Program Studi Televisi dan Film UPU Selalu terbuka untuk menerima pembaharuan

Universitas Potensi Utama (UPU) sebagai yang pertama dan satu-satunya Perguruan Tinggi di Kota Medan yang memiliki Program Studi Televisi dan Film di bawah Fakultas Seni dan Desain sejak STMIK Potensi Utama disahkan menjadi Universitas pada tahun 2014.

            Menurut Dekan Fakultas Seni dan Desain, Mhd. Rusdi Tanjung, S.Kom, M.Ds. Media Televisi sudah demikian besar daya tariknya bagi masyarakat baik sebagai pihak penyelenggara siaran maupun sebagai penikmat siaran-siaran yang disajikan. Begitu besarnya daya tarik media ini karena televisi mampu menyajikan informasi suara dan gambar dengan program tayangan yang disajikan semakin menarik dan bervariatif. Demikian besar minat masyarakat pada media ini juga berpengaruh besar dampaknya baik sosial, budaya, politik, ekonomi dan sektor lain di kehidupan masyarakat.

            Sebagai langkah awal demi mewujudkan pendidikan yang berkualitas, Program Studi Televisi dan Film Universitas Potensi Utama telah menggelar kerjasama (MOU) bersama Institut Seni Indonesia Padangpanjang ( ISI Padangpanjang) dan Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Sumatera Utara (USU). Selain itu, Program Studi Televisi dan Film UPU juga telah terdaftar menjadi anggota Asosiasi Program Studi Film dan Televisi (APROSFISI). Kerjasama ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan stakeholder agar dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dan keahlian setingkat dengan seluruh prodi televisi dan film di perguruan tinggi ternama di Indonesia.

            Dalam proses belajarnya, Mahasiswa Televisi dan Film di tuntut memiliki sifat komitmen yang tinggi guna menjaga kerja sama yang kuat dalam menghadapi berbagai masalah khususnya dalam bidang perfilman seperti dalam penggarapan sebuah film. Dan juga Mahasiswa TF harus mampu bagaimana melihat kedepan dengan perkembangan teknologi dan informasi tanpa lupa bagaimana cara untuk melihat kebelakang dimana kita memiliki budaya yang luar biasa.

            Mahasiswa Televisi dan Film (UPU) juga telah banyak mengadakan kegiatan pembuatan film-film pendek. Film-film pendek ini biasa di pamerkan di akhir semester dan akan dipilih menjadi film pendek terfavorit berdasarkan hasil voting dari seluruh mahasiswa yang telah menontonnya. Salah satu kegiatan mahasiswa Televisi dan Film UPU adalah melakukan proses produksi pembuatan Film bersama mahasiswa Institut Kesenian Jakarta (IKJ) dalam menggarap sebuah karya film di Tuk Tuk Toba Samosir dengan tema mengangkat kebudayaan daerah.

Kegiatan mahasiswa Televisi dan Film UPU melakukan proses produksi pembuatan Film bersama mahasiswa Institut Kesenian Jakarta (IKJ) dalam menggarap sebuah karya film di Tuk Tuk Toba Samosir dengan tema mengangkat kebudayaan daerah.

Leave us a Comment