Berita

PRODI HI UPU BERPERAN AKTIF DALAM WORKSHOP KURIKULUM BERBASIS KKNI YANG DIGELAR OLEH AIHII

Program Studi Hubungan Internasional Potensi Utama mengirim perwakilannya Muh. Novan Prasetya, M.H.I untuk ikut serta dalam kegiatan Workshop Kurikulum Berbasis KKNI yang di gelar oleh Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia (AIHII). Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 19-21 April 2018 bertempat di Universitas Riau. Acara yang diikuti oleh lebih 50 peserta dari 31 Program Studi HI seluruh Indonesia ini membahas tentang penyusunan dan implementasi kurikulum berbasis KKNI untuk Program Studi Ilmu Hubungan Internasional pada jenjang Sarjana (S1).

Workshop kurikulum ini diselenggarakan untuk menjawab persoalan yang masih umum dihadapi oleh prodi HI di Indonesia, yaitu bagaimana menyusun kurikulum yang memenuhi standar Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). “Hal ini penting untuk proses pembelajaran, dan juga untuk mempersiapkan akreditasi oleh BAN-PT”, ungkap Dr. Yusran selaku Ketua AIHII, Jum’at (20/4).

Narasumber yang hadir pada kegiatan ini yaitu Vinsensio Dugis Ph.D. (Guru Besar UNAIR), Baiq Lekar Sinayang Wahyu Wardhani, Ph.D. (Guru Besar UNAIR) dan Dr. Surwandono, M.Si (Guru Besar UMY). Materi yang disampaikan mengenai Kebijakan dan Hakikat Perguruan Tinggi Berbasis KKNI, Penjabaran KKNI dalam struktur kurikulum dan kerangka dasar kurikulum Prodi, Deskripsi capaian pembelajaran yang tercantum dalam SNP, Pengembangan Kurikulum mengacu KKNI dan SKKNI. Pada hari terakhir diadakan Latihan dan Kajian hasil pengembangan untuk menentukan Rumusan Profil Lulusan dan capaian Pembelajaran menurut KKNI setiap kelompok mempresentasikannya disesuaikan oleh Prodi pada kampus masing-masing.

Dengan adanya KKNI ini diharapkan akan mengubah cara melihat kompetensi seseorang, tidak lagi semata ijazah tapi dengan melihat kepada kerangka kualifikasi yang disepakati secara nasional sebagai dasar pengakuan terhadap hasil pendidikan seseorang secara luas (formal, non formal atau informal) yang akuntabel dan transparan.


Author: Pers Mahasiswa (PersMa)