PBI Prakarsai Terbentuknya Masyarakat Linguistik Indonesia Cabang UPU

MASYARAKAT LINGUISTIK INDONESIA CABANG UPU TERBENTUK

Untuk mewujudkan Penyelenggaraan Program Studi berorientasi Akreditasi, Universitas Potensi Utama, melalui Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) memprakarsai terbentuknya Masyarakat Linguistik Indonesia (MLI) Cabang Universitas Potensi Utama.

MLI UPU secara resmi terbentuk berdasarkan SK Pengurus Pusat Masyarakat Linguistik Indonesia Nomor: 041/MLI-SK-POTENSI UTAMA/09/2016, dengan sususan kepengurusan: Ashari P Swondo, M.Hum. sebagai Ketua, Alam Subur, M.I.Kom sebagai Wakil Ketua, Tri Andayani, M.A sebagai Sekretaris dan Dina Irmayanti,M.Hum sebagai Bendahara.

Kepengurusan didukung oleh sejumlah koordinator yang membidangi seksi-seksi khusus. Enni Maisaroh, S.Pd membidangi seksi Kerjasama, Jernih Donda Sinurat,M.Pd, seksi Publikasi Ilmiah dan Mustika Wati Siregar, M.Pd. seksi Peningkatan Kompetensi Anggota. Jumlah keseluruhan anggota mencapai 30 orang yang terdiri dari dosen pengampu matakuliah bahasa di UPU.

Peresmian dan pelantikan kepengurusan dipimpin langsung oleh Rektor UPU, Dr. Rika Rosnelly, M.Kom. Dalam sambutannya, Rektor berharap agar MLI Cabang UPU dapat menjadi wadah yang efektif untuk mendorong pembinaan dan pengembangan ilmu linguistik di Indonesia, khususnya di Universitas Potensi Utama. “Keluasan jejaring dosen dalam bidang akademik dan profesi merupakan hal yang sangat penting bagi penyelenggaraan prodi berorientasi akreditasi. Dengan terbentuknya MLI UPU, praktisi linguistik di kampus kita dapat berkomunikasi dan berkerjasama dengan para pakar linguistik dari seluruh Indonesia.” Sambut Rektor menambahkan.

Masyarakat Linguistik Indonesia (MLI) merupakan sebuah himpunan profesi yang menghimpun bahasawan, dosen, guru, mahasiswa, peneliti, maupun pengamat bahasa atau siapa saja yang tertarik dengan kajian bahasa. Himpunan profesi ini didirikan di Bandung, 15 November 1975 dan secara konsisten berusaha mendorong pembinaan dan pengembangan ilmu linguistik di Indonesia melalui sejumlah kegiatan seperti kongres linguistik, penerbitan jurnal dan pelatihan, jelas Enni Maisaroh, S.Pd., selaku Kaprodi PBI.

Terbentuknya himpunan profesi ini ditindaklanjuti dengan pelasanaan sejumlah kegiatan, seperti: Seminar dan Simulasi Uji Kompetensi Bahasa Inggris (UK-BIG), Pelaksanaan Tes Uji Kompetensi Bahasa Inggris bekerjasama dengan TUK-BIG Casel, Lembaga Sertifikasi Bahasa Inggris (LSK-BIG) dan Ditjen Pendidikan Non Formal dan Informal, Festival Akulturasi Budaya Indonesia dan Jepang bekerjasama dengan Konsulat Jenderal Jepang di Medan, Fete de la Science 2016 bekerjasama dengan Alliance Francaisse de Medan.

Dalam bidang penelitian dan publikasi ilmiah, Terbentuknya MLI UPU, diharapkan dapat mendorong Sivitas Akademika untuk ikut berkontribusi secara aktif melakukan penelitian dan mempublikasikan karya ilmiah mereka. Karya ilmiah yang dihasilkan dapat dipublikasikan di Jurnal ilmiah MLI yaitu Jurnal linguistik Indonesia dengan akreditasi B ataupun di jurnal prodi PBI yaitu Medium for English Language Teaching (MELT). Jurnal ini diharapkan dapat memperkaya khasanah ilmu pengetahuan di bidang Linguistik dan bidang-bidang terkait lainya, jelas Enni Maisaroh, S.Pd selaku Kaprodi PBI.

Blog Attachment

1 Comment

  • Manfaat Black Walet
    Reply

    Semoga dengan dibentuknya Masyarakat Linguistik Indonesia,

Leave us a Comment