Mahasiswa Psikologi UPU Berkunjung Ke Panti Jompo Karya Kasih

Ketika mendengar kata “Panti Jompo” hati kita tentu merasa pilu. Kita mengetahui bahwa saat manusia memasuki usia senja segala kondisi fisik akan menurun dan saat itu orangtua akan lebih membutuhkan perhatian dari keluarga.

            Sabtu, 27 November 2016 Mahasiswa Psikologi Universitas Potensi Utama mengadakan kegiataan sosial dengan berkunjung ke panti jompo Karya Kasih yang bertujuan untuk berbagi kasih dengan para penghuni panti,adapun tema yang diangkat kali ini adalah “Loving to Grandma and Grandpa”. Peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah seluruh mahasiswa semester 3 yang di damping oleh Dosen, Kaprodi dan Dekan Fakultas Psikologi. Disini mahasiswa tidak hanya berkunjung membawa misi sosial saja tapi juga memenuhi tugas untuk mata kuliah psikologi perkembangan 2.

Kegiatan dimulai dengan kata sambutan dari Dekan yang mewakili kampus Universitas Potensi Utama, yang dilanjutkan oleh Suster Lusi sebagai pihak panti jompo yang di huni sebanyak 100 orang manula dengan mengatakan bahwa sangat bahagia menerima kedatangan mahasiswa dan berharap dapat memberikan manfaat ataupun pencerahan dari kunjungan tersebut. Kemudian penyerahan sumbangan dari seluruh mahasiswa dan dosen fakultas psikologi secara simbolik kepada Suster Lusi, walaupun sumbangan yang diberikan tidak dalam jumlah yang banyak tapi, paling tidak dapat membantu bagi para manula yang tinggal di panti ujar Dwi Rahmalia,M.Psi.

Para mahasiswa Psikologi memberikan hiburan bagi penghuni panti , dimulai dengan menyanyikan lagu Ayah, hingga lagu mandarin serta lagu batak permintaan dari oma yang tinggal dipanti tersebut, tidak hanya itu saja ada juga opa yang ikut menyumbangkan suaranya dengan menyanyikan lagu mandarin dan Garuda Pancasila. Begitu antusiasnya oma dan opa disana ikut bergembira bersama mahasiswa. Ketika seorang mahasiswa yang menyanyikan lagu mandarin, ada beberapa mahasiswa yang memberikan setangkai mawar kepada opa dan oma sebagai tanda kasih sayang mereka,tampak dari wajah opa/oma yang menerimanya dengan terharu serta senang. Tidak hanya itu saja mahasiswa juga menari maumere bersama opa dan suster yang ada disana.

Bukan nyanyian ataupun tarian saja kegiatan yang dilakukan disana tapi ada juga dialog interaktif dengan salah satu dosen yang dibawakan oleh ibu Hanifah Delimunthe, M.Psi, Psikolog. Beliau menanyakan bagaimana perasaan oma dan opa selama tinggal di panti jompo. Ada beberapa opa dan oma yang mau berbagi cerita dan pengalaman mengenai hal itu, ada pula yang mengatakan dikarenakan tidak diperhatikan oleh anak-cucunya, dan ada pula yang sengaja ingin tinggal di panti karena ingin merasakan kebersamaan,serta ada juga karena ketidak sanggupan anak-cucu untuk merawat kakek dan nenek lansia.

Begitu akrabnya interaksi antara mahasiswa dengan opa/oma, bahkan ada seorang oma yang memberikan nasihat kepada mahasiswa yaitu “jangan terlalu sibuk mencari uang karena uang tidak bisa membuat kebahagiaan”, semua yang hadir disitu terharu mendengar perkataan oma tersebut.

Diakhir kegiatan para rombongan Fakultas Psikologi bernyanyi bersama dengan oma/opa lagu Kemesraan, ditutup dengan foto bersama. Begitu indahnya kita masih bisa saling berbagi terhadap sesama yang membutuhkan, disamping itu banyak kesan dan pesan yang bisa kita peroleh dari kegiatan ini.

Leave us a Comment