UPU di Monev Program Beasiswa Bidikmisi dari Dikti

Beasiswa Bidik Misi 2016 adalah salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia adalah dengan memberikan Beasiswa bagi siswa SMA/SMK/MA untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Beasiswa Bidik Misi diberikan oleh Dikti kepada siswa yang kurang mampu, namun memiliki prestasi yang baik di sekolah. Sesuai motto Dikti, menggapai asa memutus rantai kemiskinan.  Program ini mempunyai misi untuk menghidupkan harapan bagi masyarakat kurang mampu dan memiliki potensi akademik memadai untuk dapat menempuh pendidikan sampai ke jenjang Pendidikan Tinggi , nantinya diharapkan dapat mengisi kebutuhan sumber daya manusia Indonesia yang siap berkompetisi diera Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)

“Alhamdulillah Untuk Tahun 2016 ini kembali Universitas Potensi Utama Medan mendapatkan Kuota Program Beasiswa Bidikmisi yaitu 3 orang untuk Program Studi Sistem Informasi (S1) , 3 orang untuk Program Studi Teknik Informatika (D3) dan 3 orang untuk Program Studi Manajemen Informatika (D3) “ kata Asbon Kabag.Humas dan Kemahasiswaan Universitas Potensi Utama.

Berhubungan dengan program Beasiswa Bidikmisi 2016 tersebut maka Kopertis Wilayah I Sumut pada tanggal 20 Desember 2016, mengadakan Monitoring dan Evaluasi Program Bidikmisi tahun 2016 di Universitas Potensi Utama. Dalam Monitoring dan Evaluasi tersebut dari Kopertis Wilayah I Sumut yang melakukan Monitoring dan Evaluasi tersebut Bapak Heriyanto, S.Sos, M.Si sebagai Ketua Tim dan dibantu oleh Bapak Armiadi Asamat, S.Sos sebagia Anggota Tim.

Monitoring dan Evaluasi tersebut selain dihadiri oleh Mahasiswa/I UPU Penerima Beasiswa Bidikmisi Tahun 2016 turut juga hadir Bapak Asbon Hendra, M.Kom Kabag. Humas dan Kemahasiswaan UPU. Dalam Monev tersebut Tim Monev Kopertis Wilyah I Sumut memonitoring berkas-berkas penerima Beasiswa Bidikmisi tersebut sekaligus menanyakan langsung kepada Mahasiswa/I penerima Beasiswa Bidikmisi tersebut. Bapak Heriyanto, S.Sos, M.Si pada saat monev tersebut memberikan pengarahan dan motivasi kepada Mahasiswa/I Penerima Beasiswa Bidikmisi tersebut agar bisa menggunakan dan bantuan Beasiswa Bidikmisi tersebut untuk hal-hal yang berguna dan berhubungan dengan kegiatan dengan Perkuliahan, jangan dipergunakan untuk diluar dari hal tersebut serta memotivasi mereka agar membuat kelompok belajar agar nantinya bisa mendapatkan IP yang memuaskan , selain itu mereka diarahkan juga selalu mengikuti kegiatan Ekstrakurikuler yang diadakan oleh UPU maupun Kopertis Wilayah I Sumatera Utara agar menambah wawasan dan pengalaman mereka diluar dunia Pendidikan.

Asbon Hendra. M.Kom selaku perwakilan dari Universitas Potensi Utama juga memberikan arahan kepada Mahasiswa/I penerima beasiswa tersebut agar bisa mencontoh para Alumni UPU penerima Beasiswa Bidikmisi yang sudah selesai kuliahnya dengan tepat waktu dan IPnya memuaskan. Diharapkan mereka lebih fokus pada proses perkuliahan serta belajar sungguh-sungguh.

Kepada Tim Monev dari Kopertis Wilayah I Sumatera Utara, Asbon mengucapkan terima kasih telah datang melakukan Monitoring dan Evaluasi ke Universitas Potensi Utama, dimana dalam Monev tersebut Tim Monev Kopertis Wilayh I Sum juga memberikan arahan yang nantinya berguna bagi UPU dalam hal Beasiswa Bidikmisi.

Kabag. Humas dan Kemahasiswaan Universitas Potensi Utama mengatakan “ Tahun 2012 , Universitas Potensi Utama - Medan mendapatkan kuota Beasiswa Bidikmisi sebanyak 6 orang untuk Program Studi Sistem Informasi sementara untuk Tahun 2013 penerima Bidik Misi ada 8 orang Mahasiswa yaitu 4 mahasiswa program studi Sistem Informasi dan 4 Mahasiswa Program Studi Manajemen Informatika sedangkan Tahun 2015 Universitas Potensi Utama Medan mendapatkan Kuota Program Beasiswa Bidikmisi yaitu 2 orang untuk Program Studi Sistem Informasi (S1) , 2 orang untuk Program Studi Teknik Informatika (D3) dan 2 orang untuk Program Studi Manajemen Informatika (D3)”.

Universitas Potensi Utama - Medan menerima Program Beasiswa Bidikmisi disebabkan karena Program Studi Sistem Informasi (S1), Program Studi Teknik Informatika (S1) dan Program Studi Manajemen Informatika (D3) dikarenakan sudah memenuhi persyaratan yaitu jumlah program studi yang memenuhi persyaratan akreditasi dan persyaratan lainnya sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti bersama Kopertis Wilayah I Sumatera Utara.

 

Leave us a Comment