Prodi Ekonomi Syariah Melaksanakan Penyuluhan Pengembangan Ekonomi Kreatif di Kel. Helvetia

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Potensi Utama bekerjasama dengan Fakultas Seni Dan Disain mengajak masyarakat Medan Helvetia untuk mengasah kreatifitas dalam menghadapi perekonomian yang akan semakin sulit, dengan membina ibu-ibu rumah tangga yang tidak memiliki pekerjaan khusus untuk mengikuti pelatihan ekonomi kreatif dengan membuat berbagai macam produk kerajinan tangan/ Souvenir pada acara pengabdian masyarakat yang diselenggarakan di Aula Kantor Camat Kelurahan Helvetia, tidak hanya memberikan keterampilan para ibu-ibu yang mengikuti kegiatan tersebut, juga diberikan bekal untuk menyusun strategi pemasaran supaya apa yang telah dihasil dari tangan peserta berupa souvenir tidak akan sia-sia dan untuk mengasah lebih dalam lagi tingkat kreatifitas para peserta setelah memasarkan produknya dengan berkonumikasi langsung dengan customer.

             Pada kesempatan itu pula Bapak Alim Murtani selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Potensi Utama, menyatakan kegiatan bisnis yang akhir-akhir ini sedang menjadi incaran para pembisnis adalah bisnis kerajinan tangan. Sebenarnya bisnis yang satu ini bukan merupakan bisnis yang asing bagi masyarakat karena kerajinan tangan sudah menjadi salah satu hal yang banyak digemari orang, sehingga strategi marketing untuk bisnis ini mungkin tidak serumit pemasaran untuk produk kontemporer lainnya.

         Kemudian Ibu Ayu Lestari selaku Ka.Prodi Ekonomi Syariah menambahkan, masih ada kendala dalam memulai usaha, bingung bagaimana harus memasarkan hasil kreasinya, atau masyarakat yang sudah punya usaha souvenir tapi masih bingung  bagaimana agar produk souvenir bisa diterima oleh masyarakat? Setiap usaha pasti membutuhkan marketing atau pemasaran. Meski peluang usahanya bagus, jika tidak dipasarkan dengan baik, dari mana orang akan tahu produk kita? bagaimana orang akan beli produk kita? Bahkan ada yang bilang jika pemasaran itu merupakan ujung tombaknya suatu usaha. Berikut ada beberapa strategi dalam memasarkan produk souvenir kerajinan tangan yang disampaikan agar apa yang telah dihasilkan para ibu rumah tangga tidak diam ditempat.

  1. 1.Tentukan target market usaha anda, ini sangat penting karena jika target market tepat sasaran maka promosi akan lebih efisien dan efektif.
  2. 2.Berpromosi yang sesuai target market, produk harus dipromosikan secara terintegrasi mulai dari pembagian memasang iklan di koran, majalah,tabloid,koran lokal, lewat jaringan sosial di internet seperti facebook dll yang saat ini banyak digunakan orang.
  3. 3.Hasil Produk anda sebaiknya yang unik, agar produk kreasi anda bisa jadi trademark dan dikenal orang atau diingat orang.

           Karena tingakat perekonomian semakin lama akan semakin terus meningkat begitu juga dengan kebutuhan-kebutuhan yang juga akan terus mengikuti. Untuk menghadapinya kita masyarakat dituntut untuk mengeluarkan semua ide-ide yang dimiliki untuk terus berkreatifitas agar kebutuhan-kebutuhan yang akan datang dapat dipenuhi tampa harus pusing untuk memikirkannya, karena didalam diri kita ada gagasan yang dapat menghasilkan pundi-pundi kesejahteraan untuk masa depan.

           Maka dari itulah Universitas Potensi Utama mengajak seluruh ibu rumah tangga dikelurahan helvetia untuk lebih mengasah kembali kreatifitasnya dalam menghasilkan produk untuk menghadapi tingkat kebutuhan yang semakin tinggi.

Dan antusias para ibu-ibu yang mengikuti pelatihan tersebut sangatlah baik, bahkan mereka menginginkan pelatihan ini dapat diselenggarakan setiap bulannya karena mereka sadar tidak mudah mendapatkan penghasilan tanpa adanya kekreatifitasan dan strategi pemasaran yang baik dalam pengembangan berwirausaha.

 

 

Leave us a Comment