Prodi Teknik Industri UPU Siap Hadapi Dunia Kerja

TI UPUProgram Studi Teknik Industri yang berada dalam naungan fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Potensi Utama (UPU) ini diarahkan menjawab kebutuhan Sarjana Industri Nasional. Menurut Ketua Prodi Teknik Industri, Yulie Setiawannie, MT jurusan Teknik Industri seperti menggabungkan berbagai ilmu yang terlibat dalam sebuah proses industri. Aspek paling khas dari Teknik Industri adalah fleksibilitas yang ditawarkannya,  jurusan ini membahas industri secara luas sehingga dapat melibatkan pembahasan bidang keteknikan lainnya, karena itu prospek kerja jurusan teknik ini menjadi sangat luas.

"Peran lulusan Teknik Industri dapat terdiri dari pemotongan jalur sistem, perampingan ruang operasi, pemasaran secara global yang bermuara pada tujuan untuk menghemat modal dan efisiensi sumber daya," katanya. Melihat kondisi itu, lulusan Teknik Industri UPU siap bersaing mencakup lembaga keuangan, jasa konsultasi, jasa teknologi informasi, pelayanan masyarakat dan lain sebagainya. Sedangkan di Industri manufaktur telah mencakup bidang manajemen produksi, sumber daya manusia, pemeliharaan, logistik, inventori dan lain sebagainya. Posisi seorang sarjana Teknik Industri yang umum adalah project manager, product engineer, process engineer, logistic and inventory control, quality control, quality assesement, team desaigner dan sebagainya.

Secara georgrafis, UPU yang terletak di JL. K.L Yos Sudarso Km 6,5 No. 3-A, Tanjung Mulia ini dekat dengan area industri, yaitu Kawasan Industri Medan yang berpotensi menjadi pusat perindustrian di Kota Medan, bahkan di Sumatera. Hal ini menyebabkan bahwa program studi Teknik Industri UPU diharapkan untuk dapat bersaing dan berkembang. "Kebutuhan manusia akan berbagai barang untuk mempermudah hidupnya akan terus ada selama manusia itu sendiri masih ada, karena itu Teknik Industri menjadi bidang yang tidak ada matinya", tambah yulie.

Dalam mempersiapkan mahasiswa kita dalam MEA yang perlu dilakukan adalah menyiapakan kurikulum yang diakui standart kompetensinya oleh asosiasi jurusan di Indonesia serta menstandarisasi jurusan agar mendapatkan pengakuan institusi yang diakui di level ASEAN lalu menyiapkan mahasiswa dalam mengikuti kompetensi di level Internasional sehingga jurusan akan lebih diakui ditingkat Internasional, pungkas yulie. Rumusan profil yang di usulkan diharapkan pada karir awalnya, lulusan Teknik Industri mempunyai ciri baik baik dalam tim kerja pada manajemen awal. Hal ini juga didukung dengan kurikulum dan metode pengajaran. Untuk peningkatan pendidikan, kurikulum Teknik Industri UPU sudah berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), yaitu kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor, khususnya jurusan Teknik Industri.

"Berbagai ilmu yang didapatkan seorang mahasiswa jurusan Teknik Industri menjadikan lulusan jurusan ini memiliki prospek lapangan kerja yang relatif luas. Banyak sekali perusahaan yang membutuhkan lulusan Teknik Industri dari industri kecil hingga yang besar, dari industri hulu hingga hilir, berbagai industri jasa dan industri manufaktur, pemerintah maupun swasta," kata yulie.

Leave us a Comment