HI UPU Gelar Festival Akulturasi Budaya Indonesia Dan Jepang

Festival Akulturasi Budaya Indonesia dan Jepang

Prodi Ilmu Hubungan Internasional (HI), Universitas Potensi Utama sukses menggelar Festival Akulturasi Budaya Indonesia dan Jepang bekerjasama dengan Konsulat Jenderal Jepang di Medan dengan tema “Kebudayaan sebagai Media Diplomasi yang Efektif”. Pada acara ini, turut hadir delegasi dari Konsulat Jenderal Jepang di Medan, yaitu Mr. Daiki Yokoyama, yang merupakan Konsul Muda bidang Pendidikan dan Kebudayaan.

Akulturasi budaya merupakan proses perpaduan antara dua kebudayaan atau lebih tanpa meninggalkan kebudayaan asli.  Akulturasi budaya ini dapat terjadi karena kedua kebudayaan memiliki sejumlah kesamaan sehingga mudah diterima oleh masyarakat lokal.

Dalam sambutannya, Ashari P Swondo, S.Pd.,M.Hum. selaku Dekan Fakultas Ilmu Politik dan Kependidikan berterimakasih kepada pihak Konsulat Jenderal Jepang di Medan yang telah mendukung acara ini dengan mengirimkan delegasinya untuk memberikan kuliah umum dan memfasilitasi peminjaman barang-barang kebudayaan Jepang. Ashari juga berharap agar kerjasama yang telah terbina dapat terus ditingkatkan kedepannya.

Acara ini merupakan media yang efektif untuk mempererat hubungan yang telah terbangun antara masyarakat Indonesia dan Jepang. Acara ini juga dapat menjadi wadah bagi mahasiswa/i kami untuk menunjukkan bakat dan kreativitas sekaligus menjadi pembelajaran lintas budaya yang efektif, jelas Ashari.

Acara ini menampilkan sejumlah kegiatan edukatif seperti lomba pidato bahasa Jepang dan Seminar yang diikuti dengan pagelaran kesenian Indonesia dan Jepang yang dikemas dengan sangat menarik dalam pentas seni musik dan tari. Pertunjukan musik Jepang, Melayu, pagelaran busana tradisional Ulos dan Yukata hingga tari tradisional Indonesia sukses menghibur seluruh peserta acara.

Mr. Yokoyama tidak hentinya berdecak kagum melihat mahasiswa Indonesia yang sangat antusias mempelajari bahasa dan budaya Jepang dan mampu menampilkan budaya Jepang dengan baik. “Acara ini sangat baik untuk memperkaya khasanah budaya kedua Negara”, tambahnya.

Di acara tersebut, Mahasiswi Prodi Ilmu Hubungan Internasional, Affifah Muflihah terpilih menjadi Pemenang Lomba Pidato Bahasa Jepang. Penghargaan diberikan secara langsung oleh Mr. Yokoyama.“Kami mendapatkan pengalaman yang sangat berharga hari ini. Kami bisa bertemu langsung dengan Konsul dan belajar banyak dari pengalaman beliau. Mr. Yokoyama sangat fasih berbahasa Indonesia dan merupakan alumni jurusan Ilmu Hubungan Internasional,” jelas Affifah.

Inilah yang kami lakukan di HI UPU. Kami memfasilitasi kemajuan mahasiswa/i dengan membina kerjasama dengan banyak pihak terutama dengan perwakilan dengan negara-negara asing di Indonesia. Hal ini kami lakukan untuk mencapai Visi Prodi kami, yaitu Pada tahun 2020, menjadi prodi Ilmu Hubungan Internasional yang unggul di Sumatera khususnya dalam bidang Kerjasama Internasional dan Mampu berperan aktif di tingkat nasional dan Internasional, jelas Novan Prasetyo, M.HI. selaku Kaprodi HI.

Blog Attachment

Leave us a Comment