Dosen HI UPU Raih Prestasi Internasional

Prestasi membanggakan kembali diraih oleh Universitas Potensi Utama, melalui prodi Ilmu Hubungan Internasional. Ibnu Zhulian, M.H.I. dosen tetap di HI UPU, terpilih dan menjadi satu-satunya perwakilan perguruan tinggi di SUMUT pada acara Mahathir Global Peace School (MGPS) ke-5 di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Mengusung tema Peace and Inter-Religious Dialogue in Worldwide Education, Program MGPS ke-5 ini secara ekslusif hanya diikuti 36 peserta terpilih dari 11 negara. Peserta terpilih datang dari beragam latar belakang dan kalangan seperti aktivis perdamaian dan sosial, jurnalis, Non Government Organization (NGO), dan akademisi.

Terpilihnya Ibnu menjadi wakil SUMUT ini setelah makalahnya yang berjudul The role of Global Labor Movement’s facing Violence as Apartheid on Zionist Federation of Palestinian Labor Organization, yang menceritakan tentang pergerakan kaum buruh dunia dengan konsep Boycot, Divestment, Sanction (BDS) Movement terpilih menjadi salah satu makalah terbaik.

Kaprodi HI, Muhammad Novan Prasetya, M.H.I. menjelaskan bahwa “MGPS merupakan program yang bertujuan untuk mempersatukan individu ataupun kelompok yang merasa terpanggil untuk menciptakan perdamaian dan resolusi konflik. Kegiatan dalam program ini dirancang untuk memformulasi langkah strategis untuk menciptakan perdamaian, membangun dan mempererat kerjasama untuk memajukan perdamaian dunia. “

“Selama 10 hari, peserta program berupaya membangun framework tentang perdamaian melalui sejumlah kegiatan seperti kunjungan ke tempat bersejarah, bertemu dan berdialog dengan tokoh agama, dan sesi diskusi dan presentasi bersama sejumlah pembicara Internasional. Di hari terakhir, peserta bertemu langsung dengan keynote speaker yaitu Tun Dr. Mahathir Mohamad mantan Perdana Menteri Malaysia dan Prof. Dr. H.M Din Syamsudin sebagai aktivis sekaligus mantan ketua PP Muhammadiyah dan sekarang menjabat sebagai Ketua MUI Pusat.” pungkasnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Politik dan Kependidikan, Ashari P Swondo,S.Pd.,M.hum menyambut baik dan mengapresiasi pencapaian dan prestasi yang diraih dosennya.

Ia mengatakan, ”terpilihnya Ibnu mengikuti program ini tentu saja berdampak baik bagi peningkatan kompetensi dan profesionalisme dosen ybs. Hal ini juga merupakan bukti bahwa prestasi dosen Prodi Hubungan Internasional UPU telah diakui oleh dunia internasional. Prestasi ini tentu saja dapat menjadi kontribusi positif bagi peningkatan peringkat akreditasi dan menambah kepercayaan masyarakat terhadap prodi ini, ” tambahnya.

Leave us a Comment