Berita

PRODI HUBUNGAN INTERNASIONAL MENGADAKAN KULIAH UMUM DALAM RANGKA MENYAMBUT MAHASISWA BARU

Prodi Hubungan Internasional kembali menyelenggarakan kuliah umum yang kali ini bertajuk “Peluang dan Tantangan Kerjasama Internasional Indonesia di Era Masyarakat Asean dan Industry 4.0”,  kuliah umum ini menghadirkan narasumber ahli dari Universitas Padjadjaran (UNPAD), Bandung. Narasumber tersebut, yakni Prof. (cand) Dr. H. R. Dudy Heryadi, M.Si. Kegiatan ini diselenggarakan pada Senin (17/9) di Auditorium Universitas Potensi Utama.

Pada kesempatan tersebut narasumber menjelaskan banyak hal mengenai tantangan yang harus dihadapi oleh setiap individu di era revolusi industry 4.0. Kuliah umum ini diadakan dengan tujuan agar setiap mahasiswa baik yang baru maupun yang lama mengetahui selak beluk sejarah era modern dan sejarah revolusi industri yang kian hari semakin mempengaruhi hidup kita, Beliau juga menjelaskan bahwa dalam masyarakat internasional tidak terdapat kedaulatan dan siapapun bisa berkuasa. Beliau juga menjelaskan bahwa kerjasama internasional dapat dilakukan dan dibuat dalam kondisi terpaksa maupun tidak terpaksa.

Kuliah umum diawali dengan kata sambutan sekaligus membuka acara dari dekan Fakultas Ilmu Politik dan Kependidikan pak Ashari P Swondo, M.Hum. “ kuliah umum ini juga bertujuan untuk mengenalkan para mahasiswa/i baru HI untuk lebih mengenal HI lebih dalam agar lebih siap dalam mengarungi samudra ilmu pengetahuan saat berkuliah nanti”. Ucap Kaprodi HI Muh. Novan Prasetya, M.H.I.

Dari kuliah umum ini diharapkan mampu menambah semangat mahasiswa HI untuk dapat mengambil peran dalam peningkatan kesejahteraan Indonesia dimasa yang akan datang terutama dalam tiga pilar Masyarakat Asean yaitu Ekonomi, Keamanan dan Sosial Budaya, karena tiga pilar tersebut yang menjadi perhatian utama Indonesia dalam peningkatan kemajuan dan kesejahteraan negara baik di regional ASEAN bahkan Dunia.

 

Author: Monarch dan Aldiano (LPM-UPU)