Berita

DELEGASI KONJEN JEPANG GELAR SOSIALISASI PROGRAM BEASISWA “MONBUKAGAKUSHO” DI UPU

Pemerintah Jepang kembali membuka penawaran beasiswa kepada mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan pendidikan S-1, S-2 hingga S-3 ke berbagai universitas di Jepang pada tahun akademik 2018 melalui Program Monbukagakusho. Monbukagakusho adalah salah satu Beasiswa Pemerintah Jepang dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho/ MEXT). Beasiswa ini meliputi biaya studi dan biaya hidup, tanpa ikatan apapun.Kedutaan Besar Jepang di Indonesia dan Konsulatnya di Surabaya, Medan dan Makassar setiap tahun melaksanakan pendaftaran dan penyeleksian bagi para peminat beasiswa Monbukagakusho. Adapun program-program yang ditawarkan kepada siswa Indonesia adalah Program Research Student bagi lulusan perguruan tinggi, Undergraduate, College of Technology dan Professional Training College bagi lulusan SLTA dan Japanese Studies bagi mahasiswa program studi Jepang serta Teacher Training bagi guru.

Konsulat Jenderal Jepang di Medan telah berkeliling di beberapa kampus untuk mensosialisasikan beasiswa Monbukagakusho ini, dan di hari Jum’at 08 desember 2017, giliran Universitas Potensi Utama yang menjadi tempat diselenggarakannya sosialisasi beasiswa tersebut. Kegiatan yang berlangsung di Studio Potensi Utama ini berlangsung selama dua jam dengan agenda pertama sosialisasi beasiswa Monbukagakusho oleh perwakilan Konsulat Jendral Jepang di Medan oleh bapak Irwansyah S.S selaku National Staff Konjen. “Pada saat ini sekitar 2500 siswa Indonesia tengah melanjutkan pendidikannya di Jepang. Dari jumlah tersebut, adalah mereka yang menerima beasiswa, baik dari pemerintah Jepang, instansi maupun perusahaan lainnya. Pendaftaran beasiswa akan dimulai April 2018, tutup pak Irwansyah. Kaprodi HI bapak Muh. Novan Prasetya, M.H.I mengutarakan sosialisasi program beasiswa berkelas internasional seperti ini sangat berdampak positif dan dapat memberi motivasi bagi seluruh mahasiswa terkhusus mahasiswa HI yang punya kesempatan besar memperoleh beasiswa ini, karena salah satu syaratnya adalah kemampuan dalam berbahasa Jepang dengan baik, yang dimana mahasiswa HI telah mempelajarinya sejak disemester 2 hingga 5. Dan tentu saja selain kemampuan 5 bahasa internasional, mahasiswa HI Potensi Utama dibekali pengetahuan tentang kajian-kajian internasional baik di bidang politik, budaya, ekonomi dll, yang mengingat dalam era globalisasi dan teknologi yang sangat pesat seperti saat ini, ilmu-ilmu tentang kajian internasional akan sangat dibutuhkan oleh semua kalangan. Sebagai penutup kegiatan para anggota KOMAHI (Korps Mahasiswa Hubungan Internasional) mempersembahkan tarian “Sigale-gale” untuk menghibur tamu dan peserta.

          Dengan menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Beasiswa Monbukagakusho semakin menunjukkan komitmen nyata Universitas Potensi Utama dalam pengembangan kemampuan mahasiswa/i nya untuk aktif dan berprestasi dalam kegiatan internal kampus terlebih lagi eksternal kampus.

 

Nb: Bagi yang ingin tahu informasinya lebih lanjut mengenai program beasiswa ini dapat menghubungi Kedutaan Besar Jepang di Indonesia melalui email: beasiswa@dj.mofa.go.jp, atau registrasi online dan formulir pendaftaran dapat diperoleh pada website Kedutaan Besar Jepang (http://www.id.emb-japan.go.jp).