Rekayasa Perangkat Lunak (S1)

Visi :

“Pada Tahun 2025 menjadi Program Studi Rekayasa Perangkat Lunak yang unggul di bidang Perangkat lunak Bisnis, dan Perangkat lunak Mobile pada tingkat Sumatera dan mampu berperan serta secara Nasional”.

Misi :

  1. Melaksanakan pendidikan Rekayasa Perangkat Lunak yang berkualitas dalam bidang Perangkat Lunak Bisnis, Perangkat Lunak Mobile yang sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Melaksanakan Penelitian Rekayasa Perangkat Lunak dalam bidang bidang Perangkat Lunak Bisnis, Perangkat Lunak Mobile yang dapat dipublikasikan pada tingkat Nasional.
  3. Melaksanakan kegiatan dan layanan yang bermanfaat bagi masyarakat dalam bidang Ilmu Perangkat Lunak Bisnis, Perangkat Lunak Mobile.

Tujuan :

  • Menghasilkan lulusan yang unggul dan profesional dalam bidang Perangkat lunak Bisnis, dan Perangkat lunak Mobile
  • Mengahasilkan lulusan yang mempunyai landasan teori keilmuan yang kuat dan kemampuan praktis yang tinggi dalam bidang Perangkat lunak Bisnis, dan Perangkat lunak Mobile .
  • Menghasilkan karya ilmiah dan hasil penelitian lainnya dalam bidang Perangkat lunak Bisnis, dan Perangkat lunak Mobile yang dipublikasikan pada tingkat nasional.
  • Terjalinnya kerjasama dengan masyarakat, industri, pemerintah dan stakeholder lainnya pada tingkat nasional

Manfaat Prodi RPL :

Manfaat Prodi RPL Bagi Intitusi :

  • Pembukaan Prodi Rekayasa Perangkat Lunak memiliki keselarasan dengan tujuan Universitas Potensi Utama seperti yang tertuang di dalam Renstra program studi. Mempersiapkan lulusan yang memiliki kemampuan di bidang akademik dan profesionalisme yang dapat menerapkan, mengembangkan, dan menciptakan ilmu pengetahuan dan teknologi baru di bidang rekayasa Perangkat lunak yang bermanfaat bagi masyarakat dan Negara.
  • Melaksanakan pendidikan, penelitian dan Pengabdian dibidang rekayasa Perangkat Lunak  yang berkualitas.

Profil Lulusan :

NoProfil LulusanDeskripsi Profil
1Pengembang Perangkat LunakMampu membangun dan mengembangkan software terutama pada tahap construction dengan melakukan coding dengan bahasa pemprograman yang ditentukan, serta mengimplementasikan requiremant dan desain proses bisnis ke komputer dengan menggunakan algoritma /logika dan bahasa pemprograman dan mampumelakukan testing terhadap software bila diperlukan.
2Konsultan dalam bidang Perangkat LunakMampu melakukan perencanaan sebuah sistem, mendesain, pengujian sistem, implementasi sistem dan juga mampu merawat sistem yang akan di bangun
3Pengajar dibidang RPLMampu Mengajarkan perencanaan sebuah system yang akan di bangun, serta memilih teknik pada analisis software requirement yang sesuai dengan batasan situasi yang ada.
4Penjamin Kualitas SoftwareMampu menerapkan berbagai strategi dan teknik pengujnian software termasuk membuat dokumen serta mampu melakukan review hasil pengujian. Dan mampu menjelaskan mutu process assurance, product assurance
5Pemeliharaan Software EngeneringMampu menjaga kestabilan sistem, merawat system atau software.
6Teknopreneur dibidang DigitalMampu mengetahui peluang bisnis dibidang Rekayas Perangkat Lunak untuk dapat di jadikan sebuah usaha

KEUNGGULAN KEILMUAN PROGRAM STUDI REKAYASA PERANGKAR LUNAK DENGAN PROGRAM STUDI LAIN SECARA (NASIONAL DAN INTERNASIONAL)

  • Program studi yang di usulkan mampu dan unggul dibidang Rekayasa Perangkat Lunak khususnya di bidang Perangkat lunak Bisnis, dan Perangkat lunak Mobil.
  • Mampu membuat perangkat lunak yang sistematis sesuai kebutuhan diindustri. 
  • Menghasilkan penelitian dibidang rekayasa Perangkat lunak khususnya di bidang Perangkat lunak Bisnis, dan Perangkat lunak Mobil.
  • Memberikan pelayanan ke masyarakat khususnya dibidang rekayasa Perangkat Lunak.
  • Program studi yang di usulkan mampu dan unggul dibidang RPL khususnya di bidang Perangkat lunak Bisnis, dan Perangkat lunak Mobil.

Yang Membedakan Prodi RPL POTENSI UTAMA Dengan yang lainnya :

Sesuai dengan Motto Universitas Potensi Utama

“Kami Hadir Untuk Mencerdaskan kehidupan bangsa”

  • Cerdas secara Spritual, Membangun Nilai SoftSkill bagi lulusan Rekayasa Perangkat Lunak
  • Cerdas secara Emosional, membangun Intektektual yang dapat memupuk nilai solidaritas bagi lulusan Rekayasa Perangkat Lunak.
  • Cerdas secara intelektual dibidang Rekayasa Perangkat Lunak dalam bidang Perangkat lunak Bisnis, dan Perangkat lunak Mobil.

Mengapa Prodi RPL Dibutuhkan Di UNIVERITAS POTENSI UTAMA

  • Sedikitnya ada puluhan Perusahaan Starup dikawasan industri Medan masih banyak pekerja yang rata-rata tamatan SMA/SMK sebagai pekerja dibidang starup, contohnya GoJek,Grap dll.
  • Kecenderungan tamatan SMA/SMK hanya sebatas sebagai Driver tidak sebagai seorang analisis suatu perangkat lunak, sehingga mereka butuh wadah/sarana untuk konsultasi agar dapat merancang kembali perangkat lunak yang dipergunakan.
  • Aplikasi yang dipergunakan di perusahaan Starup tersebut dikarenakan sudah dipergunakan melewati batas tahun penggunaan maka butuh perawatan ataupun pembaharuan sehingga para pekerja/tenaga ahli kesulitan dalam membuat, memodifikasi dan memperbaiki alat tersebut karena hasil buatan  dari luar negeri yang sering terkendala dalam hal bahasa ataupun pembacaan model skema rangkaian/perangkat lunak yang  ada.
  • Pekerja/operator sering mengalami kendala jika mereka berada diluar persahaan, pada saat perangkat yang mereka pergunakan mengalami kerusakan sehingga menunggu berjam-jam untuk dapat datang ke perusahaan serta dapat memperbaiki perangkat mereka hal terebut apat disebabkan karena tidak adanya monitoring realtime sebagai estimasi pencegahan kerusakan perangkat tersebut.
  • Rekayasa Perangkat Lunak difokuskan pada Perangkat lunak Bisnis, dan Perangkat lunak Mobile yang dapat menerapkan perangkat dapat berjalan secara baik.