Prodi Desain Komunikasi Visual UPU Usung Kearifan Lokal

dkv-1Universitas Potensi Utama (UPU) sebagai yang pertama dan satu-satunya perguruan tinggi dikota Medan memiliki Program Studi Desain Komunikasi Visual dibawah Fakultas Seni dan Desain sejak STMIK Potensi Utama disahkan menjadi Universitas pada tahun 2014. Menurut Dekan Fakultas Seni dan Desain, Muhammad Rusdi Tanjung, S.Kom., M.Ds, pasar desain dan industri kreatif khususnya di Kota Medan saat ini mengalami perkembangan sangat pesat, sehingga kebutuhan akan SDM Profesional dibidang desain dan industri kreatif tersebut memiliki peluang yang sangat besar.

Menjawab kebutuhan itulah Prodi Desain Komunikasi Visual UPU berupaya mendidik dan menghasilkan mahasiswa berjiwa entertain. "Melalui pendidikan berlandaskan kemandirian dan pengembangan bakat untuk berkarya atas kreatifitas dan unsur seni yang ada dalam diri mereka, dengan tetap berlandaskan pada kearifan lokal budaya Sumatera Utara melalui local konten budaya melayu", katanya. Dengan kurikulum yang dirancang memenuhi kebutuhan stakeholder dan mengacu pada rumusan bersama Asosiasi Program Studi Desain Komunikasi Visual seluruh Indonesia (APROSFISI) agar dapat menghasilkan lulusan memiliki kompetensi dan keahlian setingkat dengan seluruh prodi Desain Komunikasi Visual di perguruan tinggi ternama di Indonesia.

Dalam proses belajarnya, mahasiswa DKV memiliki perbedaan dengan mahasiswa lainnya, hal ini disebabkan mereka memiliki kemampuan bekerjasama yang tinggi. Mereka diajarkan untuk dapat mengimplementasikan atau mewujudkan apa yang menjadi ide-ide emas mereka. Salah satu wujud paling mendasar dari penerapan ide-ide tersebut dengan adanya matakuliah Kreatif Thinking.
 "Pada matakuliah dasar ini, mahasiswa diarahkan dapat mengeksplorasi bahan, atau media yang mudah ditemukan dilingkungan sekitar, untuk dapat menjadi sebuah karya seni kemudian karya-karya tersebut ditampilkan dalam kegiatan pameran rutin diadakan dikampus dan hampir setiap matakuliah di DKV UPU mengacu pada proses penciptaann karya, yang memotifasi mahasiswa untuk dapat terus menrus mengembangkan ide dan kemampuan mereka dan tidak terlepas dari pendampingan oleh Dosen," sebut Rusdi. Selain itu pendidikan DKV , UPU juga mengacu pada perkembangan teknologi dan budaya dalam penggarapan ide serta konsep desain yang dihasilkan oleh mahasiswa, seperti  dunia advertising, komik, visual animasi, fotografi, website, game, home industry, handmade product, dan banyak lagi.

"Jadi, jika Anda atau orang-orang terdekat Anda memiliki atau ingin berbakat dalam menghasilkan karya, merupakan pilihan yang tepat jika Anda bergabung untuk belajar diprogram studi Desain Komunikasi Visual Universitas Potensi Utama," demikian Rusdi.

Leave us a Comment