Ekonomi Syariah (S1) – Universitas Potensi Utama

Ekonomi Syariah (S1)

Profil Program Studi Ekonomi Syariah

Kata Sambutan Ketua Program Studi Ekonomi Syariah

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarakatuh

Salam Sejahtera untuk kita semua,

Alim Murtani

Puji dan Syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa karena limpahan Rahmat dan Karunianya_Nya, Website Profil Prodi Ekonomi Syariah Fakultas Bisnis Syariah Universitas Potensi Utama Medan dapat diselesaikan. Website ini berisi penjelasan tentang Program Studi Ekonomi Syariah yang memiliki Visi “Pada tahun 2020 menjadi Program Studi Ekonomi Syariah yang mampu bersaing di tingkat Sumatera dan mampu berperan serta di tingkat Nasional”.

Website ini juga secara singkat menjelaskan tentang keberadaan Program Studi Ekonomi Syariah sejak awal pengembangan, sampai dengan saat ini. Harapannya website ini dibuat memberikan informasi dan sebagai sarana untuk memperkenalkan Universitas Potensi Utama kepada Masyarakat, agar dapat mendatangkan minat untuk bekerjasama dalam pengembangan ilmu pengetahuan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat .

 


Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Ketua Program Studi Ekonomi Syariah

ttd

 

(……………………………………………………………)

 

Program Studi Ekonomi Syariah

Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Potensi Utama secara resmi berdiri pada tahun 2014, dengan keluarnya SK Pendirian dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 424/E/O/2014. Penyelenggaraan Kuliah Pertama Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Potensi Utama pada bulan September 2015 dan saat ini telah Terakreditasi oleh BAN-PT.

Visi, Misi dengan Kompetensi Ekonomi Syariah Universitas Potensi Utama

1.      Visi

Pada Tahun 2025 Menjadi Program Studi Ekonomi Syariah yang unggul di tingkat nasional dan mampu berperan serta ditingkat internasional.

2.      Misi

a. Melaksanakan pendidikan yang bermutu dalam bidang Ekonomi Syariah yang sesuai dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

b.  Melaksanakan penelitian dalam bidang Ekonomi Syariah yang dapat terbitkan pada tingkat Nasional.

c.   Melaksanakan yang berguna bagi masyarakat dalam bidang Ekonomi Syariah.

d.  Mengembangkan kerjasama dengan pihak lain yang saling menguntungkan dalam pengembangan pengetahuan bidang ekonomi syariah.

3.      Tujuan

a.   Menghasilkan lulusan yang mampu bersaing, kompeten dan memiliki mental wirausaha dalam bidang Ekonomi Syariah dengan mengikuti perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

b. Menghasilkan lulusan yang mempunyai keilmuan yang kokoh dan kemampuan praktis yang tinggi dalam bidang Ekonomi Syariah.

c.  Menghasilkan karya ilmiah dan hasil penelitian lainnya dalam bidang Ekonomi Syariah yang diterbitkan pada tingkat Nasional.

Menjalin kerjasama dengan masyarakat, industri, pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya pada tingkat Internasional.

Lulusan Program Studi Ekonomi Syariah Universitas Potensi Utama adalah :

1.      Profil

a.       Analis Ekonomi Syari’ah, Kebijakan Fiskal dan Moneter

Sarjana ekonomi Islam/ekonomi syariah yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas analis ekonomi syari’ah, kebijakan fiskal dan moneter berbasis syari’ah berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.

b.      Perencana Pembangunan Ekonomi dan Lembaga Keuangan Syari’ah

Sarjana ekonomi Islam/ekonomi syariah yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas  perencanaan pembangunan ekonomi dan lembaga keuangan syari’ah berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.

c.       Peneliti Ekonomi Syari’ah

Sarjana ekonomi Islam/ekonomi syariah sosial yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir dibidangnya serta mampu melaksanakan tugas  penelitian dan pengembangan ekonomi syari’ah dan lembaga keuangan syari’ah berlandaskan ajaran dan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.

d.      Entrepeneurial Bisnis

Sarjana ekonomi Islam/ekonomi syariah berkepribadian yang baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya serta mampu menerapkannya dalam keilmuan dan keahliannya dalam melakukan bisnis yang Islami; mampu melakukan perancangan usaha dan mengimplementasikannya dalam praktik bisnis, menerapkan etika dalam perilaku organisasi, dan mengembangkan bisnis yang dapat memberikan kontribusi bagi kesejahteraan umat berlandaskan etika keislaman, keilmuan dan keahlian.