu bersaing diberbagai kompetisi seperti selalu menjuarai Kontes Robot Indonesia tingkat Regional dan Nasional, pada tahun ini Mahasiswa pada lingkungan program studi Teknik Informatika Juara I (satu) robot dikejuaraan tingkat Kopertis Wilayah I Sumatera Utara dan Juara II (dua) Desain Grafis yang diadakan oleh Corporation Computer Research Inter Universitity CORIS dilaksanakan di STMIK AMIKOM Jogjakarta. Di tahun ini juga ada beberapa dosen Pemula tahun 2016. Ini merupakan pertama kalinya dosen dilingkungan program studi teknik informatika saat ini sedang mempersiapkan berkas untuk mengajukan permohonan peningkatan Akreditasi ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi BAN-PT, yang direncanakan akan diusulkan pada bulan Oktober 2016. Seluruh prestasi ini tidak terlepas dari keseriusan berbagai kalangan di Universitas Potensi Utama terutama pada Program Studi Teknik Informatika yang bertujuan untuk memberikan yang terbaik kepada masyarakat kota Medan, baik dalam bidang pengembangan akademik maupun pengembangan pendidikan karakter mahasiswa. Untuk menjadi program studi unggulan di kota Medan.

"Program studi teknik informatika meletakkan visi menjadi program yang secara akademik bertaraf Nasional dan menjadi tempat yang diimpikan mahasiswa untuk mengembangkan diri. Untuk mencapai visi tersebut, maka program studi teknik informatika khususnya dalam bidang Komputasi Cerdas, Komputasi Nirkabel, dan Keamanan komputer yang unggul di tingkat Sumatera dan mampu berperan serta ditingkat Nasional" Demikian diungkapkan Kaprodi Teknik Informatika Budi Triandi, M.Kom.

Program studi teknik informatika bertujuan memenuhi kebutuhan akan SDM yang profesional di bidang Teknologi Informasi. Selain itu, untuk menjembatani antara kepentingan industri dan masyarakat profesi dengan kepentingan industri dan masyarakat profesi dengan kepentingan akademik, maka disusunlah kurikulum berbasis kompetensi, dimana selain muatan-muatan inti, diberikan pula muatan-muatan lokal yang mendukung basis pengetahuan terapan dan perekayasaan perangkat lunak. Diharapkan melalui program ini dapat dihasilkan lulusan yang memiliki daya saing, jiwa kewirausahaan, dan memiliki wawasan Teknologi Informasi memadai sehingga tidak gagap ketika tiba waktunya untuk menerapkan ilmunya di masyarakat.

"Untuk meningkatkan mutu pendidikan Teknik Informatika melalui Kurikulum, Kurikulum untuk program pendidikan yang sekarang digunakan di Jurusan Teknik Informatika merupakan kurikulum baru yang telah diberlakukan mulai tahun akademik 2014/2015 hingga tahun akademik 2018/2019. Program kurikulum meliputi dasar-dasar ilmu komputer, ditunjang dengan kelompok matakuliah pendukung keahlian dan matakuliah pilihan. Seluruh matakuliah dapat diselesaikan dalam waktu 8 semester dengan total 145 sks" kata Budi lagi.

Dengan pengalamannya berkiprah selama lebih dari 13 tahun, Program Studi Teknik Informatika Universitas Potensi Utama telah berkontribusi nyata dalam menyelenggarakan pendidikan tingkat sarjana di bidang informatika. Hal tersebut didukung juga oleh manajemen maupun tenaga pendidik, dimana jurusan dikelola oleh 45 Dosen yang bergelar Magister yang berpengalaman. Jumlah mahasiswa aktif kurang lebih 1521 mahasiswa.

Leave us a Comment