Manajemen Informatika (D3) – Universitas Potensi Utama

Manajemen Informatika (D3)

Profil Program Studi Manajemen Informatika

Kata Sambutan Ketua Program Studi Manajemen Informatika

Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarakatuh

Salam sejahtera untuk kita semua

Adil_Setiawan_M.KomSelamat datang di website Universitas Potensi Utama Program Studi Manajemen Informatika (Prodi MI). Website ini dimaksudkan untuk memberi informasi pada seluruh calon mahasiswa dan stakeholder berkaitan dengan maksud dan tujuan keberadaan Prodi MI. Untuk itu dalam web ini dimuat informasi berkaitan dengan sejarah, perkembangan dan kegiatan yang dilakukan oleh Prodi MI termasuk juga visi, misi, tujuan serta sumber daya yang dimiliki. Prodi MI Universitas Potensi Utama mulai berdiri sejak tahun 2003. Hingga saat ini telah memiliki berbagai prestasi dan perkembangan. Salah satunya adalah prestasi Prodi MI yang mendapatkan akreditasi B dari BAN PT.

Prestasi ini tidak terlepas dari keseriusan berbagai kalangan di Universitas Potensi Utama terutama di Prodi MI untuk memberikan yang terbaik dalam melayani mahasiswa, baik dalam bidang pengembangan akademik maupun perkembangan pendidikan. Dengan dukungan dosen-dosen yang berkualitas baik dari dalam maupun luar negeri, kami optimis bisa terus berkarya untuk mempertahankan dan semakin mengembangkan Prodi MI ke arah yang lebih baik. Berbagai upaya kerjasama dengan pihak-pihak yang berkaitan dengan Prodi MI baik dari pihak pemerintah maupun non pemerintah semakin berkembang.

Selain itu, kami juga terus mengupayakan peningkatan sarana dan prasana pembelajaran yang membuat mahasiswa merasa nyaman di kampus untuk terus mengembangkan potensi mereka. Apalagi fasilitas yang disediakan oleh Universitas Potensi Utama juga sudah cukup memadai.Sejauh ini, seperti Sistem Informasi Akademik, e-Library, e-Learning dan akses internet secara gratis didalam lingkungan kampus Universitas Potensi Utama. Prodi MI telah mempunyai fasilitas Laboratorium yang menjadi sentral kegiatan dan pengembangan kualitas akademik dosen dan mahasiswa khususnya dibidang IT. Berbagai kegiatan pun dilakukan dengan sarana akses informasi perpustakaan dan internet yang sangat cepat. Berbagai karya tulis dalam bentuk buku dan jurnal.

Harapannya, semoga melalui web ini akan terjalin komunikasi antara pengelola Prodi MI dengan seluruh stakeholdersnya, dan melalui komunikasi ini akan didapatkan umpan balik dari stakeholders sehingga sinergy dari hubungan yang terjalin lebih besar. Dengan demikian akan dapat lebih mendekatkan Prodi MI kearah pencapaian visinya yaitu Pada Tahun 2020 Menjadi Pusat Pendidikan Manajemen Informatika khususnya dalam bidang Multimedia & Sistem Informasi Bisnis yang unggul di Sumatera dan mampu berkompetisi pada tingkat Nasional.

Akhir kata selamat mengakses informasi, semoga informasi yang didapatkan menjadi pertimbangan dalam menentukan pilihan yang tepat untuk menjadikan Prodi MI sebagai tempat meningkatkan keterampilan manajerial. Semoga situs ini dapat memberikan informasi yang Anda butuhkan tentang Program Studi Manajemen Informatika Universitas Potensi Utama. Segala kritik maupun saran demi kemajuan Program Studi Manajemen Informatika UniversitasPotensi Utama dapat Anda sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarakatuh

 

Ketua Program Studi Manajemen Informatika

Universitas Potensi Utama

ttd

 

(Adil Setiawan, M.Kom)

Program Studi Manajemen Informatika

Program studi Manajemen Informatika (MI) Universitas Potensi Utama merupakan salah satu Program Studi yang ada pada Universitas Potensi Utama. Awalnya pada tahuan 2003 Potensi Utama masih berbentuk STMIK (Sekolah Tinggi Manajemen dan Informatika Komputer), Progam Studi Manajemen Informatika berdiri sejak tahun 2003 dapat dilihat pada SK Dirjen DIKTI Depdikbud No.: 103/D/O/2003 tanggal 09 Juli 2003 dan mulai diselenggarakan pada September 2003. Kemudian Berdasarkan SK Dirjen DIKTI Depdikbud No.: 428/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/XI/2014, Prodi manajemen Mendapatkan nilai Akreditasi B untuk kedua kalinya.

 

Visi

Pada Tahun 2020 Menjadi Pusat Pendidikan Manajemen Informatika khususnya dalam bidang Multimedia dan Sistem informasi Bisnis yang unggul di Sumatera dan mampu berkompetisi pada tingkat Sumatra dan Mampu berperan serta ditingkat Nasional

 

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan yang berkualitas dalam bidang Manajemen Informatika khususnya dalam bidang Multimedia dan Sistem Informasi Bisnis yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Melaksanakan penelitian dalam bidang Manajemen Informatika yang dapat di pubikasikan dalan skala nasional dan regional.
  3. Melaksanakan kegiatan dan layanan yang bermanfaat bagi masyarakat dalam bidang Manajemen Informatika.

 

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang unggul, profesional dan bermental wirausaha dalam bidang Manajemen Informatika khususnya dalam bidang Multimedia dan Sistem Informasi Bisnis yang sesuai dengan perkembangan dan teknologi.
  2. Menghasilkan lulusan yang mempunyai landasan teori keilmuan yang kuat dan kemampuan praktis yang tinggi dalam bidang Manajemen Informatika khususnya dalam bidang Multimedia dan Sistem Informasi Bisnis yang sesuai dengan perkembangan dan teknologi.
  3. Menghasilkan karya ilmiah dan hasil penelitian lainnya dalam bidang Manajemen Informatika yang di publikasikan pada tingkat Nasional.
  4. Terjalinnya kerjasama dengan masyarakat, industri,pemerintah dan stakeholder lainnya dalam skala Nasional dan Regional.

 

Sekilas Tentang Manajemen Informatika

Fokus bidang studi ini adalah menekankan pada arti dan nilai strategis dari “informasi” sebagai sumberdaya penting bagi organisasi dalam rangka pencapaian misi dan obyektif yang dicanangkannya. Berada pada tataran konseptual, ilmu ini mempelajari berbagai Praktikum maupun konsep teori dan strategi penerapan multimedia maupun sistem informasi bisnis. Dipelajari pula dalam bidang ilmu ini hubungan keterkaitan antara berbagai komponen pembentuk sebuah sistem informasi yang dimiliki oleh institusi.

 

Bidang Peminatan Manajemen Informatika

1. Multimedia

Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia dapat disajikan dalam beberapa metode animasi, antara lain :Berbasis suara (Audi-based), Berbasis gambar bergerak (Moving-image-based) dan lain-lain.

 

 

2. Sistem Informasi Bisnis

Sistem Informasi bisnis yaitu merupakan kumpulan dari berbagai informasi yang memiliki kesatuan antara satu dan yang lainnya yang ditujukan untuk kepentingan bisnis. Sistem Informasi dan teknologi informasi telah menjadi komponen yang sangat penting bagi keberhasilan bisnis dan organisasi. Teknologi informasi termasuk sistem informasi yang dapat membantu segala jenis bisnis meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses bisnis, pengambilan keputusan manajerial, dan kerjasama kelompok kerja, hingga memperkuat posisi kompetitif dalam pasar yang cepat sekali berubah. Teknologi informasi dan sistem informasi berbasis internet digunakan mendukung tim pengembangan produk, proses dukungan untuk pelanggan, transaksi keuangan, atau dalam aktifitas bisnis lainnya.

 

Kompetensi

  1. Memiliki ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa dan kecintaan terhadap tanah air.
  2. Memiliki Dasar keilmuan dalam bidang Manajemen Informatika.
  3. Mampu menyelesaikan permasalahan Sistem informasi dalam bidang manajemen informatika.
  4. Dapat memodelkan persoalan dan solusinya dalam bidang Manajemen informatika.
  5. Memiliki kemampuan untuk menganalisis, merancang dan menggunakan perangkat lunak (software).
  6. Mampu menganalisa dan memodelkan proses dengan perangkat lunak sesuai dengan perkembangan teknologi.
  7. Memiliki dasar teori yang kuat dan mampu membangun aplikasi-aplikasi dalam bidang Sistem Informasi Bisnis.
  8. Memiliki dasar teori yang kuat dan mampu membangun aplikasi-aplikasi dalam bidang Multimedia.
  9. Mampu Memiliki Pengetahuan dasar teori yang kuat dan mampu membangun aplikasi-aplikasi dalam bidang Pengolahan data
  10. Memiliki kemampuan beradaptasi terhadap perkembangan Teknologi khususnya dalam bidang Manajemen Informatika
  11. Mampu menuliskan hasil-hasil karya dalam sebuah tulisan ilmiah dengan baik.Memiliki sikap profesional dalam bekerja

 

Karir Bidang Informatika

  1. Data Analyst
  2. E-Commerce Specialist
  3. Account Representative
  4. Bisnis Analyst
  5. Computer Operator
  6. Online Transaction Processing Analyst
  7. Programmer
  8. Multimedia