UPU Jadikan Mahasiswa Cerdas Intelektual, Spiritual dan Emosional

Gabungan AUPF 2015-okUniversitas Potensi Utama (UPU) mencetak lulusan sesuai kebutuhan dunia kerja. (UPU) tidak saja membekali lulusannya  dengan kemampuan intelektual, tapi spiritual dan emosional.  Rektor UPU, Rika Rosnelly, SH., M.Kom mengatakan kurikulum yang diterapkan UPU berbasis kompetensi sehingga sesuai dengan kebutuhan pasar kerja. Secara umum dosen berpendidikan S3. UPU mengelola lima fakultas meliputi : Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer terdiri dari Program Studi Teknik Industri (S1), Teknik Informatika (S1), Sistem Informasi (S1), Manajemen Informatika (D3). Kemudian, Fakultas Seni dan Desain terdiri dari Program Studi Televisi dan Film (S1), Desain Komunikasi Visual (S1), Desain Interior (S1). Fakultas Psikologi terdiri dari Program Studi : Psikologi (S1). Fakultas Ilmu Politik dan Kependidikan terdiri dari Program Studi : Pendidikan Bahasa Inggris (S1), Ilmu Hubungan Internasional (S1). Fakultas Bisnis Syariah terdiri dari Program Studi : Ekonomi Syariah (S1) dan Perbankan Syariah (S1).

UPU selain kampus IT juga punya prestasi tingkat Regional, Sumatera maupun Nasional dan tetap fokus menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu melaksanakan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. "UPU tidak hanya terakreditasi secara program studi tetapi juga sudah mendapatkan akreditasi secara Institusi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi ("BAN-PT). Universitas Potensi Utama dalam meningkatkan pelayanan dan Sistem Manajemennya telah mendapatkan Sertifikasi ISO 9001:2008 dari TUV Indonesia," katanya.

Untuk menunjang bidang Pendidikannya, sambung Rika, UPU didukung dengan fasilitas yang lengkap, ada 50 kelas teori  yang full AC dan WIFI dilengkapi dengan LCD projektor, 11 Lab Komputer  (Praktek) yang nyaman  (full AC dan WIFI) serta dilengkapi LCD Projektor, ada Lab Software dan Hardware, Lab Elektronika dan Robotika, Lab Jaringan Komputer, Ruangan Studio Film dan Photografi, Lab Menggambar, Ruangan Gallery, Lab Fisika, Lab Statistik, Lab Optimasi dan Simulasi, Lab Analisa Perancangan Kerja dan Ergonomi. UPU memperluas jaringan kerjasama dengan melakukanbeberapa kegiatan dan seminar nasional yaitu Seminar Nasional Informatika (SNIf) bekerjasama dengan Penerbit Andi-Offset Jogjakarta dalam hal penerbitan buku-buku perkuliahan yang ditulis oleh dosen-dosen UPU.

UPU juga bekerja sama dengan STMIK Dipanegara Makasar, STMIK Pontianak, STMIK Tasikmalaya, STIKOM Bali, STMIK Amikom Yogyakarta, Universitas Dian Nuswantoro Semarang, STMIK Raharja Tangerang yang tergabung dalam konsorium CORIS (Cooperation Computer Research Inter University) untuk tukar menukar penelitian, seminar, jurnal dan bekerjasama dengan IndoCEISS (Indonesian Computer Electronics and Instrumentation Support Society)Universitas Gadjah Mada Yogyakarta di bidang penelitian. UPU terus memperluas jaringan kerjasama di tingkat Asia melalui Asian University Presidents Forum (AUPF) yang merupakan kegiatan tahunan. Kerjasama meliputi bidang pertukaran mahasiswa, pendidikan, penelitian, seminar dan jurnal dengan beberapa Universitas diantaranya Universitas Potensi Utama dengan Dongseo University (Korea Selatan), Vellore Institute of Technology University (India), Dafodil Internasional University of Thailand (Thailand), Our Lady of Fatima University (Philipines), Guangdong University of Foreign Studies, Guangzhou (China), Pan Pacific University North Philipines (Philipines), SunMoon University (Korea).

"Alhamdulillah Universitas Potensi Utama diberi kepercayan menjadi penyelenggara Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSi) ke 7 kerjasama dengan ITB Tahun 2011, Penyelenggara KRI dan KRCI tingkat Regional I Sumatera dari DIKTI Tahun 2012, Penyelenggara ICA (Indonesia Cyber Army) Kontes Pertama Tahun 2012 dan Penyelenggara Rakornas (Rapat Koordinasi Nasional) APTIKOM Tahun 2012," uarai Rika lagi. Disamping itu, banyak hal yang dilakukan Universitas agar menjadi lebih baik dimana terdapat beberapa prestasi yang diraih disetiap departemen. UPU sudah mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indoensia (KKNI) dalam melakukan penyusunan kurikulum. Kemudian, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UPU mendorong para dosen untuk melakukan penelitian agar lebih berperan aktif dalam menyumbangkan ide dan pemikirannya. Untuk mendukung pemerataan informasi dan memastikan tersebar luasnya artikel/karya ilmiah yang dipublikasi, Universitas Potensi Utama melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) mempunyai sebuah jurnal dalam bidang komputer yang berguna sebagai wadah publikasi ilmiah dosen dan nama jurnal tersebut CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal)  dan Jurnal CSRID  dapat diakses secara online dengan alamat url : http://csrid.potensi-utama.ac.id/index.php/CSRID.

Disamping itu ada beberapa prestasi yang didapat dari mahasiswa Universitas Potensi Utama pada tahun 2010 s.d 2015 yaitu Universitas Potensi Utama meraih juara desain terbaik pada Kontes Muatan Roket Indonesia diselenggarakan  oleh UGM Yogyakarta, DIKTI dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional Tahun 2010. Meraih juara 3 untuk Andalas Kids Fair Robot Kontes 2012 yang diselenggarakan di Pekan Raya Sumatera Utara. Meraih Juara 3 untuk Kontes Robot Indonesia  (KRI) pada Kontes Robot Tingkat Regional 1 di Bandar Lampung, meraih juara 2 dan juara 3 untuk Kontes Robot Line Follower Artechno 2013 yang diselenggarakan di Universitas Sumatera Utara (USU), meraih juara 1 untuk Kontes Robot Line Follower  Artechno  2014 yang diselenggarakan di Universitas Sumatera Utara (USU), meraih juara 1 KRCI Divisi Pemadam Api diselenggarakan di STMIK MDP Palembang tahun 2015, meraih juara 1 untuk Kontes Robot Line Follower Aretechno 2015, meraih juara 2 dalam KRCI Divisi Pemadam Api diselenggarakan di Politeknik Caltex Riau Tahun 2016, meraih juara 1 Kontes Robot Sederhana se-Sumatera Utaradiselenggarakan oleh Kopertis Wilayah 1 Tahun 2016, meraih juara Favorit Desain Grafis Artechno  2015 diselenggarakan di Universitas Sumatera Utara, meraih juara 3 dalam Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) tahun 2015 tingkat Kopertis Wilayah 1 Sumatera Utara, Penerimaan bantuan program mahasiswa wirausaha tahun 2015 dilingkungan Kopertis Wilayah 1 Sumatera Utara.

Leave us a Comment