Berita

KONTES ROBOT SUMO UNIVERSITAS POTENSI UTAMA

Universitas Potensi Utama untuk pertama kalinya mampu menggelar Kontes Robot Sumo Kategori “Under 1Kg”, tentu saja acara tersebut bertujuan menjaring bibit-bibit berprestasi di bidang Teknik Elektro, Teknik Mesin dan IT. Sejumlah siswa setingkat SMA/SMK/MA sederajat nampak antusias mengikuti lomba robot sumo di Lab Studio Kampus Universitas Potensi Utama, Sabtu (22/9/18). Dosen Teknik Informatika Universitas Potensi Utama dan sekaligus ketua dewan juri kontes robot sumo, bapak Iwan Fitrianto Rahmad, M.Kom, menuturkan bahwa konten robot sumo memang baru pertama digelar di kota Medan dan beliau juga merasa bangga karena antusias peserta juga sangat tinggi sedikitnya 12 peserta yang tampil sekaligus memeriahkan acara tersebut. Disamping itu, beliau juga sempat kewalahan memenuhi permintaan pelaku industri manufaktur yang cukup tinggi, sedangkan ketersediaan SDM di bidang Teknik informatika dan Teknik Industri terutama bidang konsentrasinya Robotika sangatlah terbatas. Padahal ketika para mahasiswa lulus kuliah, mereka dapat dipastikan terserap kerja ke berbagai tempat karena banyak perusahaan yang membutuhkan kita.

Kontes Robot Sumo di Kampus Universitas Potensi Utama sendiri memberikan hadiah-hadiah menarik seperti medali serta total uang tunai sebesar Rp 6.000.000,-. Pada Kontes Robot Sumo kali ini Juara 1 dimenangkan oleh SMKN9 Medan dengan nama Robot “ZERO TWO” dan Juara 2 dimengakan oleh SMKN9 Medan juga dengan nama robot “ ISCHYOS” sedangkan Juara 3 dari sekolah yang sama juga SMKN9 Medan dengan nama Robot “ AFTO-R05” Sedangkan kategori desain terbaik dimenangkan oleh SMA Prime One Schoole dengan nama robot “ANONYMOUS” dan Algoritma Terbaik dimengkan oleh SMK Telkom Medan dengan nama Robot “ROBOSTEL-2”.

Ketua Panitia Kontes robot sumo bapak Alan Akbar Bukhori dan ketua wasit Pertandingan Bapak Vidi Agung Fragastia juga menuturkan banyak terima kasih kepada Pihak Kamus Universitas Potensi Utama yang sudah memberikan kepercayaan untuk membuat Kontes robot sumo ini, semoga Kontes robot sumo ini akan menjadi  event kontes tahunan nantinya.