Hubungan Intenasional (S1) – Universitas Potensi Utama

Hubungan Intenasional (S1)

Profil Program Studi Ilmu Hubungan Internasional

 Kata Sambutan Program Studi Ilmu Hubungan Internasional

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarakatuh

Salam Sejahtera untuk kita semua,

New Picture (6)Selamat datang di situs resmi Prodi Hubungan Internasional Strata I Universitas Potensi Utama. Saya selaku ketua Program Studi Hubungan Internasional dengan bahagia menyambut kedatangan Saudara sekalian di situs resmi kami. Dalam kesempatan yang berbahagia ini, saya ingin mewakili Prodi menjelaskan sekilas bagaimana perkuliahan dan segala hal yang berkaitan dengan Prodi Hubungan Internasional Universitas Potensi Utama.

Prodi Hubungan Internasional didirikan sejak STMIK Potensi Utama berubah bentuk menjadi Universitas sejak tahun 2014, salah satunya adalah Prodi Hubungan Internasional dibawah Fakultas Ilmu Politik dan Kependidikan. Staff Pengajar dan Tenaga Kependidikan untuk Prodi Hubungan Internasional diamanatkan pada Mereka yang profesional dan berkompeten di bidangnya. Kami hanya memilih mereka yang terbaik dan mau mendidik para tunas bangsa di Medan. Penelitian dan Pengabdian juga terus dioptimalkan demi memberikan feedback yang baik bagi para civitas akademis.

Seleksi penerimaan mahasiswa baru dilakukan melalui Ujian Saringan Masuk. Bagi Saudara yang ingin mendaftar menjadi Mahasiswa/i, kesempatan pendaftaran untuk Tahun Akademik 2018-2019 masih terbuka. Fasilitas yang diberikan kepada Mahasiswa dalam hal akasemis adalah akses internet/wi-fi yang mendukung kegiatan belajar dan mengajar dosen, serta sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan mahasiswa. Perpustakaan yang disediakan oleh kampus juga mendorong Mahasiswa untuk membaca dan aktif mencari sumber bacaan demi kelancaran kegiatan belajar mengajar. Semua fasilitas tersebut masih dilengkapi dengan kelas yang nyaman termasuk sarana dan prasarana lain penunjang kegiatan belajar mengajar. Pembelajaran di Prodi Hubungan Internasional meliputi pembelajaran Hubungan antar Negara baik dari segi politik, ekonomi, budaya dan bahasa, juga berbagai kajian dengan konsentrasi dalam keilmuan HI.

Mahasiswa berasal dari berbagai daerah di wilayah Sumatera Utara, sehingga semakin menghidupkan atmosfer kampus dan menunjang pertukaran budaya di kampus. Hal ini didukung dengan kemudahan bagi para Mahasiswa dekat dengan Rumah Kos dan akses transportasi dari dan ke kampus. Segala fasilitas dan kemudahan ini kami upayakan untuk mendukung terciptanya para calon alumni yang berkompeten dan siap menghadapi persaingan pasca kelulusan.

Sekian sambutan dari saya. Semoga situs ini bermanfaat dan menjadi sarana komunikasi bagi para calon Mahasiswa maupun alumni yang ingin mengetahui segala hal tentang Prodi Hubungan Internasional Universitas Potensi Utama.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 Ketua Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Universitas Potensi Utama

 

Universitas Potensi Utama

ttd

New Picture (4)

 

 

 

 

(Muhammad Novan Prasetya, M.H.I)

 

Program Studi Ilmu Hubungan Internasional

Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Universitas Potensi Utama secara resmi berdiri pada tahun 2014, dengan keluarnya SK Pendirian dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 424/E/O/2014. Penyelenggaraan Kuliah Pertama Program Studi Desain Interior Universitas Potensi Utama pada bulan September 2015 dan saat ini telah Terakreditasi oleh BAN-PT.

 

Visi

Pada tahun 2030 menjadi Program Studi Hubungan Internasional yang unggul pada bidang kajian Kerjasama dan Keamanan Internasional di regionalSumatera serta mampu berperan aktif di tingkat nasional dan internasional.

 

Misi

  1. Melaksanakan pembelajaran yang bermutu dan berintegritas untuk membentuk SDM yang berkualitas khususnya di bidang kerjasama dan keamanan internasional yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

  2. Melaksanakan penelitian di bidang Hubungan Internasional khususnya pada kerjasama dan keamanan internasional yang bermanfaat serta dapat dipublikasikan di tingkat nasional dan internasional.

  3. Melaksanakan pengabdian yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi universitas dan masyarakat dalam bidang Hubungan Internasional.

  4. Menjalin kemitraan yang berkelanjutan dan saling menguntungkan dengan institusi terkait  di tingkat nasional dan internasional.

 

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas, berintegritas dan bermartabat yang memiliki kompetensi/kemampuan teori dan praktis pada bidang kerjasama dan keamanan internasional.

  2. Menghasilkan jumlah karya ilmiah yang berkualitas dan dapat dipublikasikan di tingkat nasional dan internasional.

  3. Menghasilkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk mendukung kemandirian dan pemberdayaan masyarakat yang berkaitan dengan bidang Hubungan Internasional.

  4. Menghasilkan jaringan kemitraan yang saling menguntungkan dalam mewujudkan kerjasama dengan instansi terkait dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang Hubungan Internasional.

Sekilas Tentang Ilmu Hubungan Internasional

Program Studi Ilmu Hubungan Internasional adalah program pendidikan yang mempelajari tentang hubungan antara Negara (Internasional), termasuk peran negara, organisasi pemerintah, organisasi non-pemerintah, dan perusahaan multinasional. Pada Program Studi Ilmu Hubungan Internasional akan mempelajari seluruh aspek dari ilmu-ilmu sosial yang meliputi bidang Politik, Hukum, Komunikasi, Ekonomi hingga Seni Budaya dan Bahasa Asing.

Profil Lulusan dan Deskripsinya

No.

Profil Lulusan

Deskripsi

1

Diplomat

Sarjana yang memiliki jiwa kepemimpinan dan nasionalisme serta memahami 5 fungsi utama seorang diplomat, yaitu representing (mewakili), promoting (memperkenalkan), protecting (melindungi), negotiating (merundingkan), ascertaining (mendapatkan)

2

Praktisi di bidang hubungan internasional

Sarjana yang memahami dan mampu memilih metode pendekatan hubungan internasional, yang dapat bekerja di pemerintahan, seperti di Kementrian, BUMN baik nasional maupun internasional, dan swasta seperti di Multi National Corporation (MNC), Non Government Organization (NGO), International Organization (IO), International Non Government Organization (INGO).

3

Analis di bidang hubungan internasional

Sarjana yang memahami dan mampu memilih metode analisis di bidang hubungan internasional sebagai seorang jurnalis dan aktivis yang peka terhadap isu ekonomi politik global, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan.

4

Enterpreneur.

Sarjana yang memiliki jiwa kewirausahaan dan kreatifitas yang mampu merencanakan, mengembangkan, dan mempraktikkan model bisnis tersebut dengan memanfaatkan wawasan global.