PRODI PBI UPU GELAR TOEP WORKSHOP & SIMULATION UNTUK MENGHADAPI SERDOS 2016

Untuk mencapai visinya menjadi prodi Pendidikan Bahasa Inggris yang Unggul di Sumatera pada tahun 2020, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Potensi Utama terus melakukan terobosan dan inovasi dalam bidang pendidikan dan pengajaran bahasa Inggris.

Salah satu terobosan yang telah dilakukan baru-baru ini adalah dengan menggelar pelatihan dan simulasi Test of English Proficiency (TOEP) bagi para dosen di lingkungan Universitas Potensi Utama. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi bahasa Inggris sivitas akademika dan juga persiapan untuk menghadapi Sertifikasi Dosen (Serdos) 2016.

TOEP merupakan tes kemahiran berbahasa Inggris yang diselenggarakan secara online oleh Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI). Penanggung jawab TOEP adalah TEFLIN (Association of Teaching English as a Foreign Language in Indonesia) yang dalam pelaksanaannya bekerjasama dengan Pusat Layanan Tes (PLT) yang ada di perguruan tinggi. Kelulusan TOEP merupakan salah satu aspek penting yang menentukan lulus atau tidaknya seorang dosen dalam proses sertifikasi.

Pada pelatihan ini, Ashari P Swondo, S.Pd.,M.Hum. yang juga merupakan Dekan Fakultas Ilmu Politik dan Kependidikan, yang bertindak sebagai fasilitator, mengupas secara detail semua hal yang berkaitan dengan TOEP. Pembahasan meliputi proses pendaftaran online dan pembayaran biaya ujian, materi ujian yang meliputi kemahiran memahami teks lisan (listening) dan tulisan (reading) dan alokasi waktunya, strategi dan tips menjawab soal, tata tertib pelaksanaan tes, penyekoran hingga sertifikat hasil tes. Familiaritas peserta tes terhadap media yang digunakan dalam tes ini seperti komputer, headset, mouse, keyboard, model aplikasi tes yang digunakan, dan video tutorial, juga tidak luput dari pembahasan.

 

Hasil yang siknifikan dapat terlihat dari persentase kelulusan dosen Universitas Potensi Utama pada sertifikasi dosen 2016 tahap I. Hal ini merupakan bukti bahwa budaya akademis yang dilakukan dalam peningkatan kompetensi bahasa Inggris sivitas akademika di kampus telah membuahkan hasil. Nilai TOEP yang diperoleh oleh dosen yang disertifikasi (DYS) memberikan kontribusi yang positif terhadap kelulusan para dosen dalam sertifikasi ini”, menurut Dina Irmayanti, S.Pd.,M.Hum. selaku Kaprodi PBI.

 

“Kelulusan sejumlah dosen pada Serdos 2016 ini merupakan hal yang sangat kami syukuri. Hal ini juga merupakan bukti bahwa profesionalitas dan kompetensi pendidik di Universitas Potensi Utama, terutama di prodi PBI telah mendapatkan pengakuan pemerintah. Kualitas SDM yang mumpuni merupakan salah satu modal penting bagi kami untuk meningkatkan peringkat akreditasi prodi PBI ke arah yang lebih baik pada proses reakreditasi prodi ini kedepannya.”, jelas Ashari.

 

Leave us a Comment