DKV UPU Mengapresiasi Karya Kreatif dan Inovatif Melalui Kegiatan Pameran bertema “Feel The Taste”

Fakultas Seni dan Desain Universitas Potensi Utama kembali menggelar pameran karya mahasiswa untuk yang ke-3 dengan mengusung tema “Feel The Taste”. Pada 19 s/d 29 November 2016 lalu. Bercermin dari suksesnya pameran sebelumnya pada maret 2016 lalu dengan temaApa Itu Seni?”, kali ini mahasiswa, masyarakat dan para tamu yang datang berkunjung pada kegiatan ini diajak untuk merasakan dan memahami makna dari sebuah karya seni yang dihasilkan oleh mahasiswa/I Fakultas Seni dan Desain .

Melalui kegiatan ini, mahasiswa/I di fakultas Seni dan Desain diajak untuk dapat mengekspresikan diri mereka dan berani untuk berkarya demi memperkenalkan jati diri mereka dan mendapat apresiasi dari masyarakat luas. Dalam kegiatan kali ini, mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual dipercaya untuk menjadi ketua panitia, yakni saudara Mizanul Amal Lubis. Bersama dengan team yang beranggotakan mahasiswa/I dari program studi yang berbeda, yakni Prodi DKV, Televisi dan Film, serta Desain Interor, mereka berkolaborasi untuk memberikan yang terbaik bagi khalayak luas, hal ini terbukti dengan kegiatan pendukung yang tidak hanya pameran, namun ada Street Doodle, Live Akustik, serta yang paling menarik minat pengunjung adalah Mini Bioskop yang menampilkan karya-karya mahasiswa Program Studi Televisi dan Film dan di buat Gratis bagi pengunjung.

Mizan mengungkapkan “pameran karya mahasiswa kali ini kami sajikan dengan banyak kegiatan yang dirangkum menjadi satu, dengan demikian banyak sisi seni yang bisa dinikmati. Tidak hanya kami dari fakultas Seni dan Desain, kami juga berkolaborasi dengan Fakultas Ilmu Politik dan Kependidikan melalui kegiatan Pameran Pendidikan yang bekerjasama dengan Aliance Francaise Medan. Hal ini saya lakukan untuk menunjukkan bahwa kami tidak menutup diri dari masyarakat luas, khususnya para pencinta seni, apalagi disini juga kami baru belajar dan butuh pelajaran baru dari orang lain”.

Dengan didampingi Ketua Program Studi DKV bapak Rinanda Purba selaku penanggung jawab kegiatan, seluruh team bekerja dengan sangat maksimal “Disini saya memantau dan mendampingi panitia dalam melakukan pekerjaan, dengan mempercayakan kegiatan ini kepada mahasiswa, saya yakin mahasiswa bisa memberikan yang terbaik, demi membawa nama baik Universitas Potensi Utama serta Fakultas Seni dan Desain. Melalui agenda-agenda kegiatan yang mereka rencanakan bersama, saya lebih yakin lagi bahwa mereka akan mampu menciptakan pola kerjasama yang baik dan kuat antar program studi maupun antar fakultas dalam menyelenggarakan kegiatan Kampus”.

Variasi karya-karya mahasiswa tahun ini juga mengalami peningkatan yang cukup besar dan bertolak ukur ke selera pasar desain saat ini. Olehkarena itu, untuk tarus memacu semangat mahasiswa dalam berkarya, kali ini diadakan penganugerahan untuk karya-karya terbaik dengan nominasi Karya Terbaik, Fotografi Terbaik, dan Karya Film Favorit di hari penutupan pameran tanggal 29 November 2016 lalu yang diserahkan langsung oleh Bapak Dekan Fakultas Seni dan Desain Universitas Potensi Utama yang disaksikan oleh Wakil Rektor I dan II, serta para tamu undangan yang hadir.

Pameran karya mahasiswa adalah agenda rutin yang digagas oleh Dekan Fakultas Seni dan Desain Universitas Potensi Utama sebagai salah satu metode pengambilan nilai beberapa mata kuliah major yang memang mahasiswa dituntut untuk memperlihatkan/menampilkan karya desain yang telah dibuat agar karya itu sampai kepada masyarakat sesuai dengan esensi dari bidang keilmuan desain, selain untuk mengasah hardskill juga untuk melatih softskill mahasiswa dengan keterlibatannya dalam kepanitiaan pameran.

Fakultas Seni dan Desain terus bekerja keras dalam peningkatan mutu program studi dan mahasiswa salah satunya dengan adanya kegiatan pameran ini agar di pameran berikutnya bisa jauh lebih baik lagi dan mendapatkan apresiasi lebih luas lagi dari banyak pihak.

Leave us a Comment