Berita

MAHASISWI HUBUNGAN INTERNASIONAL POTENSI UTAMA TERPILIH MENJADI DELEGASI NASIONAL PILMAPRES 2018

Mahasiswi Ilmu Hubungan Internasional Universitas Potensi Utama (UPU), telah berhasil menorehkan prestasi pada tingkat regional Sumatera Utara. Yosica Amanda Daniar lolos ke Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) 2018 tingkat Nasional. Amanda menjadi delegasi nasional ajang itu setelah berhasil terpilih dalam 6 besar di tingkat Kopertis Wilayah I Sumut.

DINAMIKA KEBIJAKAN EKONOMI ERA SUSILO BAMBANG YUDHOYONO 2009-2014 DAN DAMPAKNYA BAGI KETAHANAN PANGAN NASIONAL adalah judul dari makalah amanda dan dinilai sebagai salah satu yang terbaik oleh dewan juri dari 32 makalah peserta lainnya, mental dan wawasan yang luas juga menjadi faktor utama terpilihnya amanda sebagai delegasi nasional PILMAPRES 2018.

Kopertis Wilayah I Sumut menyatakan mengapresiasi atas prestasi mahasiswi Potensi Utama yang lolos sebagai delegasi Pilmapres tingkat Kopertis tahun ini yang nantinya akan mewakili di tingkat Nasional pada Agustus 2018. ”Dari 33 peserta beberapa perguruan tinggi swasta di lingkungan Kopertis Wilayah I Sumut, keenam mahasiswa itu dianggap layak untuk mewakili Sumut melaju ke tingkat nasional dan kami mengapresiasi hasil positif yg diraih mahasiswi UPU pada pilmapres tahun ini. Ini menandakan kegiatan kemahasiswaan berjalan dgn baik termasuk budaya ilmiah dan penelitiannya,” kata Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut Prof Dian Armanto melalui Kepala Seksi Akademik Kemahasiswaan Drs Sulhan Lubis, Kamis (12/4).

Yosica amanda yang kerap disapa manda mengutarakan rasa syukur dan kebahagian yang mendalam ketika ditemui di kampus, Rabu (11/4). Dia mengutarakan hasil yang diraih pada ajang PILMAPRES tahun ini tak terlepas dari kerja kerasnya dan bimbingan yang intensif dari semua dosen Prodi Hubungan Internasional.

Dituturkannya, setelah lolos seleksi di tingkat universitas, dirinya mengoptimalkan presentasi makalah yang dibuat. Sebab, makalah yang bagus juga harus dibarengi dengan cara penyampaian atau presentasi yang bagus pula seperti layaknya seorang diplomat saat sedang mewakili negaranya dan satu quotes dari tokoh favorit saya alexander graham bell yang selalu menjadi inspirasi adalah “preparation is the key of success”.

Didampingi Kaprodi Hubungan Internasional, Muh. Novan Prasetya, M.H.I menuturkan persiapan untuk mengikuti kompetisi itu sudah dilakukan beberapa bulan menjelang Pilmapres 2018 digelar. ”persiapan yang panjang sudah dilakukan sebelum mengikuti seleksi tingkat Prodi lalu Fakultas dan terakhir Universitas pada Februari 2018, saat ini hasil perjuangan dari manda telah terlihat dengan terpilihnya dia sebagai salah satu delegasi Sumatera Utara pada tingkat nasional dan prestasi ini semakin menunjukkan eksitensi Universitas Potensi Utama untuk bersaing dalam tingkat sumatera serta berperan aktif di tingkat nasional.

Author: Pers Mahasiswa (PersMa)