UPU Gelar Uji Kompetensi Bahasa Inggris Tingkat Nasional

Universitas Potensi Utama melalui Fakultas Ilmu Politik dan Kependidikan (FIPK) terus menunjukkan bukti konkrit dan kontribusinya dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal ini diwujudkan melalui sejumlah kegiatan pendidikan yang diarahkan untuk menyiapkan peserta didik melalui bimbingan, pengajaran, dan pelatihan dalam rangka mengisi peranan tertentu di masyarakat pada masa yang akan datang.

 

Pendidikan yang dirancang dan diimplementasikan dengan baik merupakan instrumen untuk mewujudkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki kemampuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri, serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan, jelas Ashari P. Swondo, S.Pd.,M.Hum. selaku Dekan Fakultas Ilmu Politik dan Kependidikan.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Potensi Utama bekerjasama dengan Tempat Uji Kompetensi Bahasa Inggris (TUK-BIG) Casel Islamic English House menyelenggarakan Uji Kompetensi Bahasa Inggris (UK-BIG) tingkat nasional pada hari Sabtu/ 12 November 2016 yang lalu.

UK-BIG ini dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Ibu Hj. Dra. Sri Muliani, M.Pd selaku Kabid Pendidikan Non Formal dan Informal Kota Medan. Di acara tersebut, Ibu Lusi Reni Intan selaku Ketua Lembaga Sertifikasi Kompetensi (LSK) Bahasa Inggris Pusat secara simbolik menyerahkan soal ujian kepada Ibu Hj. Dra. Sri Muliani, M.Pd yang kemudian menyerahkannya kepada Bapak Rocky Firmansyah, S.S. selaku Pimpinan Tempat Uji Kompetensi Bahasa Inggris (TUK-BIG) Casel Islamic English House.

UK-BIG merupakan sebuah tes Uji Kompetensi Bahasa Inggris resmi yang dipersiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Dirjen PAUDNI (Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Non Formal dan Informal). Tes ini menguji empat keterampilan berbahasa Inggris secara terintegrasi yang meliputi keterampilan membaca, mendengar, menulis dan berbicara. Uji kompetensi ini terbagi menjadi tiga Level, yaitu; Survival English (SE), English for Communication (EFC), dan Advance English Communication (ACE). Peserta tes yang lulus akan dinyatakan kompeten dan mendapatkan Sertifikat Kompetensi yang dikeluarkan dan diakui oleh pemerintah.

Uji Kompetensi ini diikuti oleh segenap unsur sivitas akademik Universitas Potensi Utama yang meliputi mahasiswa, tenaga pendidik dan Kependidikan dan sejumlah peserta yang berasal dari luar UPU. UK-BIG ini sangat bermanfaat untuk relevansi mewujudkan lulusan perguruan tinggi yang bermutu dan berdaya saing tinggi khususnya dalam penguasaan bahasa Inggris untuk menembus ketatnya persaingan dunia kerja. Selain itu, Kami dari Fakultas Ilmu Politik dan Kependidikan percaya bahwa penyelenggaraan kegiatan ini sangat bermanfaat tidak hanya untuk pencapaian VISI Prodi Pendidikan Bahasa Inggris untuk Menjadi Pusat Pendidikan Bahasa Inggris yang Unggul di Sumatera dan Mampu Berperanserta di Tingkat Nasional dan juga sebagai upaya untuk mewujudkan target Akreditasi B untuk Prodi ini, Jelas Dina Irmayanti, S.Pd.,M.Hum selaku Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris, UPU.

Leave us a Comment