Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi UPU meraih kompetensi Profesionalisme (Database Administration Fundamentals)

Dari hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan pada Tahun 2016 terdapat lebih dari 700 ribu lulusan perguruan tinggi sarjana/diploma menganggur. Kebutuhan sarjana atau tenaga ahli di bidang Teknologi Informasi diprediksi terus meningkat dan sangat dibutuhkan di masyarakat. Pertumbuhan teknologi semakin meningkat, sehingga lulusan IT harus mampu dan menguasai beberapa Teknologi Komputer.

Kebutuhan terhadap tenaga kerja ahli tersebut membuat Universitas Potensi Utama mempersiapkan kwalitas terhadap daya saing mahasiswa yang lebih dinamis terhadap teknologi yang berkembang saat ini, hal ini yang menyebabkan kompetensi bagi sarjana komputer sangatlah penting untuk mendukung keahlian selain dari ijazah. Seperti halnya ijazah sebagai bukti seseorang lulus sebagai sarjana komputer, sertifikat kompetensi dibutuhkan mahasiswa jika ingin diakui sebagai orang yang kompeten di bidang keahlian komputer tertentu, misal pemrograman, database, jaringan, administrator sistem, dan sebagainya “ Demikian menurut Mas Ayoe Elhias Nst, M. Kom , Kepala Prodi Sistem Informasi UPU

Seiring berjalannya waktu walaupun belum mendapat gelar sarjana, sertifikat kompetensi dapat digunakan mahasiswa untuk mencari kerja dalam hal perekrutaan tenaga kerja, perusahaan juga melihat kompetensi yang dimiliki pelamar, selain ijazah dan transkrip nilai akademiknya.

Pada dasarnya Ilmu dan skill untuk lulus sertifikasi dapat diasah melalui pelatihan atau belajar mandiri, apalagi mahasiswa komputer diberikan teori dan konsep dasar ilmu komputer yang kuat selama kuliah. Sertifikat kompetensi tidak sama dengan sertifikat kursus biasa, karena proses sertifikasi kompetensi diakui pihak asing seperti dalam pelatihan ini. Sertifikat kompetensi di bidang Teknologi Informasi diberikan oleh lembaga sertifikasi yang diakui Multimatics dengan kerjasama dengan Certiport yang asalnya dari USE (American Fork).

Ayoe mengatakan “ Mahasiswa Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Program Studi Sistem Informasi UPU bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Pengembangan dan Traning Multimatic. Pada tanggal 19 september 2016 sampai dengan tanggal 23 September 2016 ini Mahasiswa Sistem Informasi UPU telah menjalani pelatihan dan training “Database Administration Fundamentals”, dan mereka juga sudah menjalankan ujian Try out dan terakhir adalah Exam. Exam diadakan secara online dan dalam waktu dan tempat yang sudah ditetapkan, disinilah mereka di uji kemampuan kompetensi mereka di bidang database”

 Pada saat mahasiswa mengikuti Exam, mereka akan mendapatkan setifikat kompetensi Database Administration Fundamentals Nasional dan Internasional yang di akui oleh dunia, dipastikan mahasiwa yang telah mengikuti dapat diuji kompetensinya melalui program sertifikasi lainnya. Akhirnya mahasiswa Jurusan Sistem Informasi UPU layak mendapatkan gelar dari Database Administration Fundamentals (MTA), dengan nilai yang cukup memuaskan dan mampu bersaing secara Internasional.

Leave us a Comment