Berita

PRODI HUBUNGAN INTERNASIONAL POTENSI UTAMA MENYELENGGARAKAN STUDY VISIT DI 2 NEGARA (MALAYSIA DAN THAILAND)

Kegiatan studi visit yang dilakukan oleh Mahasiswa Hubungan Internasional (HI) Potensi Utama dari tanggal 18 Februari sampai tanggal 21 Februari ke Malaysia dan Thailand diikuti oleh 9 orang mahasiswa HI yaitu Friska Ananda, Dwi fajarwati, Ade Ayu Fadillah, Pebvi Youlanda Putri, Michael Owen Sianturi, Fransiskus Rudin Hondro, Dian Syahputra Saragih, Afifah Muflichah, dan Sahla Rizki Deovanka. Didampingi oleh 2 dosen pembimbing yaitu Stivani Ismawira Sinambela, M.H.I dan Feby Yoana Siregar M.Si.

Tujuan study visit ke dua negara tersebut bukannya tanpa alasan. Hubungan diplomatik antara Indonesia dan Malaysia bisa diliat dari adanya Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta dan Kedutaan Besar Indonesia di Kuala Lumpur. Hubungan diplomatik ini diperkuat dengan adanya Sister City antara Medan dan Penang sejak tahun 1984 dan adanya Konsulat Jendral Republik Indonesia (KJRI) di Penang dan Konsulat Jendral Malaysia di Medan. Indonesia dan Malaysia menjalin hubungan kerjasama baik dibidang pendidikan dan ekonomi. Dibidang pendidikan kedua negara rutin melakukan pertukaran pelajar dan mahasiswa, di bidang ekonomi banyak investor dari Malaysia yang berinvestasi di Indonesia dan banyak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Malaysia. Ada sekitar 18.000 warga negara Indonesia yang menetap di Penang dan menjadi tanggung jawab KJRI Penang.

Thailand juga termasuk negara yang menjalin kerjasama dengan Indonesia bahkan Indonesia dan Thailand merupakan salah satu mitra dagang terpenting ke 3 di ASEAN. Indonesia, Malaysia , dan Thailand menjalin kerjasama di bidang ekonomi yang sering disebut Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) atau Segitiga Pertumbuhan Indonesia-Malaysia-Thailand. IMT-GT menyediakan kerangka sub-regional untuk mengakselerasi kerjasama dan integrasi ekonomi di 32 negara bagian dan provinsi yang merupakan rumah bagi lebih dari 54 juta orang dan Sumatra Utara merupakan bagian dari IMT-GT

Pada tanggal 18 Februari mahasiswa HI mengunjungi Konsulat Jendral Republik Indonesia (KJRI) di Penang. Universitas Potensi Utama merupakan universitas pertama pada tahun 2019 yang melakukan kunjungan ke KJRI Penang. Kunjungan mahasiswa HI disambut baik oleh Konsul Jendral Penang bapak Iwanshah Wibisono, Diplomat Pelaksana Fungsi Penerangan dan Sosial dan Budaya  ibu Osrinikita Zubhana, dan anggota lain staff KJRI. Ketika melakukan kunjungan mahasiswa HI dan para dosen melakukan diskusi. Mahasiswa HI pun banyak mengajukan pertanyaan dan dijawab langsung oleh Konsul Jendral dan Diplomat. Di akhir diskusi bapak Iwanshah juga berharap agar kedepannya mahasiswa HI dapat menjadi wirausahawan dan menciptakan banyak lapangan pekerjaan di Medan.

            Study visit pun dilanjutkan dengan berwisata ke Pantai Tanjung Bungah di Penang pada tanggal 19 Februari. Kemudian pada tanggal 20 Februari mahasiswa HI berkunjung ke Prince of Songkla University di Thailand dan dilanjutkan pada tanggal 21 Februari berwisata ke Pagoda Silver di Songkla City, berkunjung ke Wat Hat Yai Nai Hatyai City, kemudian ke Wat Phenon Leam Pho Hatyai City, dan yang terakhir ke Samila beach kota Hatyai City. “Kegiatan study visit diharapkan dapat menjadi kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun untuk mahasiswa Hubungan Internasional” ungkap ibu Stivani Sinambela.

WhatsApp Image 2019-02-18 at 12.26.09 PM (1)

            “Dengan adanya kegiatan study visit ini diharapkan anak anak HI dapat melihat langsung dan memahami tugas seorang diplomat dan juga dapat menambah wawasan dan pengetahuan  anak anak HI dengan bertanya langsung dengan orang orang yang berada di KJRI” ungkap Kaprodi HI bapak Muh. Novan Prasetya.

Author: Melda (KOMAHI)